Kalori Makanan Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Memasak & Makanan
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Kesehatan/Gizi] Kalori Makanan

Kalori pada makanan atau bahan makanan untuk menjaga kesehatan terkadang perlu kita perhatikan. Maka dari itu saya buat thread ini supaya saya dan teman-teman ii.com tau.

Yang tau lebih banyak tentang Kalori dalam berbagai makanan atau bahan makanan, tolong dishare disini ya
Sepertinya banyak sekali ya, jadi 5 informasi, saya kasih satu reputasi deh, kalau bisa kasih sumbernya juga ya.

Kalau ini saya temukan beberapa

Bahan MakananUkuran/TakaranJumlah Kalori
Nasi Putih190 gr237.81
Nasi merah180 gr271.27
Nasi ketan174 gr168.50
Makaroni rebus130 gr82.46
Mie Instant rebus100 gr368.07
Kentang Rebus(tanpa kulit)150 gr96.80
Kentang Rebus150 gr97.99
Oatmeal40 gr155.35
sumber
Gak perlu pake tabel juga gpp
misa_chan
Mod

Post: 13.821
 
Reputasi: 373

__________________

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

re: Kalori Makanan

Ini Kategori makanan siap saji

1. Peha ayam goreng (satu) = 130 kalori
2. Nugget ayam (satu) = 60 kalori
3. Kentang lecek (satu tub kecil) = 90 kalori
4. Sayur kobis hancur (satu tub) = 75 kalori
5. Burger keju (satu) = 425 kalori
6. Kentang goreng (satu kantung kecil) = 405 kalori
7. Sate ayam (secucuk) = 35 kalori
8. Pizza berkeju (sepotong) = 240 kalori


Kategori: Lauk Pauk
1. Ikan kembong kari berkuah (seekor) = 85 kalori
2. Ikan tenggiri goreng bercili (sepotong) = 142 kalori
3. Ikan kembong goreng (seekor) = 140 kalori
4. Ikan senangin masam manis berkuah (sepotong) = 210 kalori
5. Daging lembu kari berkuah (2 kotak mancis) = 130 kalori
6. Ayam kari berkuah (sepotong) = 250 kalori
7. Ayam goreng (sepotong) = 255 kalori
8. Ayam tandoori (sepotong) = 220 kalori
9. Sambal udang (setengah cawan) = 70 kalori
10. Sambal sotong (setengah cawan) = 55 kalori
11. Telor goreng (sebiji) = 110 kalori
12. Taukua goreng (sekeping) = 110 kalori
13. Kacang panggang dalam tin (2 sudu makan) = 40 kalori

Sumbernya : kalorimakanan.blogdrive.com
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 546

misa_chan: thanks
__________________






Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

re: Kalori Makanan

wow!! makasih tambahannya nn megha, reppunya dikirim yak...
misa_chan
Mod

Post: 13.821
 
Reputasi: 373

__________________





Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

re: Kalori Makanan

misa tambah lagi ya..

Snack:
Kroket (1 buah) 68 Kalori
Lemper (1 buah) 95 Kalori
Siomay Ayam (3 buah) 85 Kalori
Pempek Kapal Selam 100 gr 190 kalori
Siomay 170 gr 162 kalori
Lumpia goreng satu biji: 94 kalori
Dodol satu biji: 71 kalori
Roti Naan (roti India): 308 kalori
Roti putih satu slice: 69 kalori
Chicken nugget 6 potong: 250 kalori
Mie bakso sepiring: 400 kalori
Somay satu biji: 40 kalori.
French Fries ukuran Medium: 350 kalori

Minuman:
Teh Manis (1 gelas) 70 Kalori
Kopi Instan (1 cangkir) 75 Kalori
Soda (1 kaleng) 145 Kalori
Es Krim Cokelat 270 Kalori
Black coffee no sugar satu cangkir: 3,5 kalori
Cafe Latte satu cangkir: 97,4 kalori
Cafe Mocha satu gelas tinggi: 176 kalori
Satu sdm susu kental manis: 71 kalori
Milo kaleng 200 ml: 178 kalori
Frapuccino: 400-an kalori
Diet Coke: 3,6 kalori
Softdrink non diet: 151 kalori
Sport drink (kayak Gatorade) satu botol: 60 kalori
Orange Juice kemasan satu gelas: 116 kalori
Aer tebu 250 ml: 184 kalori
Juice Tomat tanpa gula 1 gelas 67 kalori
Juice Belimbing 1 gelas 51 kalori
Es Cendol 1 gelas 275 kalori
Milk Shake 1 gelas 350 kalori

Makanan:
Mie Instant Rasa Awam Bawang (1 bungkus) 330 Kalori
Nasi Putih (1 piring) 242 Kalori
Kari Ayam (1 porsi) 460 Kalori
Nasi Putih (1 piring) 242 Kalori
Soto Kudus 100 gr 38 kalori
Rujak Cingur 100 gr 153 kalori
Ketoprak 1 porsi 153 kalori
Bihun Goreng 200 gr 308 kalori
Soto Betawi 100 gr 135 kalori
Cheese Burger 1 buah 300 kalori
Ketupat Tahu 1 porsi 250 kalori
Nasi Biryani satu piring plus ayam: 800 kalori
Nasi Lemak (nasi uduk) satu mangkok: 389 kalori
Nasi goreng satu piring: 637 kalori
Capcay sayuran sepiring: 42 kalori
Big Mac satu biji: 530 kalori
Cheeseburger satu biji: 310 kalori
Double Cheese burger: 460 kalori
Fish burger satu biji: 400 kalori

Lauk-pauk:
Telur (1 buah) 70 Kalori
Satai Kambing (3 tusuk) 353 Kalori
Tenggiri Bakar + Terasi 129 Kalori
Ayam Goreng Texas 100 gr 338 kalori
Satu potong fried chicken: 118 kalori
Sate ayam 10 tusuk: 365 kalori

Buah-buahan:
Pisang ½ buah 109 kalori
Tomat 1 buah 80 kalori
Longan 2 butir 75 kalori
Leci 5 ½ butir 67 kalori
Anggur 12 butir 60 kalori
Apel 2/3 butir 55 kalori
Kiwi 1 buah 54 kalori
Semangka 1 potong 33 kalori
Pepaya 1/6 buah 30 kalori
Melon 3/10 buah 18 kalori
Plum 2/3 buah 44 kalori .
Satu biji apel: 81 kalori
5 biji kurma: 155 kalori
Duren 6 biji: 357 kalori
Jambu satu biji: 45 kalori
Mangga satu biji: 134 kalori
Jeruk satu biji: 61 kalori
Pepaya 152 gram: 59 kalori
Belimbing satu biji: 30 kalori

sumber
misa_chan
Mod

Post: 13.821
 
Reputasi: 373

__________________





Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kalori Makanan

mie instan tinggi banget kalorinya!! noooo... yang lain ikut share yak...
misa_chan
Mod

Post: 13.821
 
Reputasi: 373

__________________





Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Kalori Makanan

cantumkan juga jumlah kolesterol yang d kandungnya
mojave
Mod

Post: 51.138
 
Reputasi: 1161






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Kalori Makanan

Cantumkan juga berapa kalori yang mesti kita keluarkan saat kita melakukan sesuatu.
Jadi infonya seimbang dan nggak bikin "ngeri" saat kita baca satu makanan mengandung sejumlah kalori.

Itu bisa menghindari seperti yang dialami Misa, yang kaget saat tau berapa kalori yang terkandung dalam Mie Instan. :d
Second_Sister
Mod

Post: 3.118
 
Reputasi: 350

__________________
~ The ink of the scholar is more holy than the blood of the martyr ~
My Prophet Muhammad.





Reply With Quote     #8   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kalori Makanan

Kutip:
Oleh mojave View Post
cantumkan juga jumlah kolesterol yang d kandungnya
bantu dong om, sa aja baru-baru tau nih
Kutip:
Oleh Second_Sister View Post
Cantumkan juga berapa kalori yang mesti kita keluarkan saat kita melakukan sesuatu.
Jadi infonya seimbang dan nggak bikin "ngeri" saat kita baca satu makanan mengandung sejumlah kalori.

Itu bisa menghindari seperti yang dialami Misa, yang kaget saat tau berapa kalori yang terkandung dalam Mie Instan. :d
he..gitu ya k Dipe, pasti ada yang bisa mengimbanginya ya, beberapa info share disini dong k Dipe
misa_chan
Mod

Post: 13.821
 
Reputasi: 373

__________________





Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Kalori Makanan

Betul kata Nduk, kita juga perlu melihat berapa banyak kalori yang kita keluarkan karena aktivitas yang kita lakukan.

Dan ada satu hal yang sangat-sangat penting yaitu apa yang disebut sebagai Basic Metabolite Rate atau BMR. BMR itu adalah energi yang dibutuhkan manusia untuk sekedar hidup (di dalam kondisi istirahat), tanpa melakukan aktivitas apapun. Contohnya adalah kalor yang diperlukan untuk sekedar menghangatkan suhu tubuh, kalor yang diperlukan untuk kerja jantung, paru-paru, hati, ginjal, lambung dll.

Manusia pada dasarnya adalah makhluk berdarah panas yang menghabiskan energi untuk mempertahankan suhu tubuhnya, itu juga butuh jumlah kalori yang banyak. Kalau diambil rata-ratanya, manusia usia dewasa dengan asumsi berat badan 60-65 kg, membutuhkan sekitar 1.400 kkal (daftar-daftar di atas itu sebenarnya bersatuan kkal atau kilokalori, tapi orang biasanya cukup disingkat dengan kalori). 1.400 kalori yang kita butuhkan itu diluar dari aktivitas yang kita jalani rutin setiap harinya.

Jadi jangan terlalu takut dengan jumlah kalori yang dikandung oleh suatu bahan makanan, karena tubuh kita itu sesungguhnya butuh kalori yang tidak sedikit.

Itu yang menyebabkan orang seperti Kak Dip tidak mudah gemuk walaupun dia doyan makan, karena selain kalori yang dibutuhkan untuk aktivitas kesehariannya itu tercukupi dan nggak berlebih, dia juga membakar kalori dengan jalan joging yang dia lakukan rutin setiap subuh.
depe_3rd
National Level

Post: 1.334
 
Reputasi: 262

misa_chan: thanks ka
__________________
Berani Sumpah!!
Gw itu lucu!!!





Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Kalori Makanan

hmm nasi merah kok lebih tinggi ya kalorinya dibandingkan nasi putih.
floweradvisor
National Level

Post: 537
 
Reputasi: 11

__________________
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
kotak makanan styrofoam plastic dan peralatan makanan sendok garpu plastik(Lux) tripointplastic Makanan & Minuman 0
minum air dingin membakar kalori saviraputri Kesehatan 4
Terima Layanan JAsa Cetak Kotak Makanan,Flyer Makanan!!! robertng_87 Jasa & Freelancer 1
Bhikkhu Vinaya : Perihal Makanan dan Dana Makanan singthung Buddha 1
Menghitung Jumlah Kalori andree_erlangga Humor 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.