Sejarah Hari Ini (update wikipedia)

Status
Not open for further replies.
Re: Hari Ini Dalam Sejarah (Re-posting & Update)

17 Februari

  • 1600 - Filsuf Giordano Bruno dihukum bakar hidup-hidup di Roma karena dianggap menyimpangkan Kristen.
  • 1944 - Perang Dunia II: The Pertempuran Atol Eniwetok dimulai.
  • 1965 - Program Ranger: Roket riset Ranger 8 diluncurkan dalam misi untuk memotret wilayah Mare Tranquillitatis dari Bulan.
  • 1979 - Perang Sino-Vietnam dimulai.

    Perang Sino-Vietnam, juga disebut Perang Indochina Ketiga, adalah pertempuran perbatasan berdarah tahun 1979 yang terjadi antara Republik Rakyat Cina dan Republik Sosialis Vietnam. Republik Rakyat Cina melancarkan serangan sebagai balasan dari invasi dan pendudukan Vietnam terhadap Kamboja, yang mengakhiri kekuasaan Khmer Rouge yang didukung Cina. Setelah pertempuran singkat di Vietnam Utara, tentara Cina mundur beberapa bulan kemudian. Kedua belah pihak mengklaim menang pada perang Indochina terakhir.
  • 1995 - Perang Cenepa antara Peru dan Ekuador berakhir setelah adanya gencatan senjata hasil bantuan PBB.

    Perang Cenepa adalah perang singkat antara Ekuador dan Peru di wilayah sengketa antara kedua negara. Perang ini terjadi antara 26 Januari hingga 17 Februari 1995. Kedua negara menyatakan kemenangannya. Dengan usaha mediasi oleh Amerika Serikat, Brasil, Argentina dan Chili, negosiasi diplomatik antara Ekuador dan Peru berakhir dengan ditandatanganinya perjanjian damai pada tahun 1998, mengakhiri salah satu sengketa wilayah terpanjang di Belahan Barat.
  • 1996 - Garry Kasparov mengalahkan superkomputer Deep Blue dalam pertandingan catur.

    220px-Garri_kasparow_20070318.jpg

    Garry Kasparov(lahir 13 April 1963; umur 48 tahun) adalah grandmaster pecatur utama dunia dan mungkin manusia paling tangguh dalam bermain catur. Ia memiliki ELO rating tertinggi dengan nilai 2804 setelah sebelumnya sempat mencapai 2851 pada tahun 1991. Dia mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia catur pada 10 Maret 2005.

    Garry Kasparov lahir dengan nama Gari Weinstein di Baku, Azerbaijan dengan orang tua keturunan Armenia-Yahudi. Ia mulai serius mempelajari catur sejak usia dini. Saat usia 12 tahun, ayahnya meninggal, dan sejak saat itu ia mulai menggunakan nama keluarga ibunya. Ibunya, Klara adalah seorang wanita Armenia dengan nama keluarga Kasparian, yang dalam dialek Rusia disebut sebagai "Kasparov".

    Garry Kasparov menjadi terkenal di dunia catur saat menyandang gelar grandmaster termuda di dunia pada jamannya. Debutnya dimulai pada tahun 1984 saat menantang juara dunia saat itu Anatoly Karpov dalam pertandingan catur paling kontroversial sepanjang sejarah. Saat mulai bertanding, Kasparov sempat tertinggal 5-0 dalam sebuah turnamen di mana pemenang yang terlebih dahulu mencapai angka 6 dinobatkan sebagai juara. Dalam pertandingan catur, satu kemenangan diberi nilai 1 sementara seri atau remis dan kalah tidak memperoleh nilai.

    Pertandingan Catur Dunia tahun 1984 ini menjadi menarik, karena sekalipun sempat tertinggal, Kasparov berhasil mendekati Karpov setelah melewati tujuh belas kali remis. Beberapa pertandingan selanjutnya, Kasparov memenangi tiga pertandingan sehingga kedudukan menjadi 5-3 untuk keunggulan sementara di pihak Karpov. Pertandingan selanjutnya dihentikan oleh ketua FIDE saat itu, Florencio Campomanes dengan alasan stamina kedua pemain telah sangat menurun. Karpov sendiri sempat harus dirawat di rumah sakit. Pertandingan dilanjutkan beberapa bulan kemudian.

    Pada pertandingan putaran kedua antara Karpov-Kasparov di tahun 1985, diberlakukan standar baru di mana pemain yang terlebih dahulu mencapai angka 12.5 atau lebih dalam 24 pertandingan akan dinyatakan sebagai pemenang. Bila pertandingan berakhir dengan draw 12-12 maka gelar juara dunia akan tetap dipegang oleh Karpov sebagai juara bertahan. Kasparov memenangkan pertandingan putaran kedua ini dengan mengalahkan Karpov, dan selanjutnya dinobatkan sebagai juara catur termuda di dunia pada usia 22 tahun. Rekor juara catur termuda sebelumnya dipegang oleh Mikhail Tal saat ia mengalahkan Bothvinnik di tahun 1960.

    Setelah berhasil mengantongi gelar Juara Dunia, Kasparov selanjutnya berselisih dengan FIDE. Ia mendirikan sebuah organisasi serikat pecatur dunia dengan nama GrandMaster's Association (GMA), yang mewakili suara para pecatur dalam aktivitas di dalam FIDE.

    Masalah Kasparov dengan FIDE berlangsung hingga tahun 1993, di mana penantang baru telah dipersiapkan oleh FIDE untuk menghadapi Kasparov Kejuaraan Dunia berikutnya. Kejadian menjadi sulit, karena baik Kasparov maupun Nigel Short sebagai juara dan penantang, sepakat untuk mengadakan pertandiangan mereka di luar FIDE, yaitu di bawah naungan organisasi catur baru yang didirikan Kasparov bernama Professional Chess Association (PCA). Sebagai akibatnya, baik Kasparov maupun Short dikeluarkan dari keanggotaan FIDE. Pertandingan antara Kasparov dan Nigel Short yang berlangsung di London, dimenangkan oleh Kasparov.

    Sebagai ganti Kasparov dan Short, FIDE menggelar pertandingan final "Kejuaraan Dunia" yang dilangsungkan antara Jan Timman dan juara dunia sebelumnya, Karpov. Pertandingan ini dimenangkan oleh Karpov. Sebagai hasilnya, pada saat itu terdapat dua juara dunia, yaitu Kasparov di bawah organisasi PCA, dan Karpov di bawah organisasi FIDE.

    Pada tahun 1995, Kasparov mempertahankan gelar juara dunianya dengan mengalahkan juara catur asal India, Viswanathan Anand.

    Setelah pensiun pada tahun 2005, Kasparov terjun ke dunia politik dan mendirikan Front Sipil Bersatu, sebuah gerakan sosial yang bertujuan mencegah Rusia kembali ke totalitarianisme.

    Kasparov pernah beberapa kali bermain melawan komputer, pada 1996 dan 1997. Pada 1996, Kasparov berhasil mengalahkan komputer Deep Blue dengan hasil 4-2, namun pada pertandingan berikutnya pada 1997, Deep Blue yang sudah dimutakhirkan berhasil mengalahkan Kasparov dengan nilai 3,5-2,5.

    Pada November 2003, Kasparov juga bermain dengan X3D Fritz.
  • 1996 - Program Discovery NASA dimulai saat pesawat NEAR Shoemaker lepas landas menuju asteroid 433 Eros.

    Near Earth Asteroid Rendezvous - Shoemaker (NEAR Shoemaker), dinamakan atas ilmuwan planet Eugene M. Shoemaker, adalah sebuah wahana antariksa tak berawak dirancang untuk mempelajari asteroid dekat-Bumi Eros dari orbit dekat selama setahun.

    Tujuan ilmiah utama NEAR adalah untuk mengembalikan data tentang ciri-ciri, komposisi, mineralogi, morfologi, distribusi massa internal, dan medan magnetik Eros. Tujuan sekunder adalah penelitian ciri-ciri regolith, interaksinya dengan angin surya, aktivitas terakhir ditandai oleh debu atau gas, dan keadaan spin asteroid.

    Data-data tersebut akan digunakan untuk memahami karakteristik asteroid secara umum, hubungan mereka dengan meteorit dan komet, dan kondisi dalam tata surya awal. Untuk mencapai tujuan ini, Shoemaker dilengkapi dengan spektrometer sinar-X/ sinar gamma, spektograf gambar near-infrared, kamera banyak-spektral dilengkapi dengan CCD, laser range-finder, dan sebuah magnetometer.

    Sebuah eksperimen ilmiah radia juga dilaksanakan dengan menggunakan sistem "tracking" NEAR untuk memperkirakan medan gravitasi asteroid. Masa total peratan tersebut sekitar 56 kh, dan mereka membutuhkan tenaga 81 W.
  • 2006 - Tanah longsor besar terjadi di Leyte Selatan, Filipina mengakibatkan 1.126 korban jiwa.




Wikipedia




-dipi-
 
Re: Hari Ini Dalam Sejarah (Re-posting & Update)

18 Februari

  • 1229 - Perang Salib Keenam: Frederik II, Kaisar Romawi Suci menandatangani gencatan senjata sepuluh tahun dengan Al-Kamil.

    Perang Salib Keenam dimulai pada tahun (1228-1237) sebagai upaya untuk mendapatkan kembali Yerusalem. Itu dimulai tujuh tahun setelah kegagalan Perang Salib Kelima. Frederick II, Kaisar Romawi Suci, telah melibatkan dirinya secara luas dalam Perang Salib Kelima, pengiriman pasukan dari Jerman, tapi ia gagal mendampingi pasukan secara langsung, walau ada dorongan Honorius III dan kemudian Gregorius IX, saat ia diperlukan untuk mengkonsolidasikan posisinya di Jerman dan Italia sebelum memulai sebuah perang salib. Namun, Frederick lagi berjanji untuk pergi pada perang salib setelah penobatannya sebagai kaisar pada 1220 oleh Paus Honorius III.
  • 1745 - Surakarta didirikan di tepi Bengawan Solo dan menjadi pusat pemerintahan Kasunanan Surakarta.

    Kasunanan Surakarta Hadiningrat adalah sebuah kerajaan di Jawa Tengah yang berdiri tahun 1755 sebagai hasil dari perjanjian Giyanti 13 Februari 1755. Perjanjian antara VOC dengan pihak-pihak yang bersengketa di Kesultanan Mataram, yaitu Sunan Pakubuwana III dan Pangeran Mangkubumi, menyepakati bahwa Kesultanan Mataram dibagi dalam dua wilayah kekuasaan yaitu Surakarta dan Yogyakarta.

    Kasunanan Surakarta umumnya tidak dianggap sebagai pengganti Kesultanan Mataram, melainkan sebuah kerajaan tersendiri, walaupun rajanya masih keturunan raja Mataram. Setiap raja Kasunanan Surakarta yang bergelar Sunan (demikian pula raja Kasultanan Yogyakarta yang bergelar Sultan) selalu menanda-tangani kontrak politik dengan VOC atau Pemerintah Hindia Belanda.
  • 1797 - Perang Revolusi Perancis: Sir Ralph Abercromby dan armada 18 kapal perang Inggris menginvasi Trinidad.
  • 1930 - Planet Pluto ditemukan oleh Clyde Tombaugh.

    Sebagai seorang peneliti muda yang bekerja untuk Observatorium Lowell di Flagstaff, Arizona, Tombaugh menemukan Pluto dalam suatu pencarian sistematik akan sebuah planet trans-Neptunus (yang juga disebut Planet X), yang telah diramalkan oleh Percival Lowell dan William Pickering.

    Penemuan Tombaugh dilakukan dengan susah payah, sambil menggunakan pembanding kerlip untuk membandingkan foto-foto dari bagian-bagian langit yang diambil dalam beberapa malam yang terpisah. Dengan membandingkan dua gambar, sebuah objek yang bergerak seperti planet akan tampak melompat dari satu posisi ke posisi lainnya, sementara objek-objek yang lebih jauh seperti bintang-bintang akan tampak diam. Tombaugh memperhatikan ada objek yang bergerak seperti itu dalam pencariannya, dan pengamatan-pengamatan berikutnya memperlihatkan bahwa itulah planet yang kini kita sebut Pluto. Penemuan ini terjadi pada 18 Februari 1930, dengan menggunakan gambar-gambar yang diambil pada Januari tahun yang sama.

    Nama "Pluto" diusulkan oleh Venetia Burney, seorang gadis murid sekolah Inggris berusia 11 tahun yang kini masih hidup dan tinggal di Inggris. Usul ini terpilih dari sekian banyak nama lainnya kaerna nama itu sesuai dengan nama Romawi dewa dari dunia bawah, yang mampu membuat dirinya tidak terlihat, dan sebagian karena itu merupakan inisial Percival Lowell PL yang terbentuk dari dua huruf pertamanya. Nama Pluto resmi diterima pada 1 Mei 1930.
  • 1932 - Jepang mendirikan negara boneka Manchukuo di sebelah timur laut Republik Rakyat Cina.

    Manchukuo (1931 - 1945) adalah sebuah negara boneka yang didirikan Jepang di Manchuria dan Mongolia Dalam timur setelah invasi Jepang yang terkenal dengan sebutan Peristiwa 18 September. Wilayahnya mencakup wilayah provinsi-provinsi Republik Rakyat Cina yaitu Liaoning, Jilin, Heilongjiang, sebagian utara Hebei dan sebagian timur Mongolia Dalam sekarang ini.
  • 1955 - Operasi Teapot Amerika Serikat: Tes nuklir "Wasp" yang ditembakkan Teapot berhasil diledakkan di Nevada Test Site.
  • 1979 - Hujan salju di Gurun Sahara di selatan Aljazair.
  • 2001 - Kekerasan antar-etnis antara Dayak dan Madura pecah di Sampit, Kalimantan Tengah, lebih dari 500 korban jiwa dan 100.000 pengungsi.
  • 2005 - Dua wartawan MetroTV, Meutya Hafid dan juru kamera Budiyanto diculik dan disandera di Irak.





Wikipedia




-dipi-
 
Re: Hari Ini Dalam Sejarah (Re-posting & Update)

19 Februari

  • 1945 - Tentara Amerika Serikat mendarat di Iwo Jima, menandai dimulainya pertempuran Iwo Jima. Perlawanan gencar datang dari pasukan Kekaisaran Jepang yang bertahan di puncak Gunung Surabachi.

    WW2_Iwo_Jima_flag_raising.jpg

    Pertempuran Iwo Jima (disebut pula sebagai Operasi Detasemen) adalah peristiwa pertempuran antara pasukan Amerika Serikat dengan Jepang sepanjang bulan Februari hingga Maret 1945, ketika berkecamuknya Perang Dunia II. Dalam pertempuran tersebut, Amerika Serikat berhasil merebut Iwo Jima, termasuk pangkalan udara yang ada di pulau milik Jepang tersebut. Pertempuran ini terkenal dengan sebuah foto yang menggambarkan sejumlah tentara Amerika yang sedang menegakkan bendera Amerika Serikat di puncak Gunung Suribachi saat pertempuran berlangsung.

    Akibat pertempuran ini, Jepang menderita kerugian yang sangat besar. Sekitar 22.000 tentara ditempatkan di pulau tersebut namun hanya 1.083 orang yang hidup. Sementara pihak Amerika Serikat kehilangan 20.000 tentaranya. Kemenangan di Iwo Jima menjadi langkah strategis bagi Amerika Serikat untuk mendekati pulau-pulau utama di Jepang.

    Operasi Detasemen ini sendiri merupakan operasi dengan korban terbesar di pihak AS. Korban disini lebih besar daripada jumlah korban tewas dalam Pertempuran Atol Tarawa. Korban luka-luka di Pertempuran Atol Tarawa mencapai 22.000 prajurit.
  • 1985 - William J. Schroeder menjadi pasien pertama dengan jantung buatan yang meninggalkan rumah sakit.
  • 1986 - Uni Soviet meluncurkan stasiun luar angkasa Mir.
  • 2002 - Wahana antariksa Mars Odyssey buatan NASA mulai memindai permukaan Mars.

    Mars Odyssey 2001 adalah pesawat luar angkasa NASA yang mengorbit ke planet Mars. Pesawat ini membawa 3 instrumen penyelidikan utama, yaitu Themis, GRS dan Marrie. Peralatan ini digunakan untuk menjalankan penyelidikan ke atas planet Mars. Diharapkan data dari Odyssey dapat membantu menjawab persoalan kehidupan di Mars.

    Odyssey diluncurkan pada 7 April 2001 menggunakan roket peluncur Delta II dari Cape Canaveral, Florida, dan tiba di Mars pada 24 Oktober 2001, 02:30 UTC.




Wikipedia




-dipi-
 
Re: Hari Ini Dalam Sejarah (Re-posting & Update)

20 Februari

  • 1967 - IGGI mengadakan pertemuan pertamanya di Amsterdam.

    Intergovernmental Group on Indonesia, disingkat IGGI, adalah sebuah kelompok internasional yang didirikan pada tahun 1967, diprakarsai oleh Amerika Serikat untuk mengkoordinasikan dana bantuan multilateral kepada Indonesia.

    Anggota IGGI adalah Bank Pembangunan Asia, Dana Moneter Internasional, UNDP, Bank Dunia, Australia, Belgia, Britania Raya, Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Selandia Baru, Swiss dan Amerika Serikat.

    IGGI mengadakan pertemuan pertamanya pada 20 Februari 1967 di Amsterdam. Indonesia saat itu diwakili Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Dari 1967 hingga 1974, IGGI mengadakan dua kali pertemuan setiap tahunnya, namun sejak 1975, pertemuan hanya diadakan sekali dalam setahun karena perkembangan ekonomi Indonesia yang membaik. Bantuan awal IGGI adalah dalam penyusunan program rencana lima tahun Indonesia, Repelita I (1969-1973) dan pendanaan 60% darinya.

    Pada Maret 1992, pemerintah Indonesia mengumumkan bahwa dana bantuan IGGI akan ditolak jika organisasi tersebut masih diketuai Belanda. IGGI kemudianpun digantikan Consultative Group on Indonesia (CGI). Keputusan ini juga terjadi setelah Ketua IGGI, Jan Pronk, mengecam tindakan Indonesia terhadap pembunuhan para pengunjuk rasa di Timor Timur pada tahun 1991.
  • 1979 - Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah mengalami gempa dan gas beracun, 149 korban jiwa.
  • 1992 - Liga Utama Inggris dibentuk dan menjadi liga sepak bola profesional di Inggris mulai musim 1992-1993.

    Liga Utama Inggris terdiri atas 20 klub sepak bola teratas di liga sepak bola Inggris. Didirikan tahun 1992 ketika klub-klub sepak bola teratas memisahkan diri dari liga sepak bola setelah membuat kesepakatan-kesepakatan menguntungkan dengan stasiun televisi. Liga Utama Inggris dikenali sebagai salah satu kompetisi liga terbaik di dunia karena terdiri dari pemain-pemain sepak bola terbaik di dunia, walaupun sebagian besar di antaranya bukan berasal dari Inggris.

    Liga Utama Inggris menjadi kompetisi liga yang berpendapatan terbesar di dunia dengan pendapatan total klub di atas £1,3 milyar pada musim 2003–2004, lebih dari 50 persen di atas kompetitornya Seri A Liga Italia.

    Sebanyak 20 klub berkompetisi di Liga Utama Inggris. Setiap musim kompetisi, setiap klub melawan klub lain masing-masing sebanyak dua kali. Sekali di stadion mereka (home stadium) dan sekali lagi di tempat lawannya. Sebanyak 38 pertandingan untuk setiap klub menjadikan total 380 pertandingan di Liga Utama Inggris. Setiap akhir musim, tiga klub pada urutan terbawah terdegradasi dan empat klub teratas masuk kompetisi Liga Champions untuk memperebutkan Piala Champions. 3 klub teratas masuk secara otomatis, sedangkan urutan ke-4 masuk melalui babak play-off. Klub pada urutan ke-5 liga utama akan masuk kompetisi untuk memperebutkan Piala UEFA. Klub pada urutan ke-6 dan 7 bisa juga masuk kompetisi Piala UEFA tergantung pada situasi dua kompetisi domestik lainnya. Sedang klub urutan 18-20 akan terdegradasi ke Divisi Championship dan akan digantikan oleh klub peringkat 1-2 dari Divisi Championship yang otomatis promosi serta klub peringkat 3-6 dari Divisi Championship yang memperebutkan satu tiket tersisa.
  • 2004 - Apple meluncurkan iPod mini.

    220px-IPod_Mini_with_headphones.jpg

    iPod mini adalah versi miniatur dari piranti pemutar musik iPod. Produk ini diumumkan pada tanggal 6 Januari 2004, dan dijual secara umum di Amerika Serikat pada tanggal 20 Februari pada tahun yang sama. Alat ini bisa digunakan dengan komputer dengan sistem operasi Macintosh dan Windows, disertai kemampuan yang terbatas bila digunakan dengan sistem operasi Linux atau yang sejenisnya. Generasi kedua dari piranti ini diperkenalkan pada tanggal 23 Februari 2005.

    Sejak September 2005 iPod mini sudah tidak diproduksi oleh Apple Computer dan telah digantikan oleh iPod nano.

    Baik iPod mini generasi pertama dan kedua sangat mirip, kecuali dengan perbedaan dalam ukuran hard-drive dan kapasitas baterainya. Kedua versi ini memiliki ukuran 3.6x2.0x0.5 inci atau 91x51x13 mm dan beratnya 3.6 ons atau 102 gram. Pelindung luarnya terbuat dari anodized aluminum. iPod mini generasi pertama tersedia dalam lima warna: perak, emas, merah mud, biru dan hijau. Beberapa unit yang berwarna merah muda dikabarkan bisa berubah warna menjadi seperti lavender setelah beberapa lama. Model warna emas sudah tidak dijual lagi untuk generasi kedua.

    iPod mini menggunakan hard-drive jenis Compact Flash Microdrive yang sangat tipis dan dikembangkan oleh Hitachi. Model generasi pertama memiliki kapasitas 4GB sedangkan generasi kedua berukuran 4 dan 6GB (masing-masing bisa menyimpan sekitar 1000 dan 1500 lagu).

    Kekuatan baterai untuk generasi pertama hanya bisa dipakai untuk 6 jam sehingga mendapat banyak kritikan karena jangka waktu pakainya yang sangat pendek. Masalah ini diperbaiki pada generasi yang kedua yang bisa dipakai sampai 18 jam - 50 persen lebih baik dibanding kemampuan keluaran iPod yang terbaru dengan masa pakai 12 jam.

    Seperti model iPod, iPod mini bisa memainkan dokumen dengan format MP3, AAC/M4A, WAV, AIFF, and Apple Lossless. Produk ini juga bisa digunakan dengan piranti lunak iTunes toko musik online iTunes Music Store.




Wikipedia
Apple




-dipi-
 
Re: Hari Ini Dalam Sejarah (Re-posting & Update)

21 Februari


  • 1613 - Mikhail I terpilih menjadi Tsar, sekaligus memulai Dinasti Romanov pada masa Kekaisaran Rusia.
  • 1848 - Manifesto Komunis karya Marx dan Engels diterbitkan.

    Manifesto Komunis (bahasa Jerman: Das Manifest der Kommunistischen Partei) atau sering juga disebut dengan Manifesto Partai Komunis adalah suatu manifesto tertulis yang ditulis oleh Karl Marx dan Friedrich Engels, dua guru besar sosiologi dan pemimpin pergerakan kaum buruh modern. Pada awalnya, manifesto ini ditujukan untuk Liga Komunis dan diterbitkan pertama kali pada tanggal 21 Februari 1848 di London, Inggris.

    Manuskrip manifesto ini dikirimkan ke percetakan di London pada bulan Januari 1848, beberapa minggu sebelum meletusnya Revolusi Perancis pada tanggal 24 Februari 1848. Manuskripnya ditulis dalam bahasa Jerman yang kemudian segera diterjemahkan ke dalam bahasa Perancis, Inggris, Denmark, Polandia, dan bahasa-bahasa yang lain.
  • 1945 - Perang Dunia II: Pesawat kamikaze Jepang menenggelamkan kapal induk USS Bismarck Sea dan merusak USS Saratoga.
  • 1952 - Di Dhaka, Pakistan Timur (kini Bangladesh), polisi menembak demonstran yang meminta agar bahasa Bengali menjadi bahasa resmi Pakistan.
  • 1965 - Tokoh nasionalis Afrika-Amerika, Malcolm X dibunuh oleh anggota Nation of Islam di New York.

    220px-Malcolm_X_NYWTS_4.jpg

    Malcolm X (lahir 19 Mei 1925 – meninggal 21 Februari 1965 pada umur 39 tahun) adalah tokoh Muslim dari kaum Afrika-Amerika yang ketokohannya dapat disandingkan dengan Dr. Martin Luther King yang berjuang menghapus segala macam diskriminasi lebih-lebih yang menimpa kaum Afrika-Amerika yang sering dikonotasikan dengan kaum negro yang terdiskriminasikan.

    "Saya tahu masyarakat seringkali membunuh orang-orang yang berusaha mengubah mereka menjadi lebih baik. Jika saya mati dengan membawa cahaya bagi mereka dengan membawa kebenaran hakiki yang akan menghancurkan kanker rasisme yang menggerogoti tubuh Amerika Serikat (AS) semua itu terserah kepada Allah SWT. Sementara itu kesalahan atau kekhilafan dalam upaya saya itu semata-mata adalah dari saya sendiri". Demikianlah pesan terakhirnya dalam buku "Malcolm X", Sebuah Otobiografi yang ditulis oleh Alex Harley.

    Malcolm X lahir pada tanggal 19 Mei 1925 di Omaha, Nebraska dengan nama asli Malcolm Little. ibunya bernama Louise Little dan ayahnya bernama Pendeta Earl, seorang pendeta baptis dan anggota UNIA (Universal Negro Improvement Association) yakni sebuah organisasi yang dirintis oleh Marcos Aurelius Garvey untuk mewadahi perbaikan hidup bagi orang orang negro.

    Semasa kecilnya Malcolm dan keluarganya sering menjadi sasaran penembakan, pembakaran rumah pelecehan dan ancaman lantaran ayahnya adalah anggota UNIA yang militan, hingga semuanya memuncak saat ayahnya dibunuh kelompok rasis kulit putih ketika Malcolm berusia enam tahun.

    Kehilangan ayahnya mengubah kehidupannya sehingga menjadi anak yang liar. Sekolahnya terputus tatkala usianya mencapai 15 tahun. Selanjutnya jalanan dan germerlap dunia hitam yang membuatnya terjerumus dalam berbagai kehidupan antargank pencurian mariyuana narkotika minuman keras perjudian dan pelacuran baik selagi di kampungnya maupun setelah pindah ke Harlem (wilayah terkenal bagi orang Negro) di New York

    Pada usia 20 tahun dia diajukan ke pengadilan atas kasus pencurian dan ditahan hingga berusian 27 tahun. Seperti layaknya narapidana lainnya, banyak keonaran yang dia lakukan di penjara namun dia suka menyendiri di balik kamar tahanannya.

    Dia menemukan apa yang dinamakan pencerahan diri mulai dari membaca menulis di dalam penjara Chalestown State. Kemudian terjadi surat-menyurat antara Malcolm dan saudaranya Philbert serta diskusi dengan saudara kandungnya Hilda yang sering mengunjunginya selama dipenjara khususnya mengenai ajaran agama Islam tempat kedua saudaranya adalah pengikut Nation of Islam (NoI). Berawal dari sinilah dia mengenal NoI, masuk Islam dan mengadakan kontak melalui surat-menyurat dengan Mr Elijah Muhammad, pimpinan sekaligus tokoh yang dianggap sebagai utusan Allah oleh pengikut NoI. Berkat Elijah-lah ia memahami ketertindasan dan ketidakadilan yang menimpa ras hitam sepanjang sejarah. Sejak itulah Malcolm X menjadi seorang napi yang kutu buku mulai dari menekuni sastra, agama, bahasa, dan filsafat.

    Pada hari pembebasannya Malcolm langsung pergi ke Detroit untuk bergabung dengan kegiatan NoI. Dengan bergabungnya Malcolm, NoI berkembang menjadi organisasi yang berskala nasional. Malcolm sendiri menjadi figur yang terkenal di dunia, mulai dari wawancara di televisi, majalah, dan pembicara di berbagai universitas dan serta forum lainnya. Kepopulerannya terbit berkat kata-katanya yang tegas dan kritis seputar kesulitan yang dialami kaum negro, diskriminasi, dan sikap kekerasan yang ditunjukkan kaum kulit putih terhadap kaummnya.

    Namun sayangnya, NoI juga memberikan pandangan-pandangan yang bersikap rasis sehingga ia menolak bantuan apapun dari kalangan kulit putih yang benar-benar mendukung perjuangan antidiskriminasi. Bahkan selama 12 tahun Malcolm mendakwahkan bahwa orang kulit putih adalah iblis dan yang terhormat adalah Elijah Muhammad adalah utusan Allah.

    Pandangan tersebut tentu saja bertentangan dengan ajaran Islam sendiri yang tidak membedakan kehormatan dan kehinaan seseorang berdasarkan ras serta tidak ada nabi sesudah Nabi Muhammad SAW.

    Pandangan rasis dari NoI membuat Malcolm kemudian menyadari bahwa hal tersebut sebagai sebuah ajaran yang tidak rahmatan lil alamin. Karena hal itu Ia pun keluar dari NoI dan berniat mendirikan organisasi sendiri, selain masalah internal NoI.

    Bahkan Malcolm mengatakan, dirinya sering menerima teguran bahwa tuduhan white indicting yang dia lontarkan tidak memiliki dasar dalam perspektif Islam. Di antaranya yang memberikan teguran adalah justru dari kalangan Muslim Timur tengah atau Muslim Afrika Utara. Meski demikian mereka menganggap dia benar-benar memeluk Islam dan mengatakan jika dia berkesempatan mengenal Islam sejati pasti akan memahami ajarannya dan memegang teguh ajarannya.

    Setelah melakukan perjalanan ibadah haji dia mendapatkan gambaran yang berbeda dari pandangannya selama ini, apalagi setelah melihat jamaah haji yang berkumpul dari belahan bumi, dari berbagai ras, bangsa dan warna kulit yang semua memuji Tuhan yang satu dan tidak saling membedakan

    Beliau berkata, "Pengalaman haji yang saya alami dan lihat sendiri benar benar memaksa saya mengubah banyak pola pikir saya sebelumnya dan membuang sebagian pemikiran saya. Hal itu tidaklah sulit bagi saya." Kata-kata ini sebagai bukti bahwa dirinya mengubah pandangan dari memperjuangkan hak sipil orang negro ke gagasan internasionalisme dan humanisme Islam. Malcolm X pun berganti nama menjadi Haji Malik kemudian berkata:

    "Perjalanan haji telah membuka cakrawala berpikir saya dengan menganugerahkan cara pandang baru selama dua pekan di Tanah Suci. Saya melihat hal yang tidak pernah saya lihat selama 39 tahun hidup di Amerika Serikat. Saya melihat semua ras dan warna kulit bersaudara dan beribadah kepada satu Tuhan tanpa menyekutukannya. Benar pada masa lalu saya bersikap benci pada semua orang kulit putih namun saya tidak merasa bersalah dengan sikap itu lagi karena sekarang saya tahu bahwa ada orang kulit putih yang ikhlas dan mau bersaudara dengan orang negro. Kebenaran Islam telah menunjukkan kepada saya bahwa kebencian membabi buta kepada semua orang putih adalah sikap yang salah seperti halnya jika sikap yang sama dilakukan orang kulit putih terhadap orang negro".

    Malcolm X akhirnya mendirikan Organization of Afro-American Unity pada 28 Juni 1964. Pada 21 Februari 1965, pada saat akan memberi ceramah di sebuah hotel di New York, Malcolm X tewas diujung peluru tiga orang Afrika-Amerika yang ironisnya dia perjuangkan nilai-nilai dan hak-haknya serta tidak ada yang tahu siapa dan apa di balik kematiannya. Kendati demikian, impian Malcolm X menyebarkan visi antirasisme dan nilai-nilai Islam yang humanis, menggugah kalangan Afro-Amerika dan dunia.
  • 1972 - Wahana antariksa Uni Soviet Luna 20 mendarat di Bulan.




Wikipedia




-dipi-
 
Re: Hari Ini Dalam Sejarah (Re-posting & Update)

22 Februari

  • 1632 – Buku Dialogo karya Galileo, yang membandingkan heliosentrisme Copernicus dan geosentrisme Ptolemaeus, dipublikasikan.

    Dalam astronomi, heliosentrisme adalah teori yang berpendapat bahwa Matahari bersifat stasioner dan berada pada pusat alam semesta. Kata berasal dari bahasa Yunani (Helios = Matahari, dan kentron = pusat). Secara historis, heliosentrisme bertentangan dengan geosentrisme, yang menempatkan Bumi di pusat alam semesta. Diskusi mengenai kemungkinan heliosentrisme terjadi sejak zaman klasik. Barulah ketika abad ke-16 dapat ditemukan suatu model matematis dapat meramalkan secara lengkap sistem heliosentris, yaitu Nicolaus Copernicus, seorang ahli matematika dan astronom. Pada abad berikutnya, model tersebut dijabarkan dan diperluas oleh Johannes Kepler dan pengamatan pendukung dengan menggunakan teleskop diberikan oleh Galileo Galilei.
  • 1944 – Perang Dunia II: Kekeliruan bom pesawat Amerika Serikat di kota-kota Belanda menyebabkan ratusan korban jiwa.
  • 1957 - Presiden Vietnam Selatan Ngo Dinh Diem selamat dari upaya pembunuhan penembakan oleh komunis Vietkong.
  • 1958 - Presiden Mesir Gamal Abdel Nasser dan Presiden Suriah Shukri al-Quwatli menandatangani pakta persatuan yang membentuk Republik Arab Bersatu.

    Republik Arab Bersatu merupakan sebuah negara yang terbentuk antara tahun 1958 hingga 1961. Republik ini merupakan gabungan antara Mesir dan Suriah. Suriah keluar dari gabungan ini pada tahun 1961, sedangkan Mesir masih disebut sebagai Republik Arab Bersatu hingga 1971.

    Republik Arab Bersatu merupakan langkah pertama mewujudkan sebuah negara Pan-Arab, yaitu gagasan Gamal Abdel Nasser. Ia menjadi seorang pahlawan Arab setelah kemenangan politiknya dalam Krisis Suez 1956. Presiden Nasser dan Presiden Syukri al-Quwatli menandatangani Perjanjian Kesatuan pada tanggal 22 Februari 1958. Nasser dilantik sebagai Presiden Republik Arab Bersatu dan Kairo dijadikan ibu kotanya.

    Namun, akibat perebutan kekuasaan di Suriah pada 1961 oleh kuasa militer, Suriah dikeluarkan dari Republik Arab Bersatu, menandai berakhirnya gabungan ini. Nama Republik Arab Bersatu masih ada hingga tahun 1971, pada saat dikembalikan menjadi Mesir.
  • 1997 - Tim ilmuwan Skotlandia mengumumkan keberadaan domba Dolly, hewan pertama hasil kloning.




Wikipedia



-dipi-
 
Re: Hari Ini Dalam Sejarah (Re-posting & Update)

Kak dipi megha baru ngeh nih kata Pakta, akta sama fakta apa berbeda maknanya?
 
Re: Hari Ini Dalam Sejarah (Re-posting & Update)

Berbeda Non...
Pakta itu adalah kerja sama/aliansi/perjanjian bersama antara beberapa negara, contohnya Pakta Warsawa yang dulu adalah aliansi dari negara2 eropa timur + Uni Soviet untuk 'menghadapi' Nato, sebuah pakta negara eropa barat + Amerika serikat...

Kalo akta dan fakta mestinya udah tau ya?...




-dipi-
 
Re: Hari Ini Dalam Sejarah (Re-posting & Update)

Berbeda Non...
Pakta itu adalah kerja sama/aliansi/perjanjian bersama antara beberapa negara, contohnya Pakta Warsawa yang dulu adalah aliansi dari negara2 eropa timur + Uni Soviet untuk 'menghadapi' Nato, sebuah pakta negara eropa barat + Amerika serikat...

Kalo akta dan fakta mestinya udah tau ya?...




-dipi-

oh begitu, megha kira itu serangkaian kata dengan arti sama hanya ada tambah perluasan aja. ;) makasih ka Dipi
 
Re: Hari Ini Dalam Sejarah (Re-posting & Update)

23 Februari

  • 1893 - Rudolf Diesel menerima paten untuk mesin diesel.

    Diesel_1883.jpg

    Rudolf Diesel (lahir di Paris, Perancis, 18 Maret 1858 – meninggal 30 September 1913 pada umur 55 tahun) adalah seorang penemu Jerman, terkenal akan penemuannya, mesin diesel, Dia lahir di Paris dan meninggal secara misterius di kapal fery dalam perjalanannya ke Inggris.

    Diesel mengembangkan ide sebuah mesin pemicu kompresi pada dekade terakhir abad ke-19 dan menerima hak paten untuk alat tersebut pada 23 Februari 1893. Dia membangun prototipe yang berfungsi pada awal 1897 ketika bekerja di pabrik MAN di Augsburg.
  • 1903 - Teluk Guantánamo mulai dipinjamkan Kuba kepada Amerika Serikat untuk pertambangan batu bara dan pangkalan angkatan laut.

    Guantanamo_Bay_map.png

    Teluk Guantánamo adalah sebuah teluk yang berada dalam wilayah Provinsi Guantánamo, sebelah tenggara Kuba, 19°54′ LU 75°9′ BB dan merupakan pelabuhan terbesar di selatan pulau. Amerika Serikat menguasai teluk Guantanamo di bawah perjanjian Kuba Amerika tahun 1903. Pemerintah Kuba sekarang menganggap keberadaan AS di teluk Guantanamo adalah ilegal yang berpendapat bahwa perjanjian Kuba Amerika melanggar artikel 52 dari Konvensi Wina tentang Hukum Perjanjian tahun 1969.

    Sebelah selatan teluk dikelilingi oleh pangkalan Angkatan Laut AS. Pangkalan laut tersebut dihuni oleh sekitar 9.500 tentara, menjadi terkenal karena digunakan sebagai kamp penahanan bagi tahanan yang dicurigai terlibat dengan jaringan teroris al-Qaeda oleh pihak militer Amerika Serikat.
  • 1919 - Benito Mussolini membentuk Partai Fasis Nasional di Italia.

    206px-Bundesarchiv_Bild_183-2007-1022-506%2C_Italien%2C_deutsche_Frontk%C3%A4mpfer_in_Rom_crop.jpg

    Mussolini lahir di Predappio, Forlì (Emilia-Romagna). Ayahnya Alessandro seorang pandai besi dan ibunya Rosa seorang guru sekolah. Seperti ayahnya, ia menjadi seorang sosialis berat. Tahun 1902 ia beremigrasi ke Swiss. Karena sulit mencari pekerjaan tetap, akhirnya ia pindah ke Italia. Pada 1908 ia bergabung dengan surat kabar Austria di kota Trento.

    Keluar dari situ, ia jadi editor sebuah koran sosialis la Lotta di Class (Pertentangan Kelas). Di sini antusiasmenya pada Karl Heinrich Marx makin besar. Tahun 1910, ia menjabat sekretaris partai sosialis tingkat daerah di Forlì dan kepribadiannya berkembang menjadi antipatriot. Ketika Italia menyatakan perang dengan Kerajaan Ottoman tahun 1911, ia dipenjara karena propaganda perdamaiannya. Ini bertentangan dengan kinerjanya kemudian.

    Setelah ditunjuk jadi editor koran sosialis Avanti, ia pindah ke Milan, tempatnya membangun dirinya sebagai kekuatan berpangaruh atas para pemimpin buruh sosialis Italia. Ia percaya, para proletar bisa dibuhul dalam gerakan fascio. Agaknya inilah cikal bakal gerakan fasis, yang lahir di saat perekonomian Italia memburuk akibat perang, dan pengangguran merebak di mana-mana.

    Pada Maret 1919, fasisme menjadi suatu gerakan politik ketika ia membentuk Kelompok untuk Bertempur yang dikenal sebagai baju hitam, yakni kumpulan penjahat, kriminal, dan preman yang bertindak sebagai tukang pukul para cukong. Penampilan mereka seram dan tiap hari terlibat perkelahian di jalan-jalan.

    Setelah gagal pada Pemilu 1919, ia mengembangkan paham kelompoknya, sehingga mulai mendapat pengaruh. Mereka, kaum fasis, menolak parlemen dan mengedepankan kekerasan fisik. Anarki pecah di mana-mana. Pemerintah liberal tak berdaya menghadapinya. Ia membawa "geng"nya, sejumlah besar kaum fasis yang bertampang sangar, untuk melakukan Berbaris ke Roma.

    Melihat rombongan preman berwajah angker memasuki Roma, Raja Vittorio Emanuele III menciut jeri. Mussolini diundang ke istana lalu diberi posisi sang Pemimpin. Pada Oktober 1922, Raja memintanya membentuk pemerintahan baru. Jadilah Italia dikelola pemerintahan fasis.

    Gebrakan pertamanya setelah memegang kekuasaan, adalah menyerang Ethiopia dengan merujuk pada pandangan rasis Charles Robert Darwin, "Ethiopia bangsa kelas rendah, karena termasuk kulit hitam. Jika diperintah oleh ras unggul seperti Italia, itu sudah merupakan akibat alamiah dari evolusi." Bahkan ia bersikeras bahwa bangsa-bangsa berevolusi melalui peperangan. Sehingga jadilah Italia waktu itu salah satu bangsa yang ditakuti sepak terjangnya.

    Yang meresahkan, ketika ia menduduki Abbesinia tahun 1937, kontan dunia tersentak. Teman akrabnya di Eropa adalah Adolf Hitler, dan mereka membuat aliansi, yang menyeret Italia ke dalam Perang Dunia II di pihak Jerman pada 1940. Namun, pasukannya akhirnya kalah di Yunani, Afrika, da Uni Soviet (Rusia), dan Italia sendiri akhirnya diserbu oleh pasukan Britania Raya dan Amerika Serikat pada 1943. Pada saat itu Mussolini telah diturunkan dari jabatannya oleh raja Victor Emmanuel III dan ditahan di Campo Imperatore, sebuah resor pegunungan terpencil di Abruzzo.

    Tak lama kemudian, pasukan khusus Jerman berhasil membebaskan dan mengembalikannya berkuasa di Italia Utara. Tetapi, pada praktiknya ia memerintah sebagai pemimpin boneka, yang sebenarnya berkuasa adalah orang-orang Nazi Jerman. Akhir riwayatnya tiba tak lama kemudian. Ketika akhirnya Fasis Italia dikalahkan di tahun 1945, ia, bersama istri sirinya, dan tiga orang pendukungnya ditangkap dan kemudian ditembak mati oleh kelompok perlawanan Italia (tepatnya kelompok komunis) di sebuah desa bernama Giulino di Mezzegra dan mayat mereka digantung terbalik dan dipertontonkan kepada publik di pompa bensin di Piazza Loreto, Milan. Sebelum digantung, mayat mereka dibawa ke tempat tersebut lalu ditembaki berkali-kali, diludahi, dilempari batu, dan ditendangi oleh rakyat yang marah terhadap sepak terjang Mussolini dan Partai Fasis-nya. Hal ini bertujuan untuk meruntuhkan semangat juang orang-orang fasis dan sebagai pembalasan atas penggantungan beberapa partisan di tempat yang sama oleh otoritas Poros. Beberapa saat kemudian, kaum partisan menangkap seorang loyalis dan salah satu pimpinan kaum fasis, Achille Starace dan ia diperlihatkan mayat Mussolini. Ia memberi penghormatan kepada pemimpinnya tersebut sesaat sebelum ditembak mati dan ia sendiri turut digantung bersama mayat Mussolini. Mayat Mussolini kemudian dikuburkan di makam tak bertanda di Mussoco. Setahun kemudian, di hari Paskah, sisa-sisa pendukungnya menggali kuburnya kembali dan kemudian disembunyikan di suatu tempat bernama Certosa de Pavia, dekat Milan. Masalah mayat Mussolini sempat menjadi kontroversi di Italia saat itu dan akhirnya, mayat Mussolini ditemukan dan "disimpan" selama 10 tahun sebelum dikuburkan di Predappio, Emilia-Romagna, tempat kelahirannya.
  • 1941 - Plutonium diproduksi pertama kalinya dan diisolasi oleh Glenn Seaborg.

    Plutonium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Pu dan nomor atom 94. Ia merupakan unsur radioaktif transuranium yang langka dan merupakan logam aktinida dengan penampilan berwarna putih keperakan. Ketika terpapar dengan udara, ia akan mengusam oleh karena pembentukan plutonium(IV) oksida yang menutupi permukaan logam. Unsur ini pada dasarnya memiliki enam alotrop dan empat keadaan oksidasi. Ia bereaksi dengan karbon, halogen, nitrogen, dan silikon. Ketika terpapar dengan kelembaban udara, ia akan membentuk oksida dan hidrida dengan volume 70% lebih besar dan menjadi bubuk yang dapat menyala secara spontan. Ia juga merupakan racun radiologis yang dapat berakumulasi dalam sumsum tulang. Oleh karena sifat-sifat seperti inilah, proses penanganan plutonium cukup berbahaya, walaupun tingkat toksisitas keseluruhan logam ini kadang-kadang terlalu dibesar-besarkan.

    Istotop terpenting plutonium adalah plutonium-239 yang memiliki umur paruh 24.100 tahun. Plutonium-239 merupakan fisil, yakni ia dapat memecah ketika dibombardir oleh neutron termal, melepaskan energi, radiasi gamma, dan neutron yang lebih banyak. Oleh karena itu, dia dapat mempertahankan reaksi rantai nuklir setelah mencapai massa kritis. Sifat-sifat inilah yang memungkinkan plutonium digunakan sebagai senjata nuklir dan digunakan pada beberapa reaktor nuklir. Isotop paling stabil plutonium adalah plutonium-244, dengan umur paruh sekitar 80 juta tahun. Umur paruh ini cukup panjang untuk bisa ditemukan secara alami dalam jumlah kecil. Plutonium-238 memiliki umur paruh 88 tahun dan memancarkan partikel alfa. Ia adalah sumber panas pada generator termolistrik radioisotop (digunakan pada beberapa pesawat antariksa). Plutonium-240 memiliki laju fisi spontan yang tinggi sehingga akan meningkatkan tingkat neutron latar pada sampel. Keberadaan Pu-240 akan membatasi potensi daya dan senjata suatu sampel. Ia juga digunakan sebagai titik tolok penentuan tingkat (grade) plutonium: tingkat senjata (< 7%), tingkat bahan bakar (7–19%), dan tingkat reaktor (> 19%). Pu-238 dapat disintesis dengan membombardir uranium-238 dengan deuteron, sedangkan Pu-239 dengan disintesis dengan membombardir uranium-238 dengan neutron.

    Unsur 94 pertama kali disintesis oleh sekelompok ilmuwan yang dipimpin oleh Glenn T. Seaborg dan Edwin McMillan di Universitas California, Berkeley pada tahun 1940. McMillan kemudian menamai unsur baru tersebut plutonium (atas nama Pluto). Penemuan plutonium kemudian menjadi bagian penting dalam Proyek Manhattan untuk mengembangkan bom atom selama Perang Dunia II. Uji nuklir pertama, "Trinity" (Juli 1945), dan bom atom kedua ("Fat Man") yang digunakan untuk menghancurkan kota Nagasaki (Agustus 1945) memiliki inti Pu-239.
  • 1945 - Perang Dunia II: Ibu kota Filipina, Manila, direbut pasukan Amerika Serikat dari Jepang



Wikipedia
History.com




-dipi-
 
Re: Hari Ini Dalam Sejarah (Re-posting & Update)

24 Februari

  • 1582 - Paus Gregorius XIII menetapkan Kalender Gregorian.
  • 1826 - Perjanjian Yandaboo ditandatangani, menandai akhir Perang Birma Pertama.
  • 1918 - Estonia mendeklarasikan kemerdekaan setelah runtuhnya Kerajaan Rusia.
  • 1920 - Partai Nazi didirikan di Jerman.
  • 2006 - Presiden Filipina Gloria Macapagal-Arroyo menyatakan Filipina dalam keadaan darurat.
  • 2007 - Jepang meluncurkan satelit mata-mata keempat untuk memantau ancaman potensial seperti Korea Utara.
  • 2008 - Fidel Castro mengakhiri jabatan sebagai Presiden Kuba setelah 32 tahun menjabat.




-dipi-
 
Re: Hari Ini Dalam Sejarah (Re-posting & Update)

25 Februari


  • 1570 - Paus Pius V menyatakan ekskomunikasi bagi Ratu Elizabeth I dan para pengikutnya dari Gereja Inggris.

    Dalam agama Kristen, ekskomunikasi (pengucilan) adalah hukuman yang dijatuhkan oleh Gereja kepada umatnya yang dianggap melakukan pelanggaran berat. Anggota yang dikenai ekskomunikasi dilarang mengikuti perjamuan kudus dan komuni sampai ia bersedia menunjukkan penyesalan dengan cara bertobat.

    Dalam kasus Elizabeth I hal ini dilakukan karena Ratu dianggap melakukan pembelaan terhadap kaum protestan yang pada saat itu dianggap sebagai pemberontak oleh gereja Roma.
  • 1950 - Negara Jawa Timur dari Republik Indonesia Serikat dibubarkan dan bergabung ke dalam Republik Indonesia.
  • 1964 - Cassius Clay (sepekan sebelum berganti nama menjadi Muhammad Ali), 22, meraih gelar Juara Dunia Tinju kelas Berat setelah juara bertahan Sonny Liston menyerah di ronde ke-6.
  • 1986 - Corazon Aquino dilantik sebagai presiden baru Filipina mengakhiri 20 tahun pemerintahan Ferdinand Marcos.

    Maria Corazon Sumulong Cojuangco Aquino (lahir di Paniqui, Tarlac, Filipina , 25 Januari 1933 – meninggal di Makati, 1 Agustus 2009 pada umur 76 tahun), dikenal luas dengan 'Cory Aquino', adalah Presiden Filipina pada 1986 – 1992. Dialah wanita Asia pertama yang tampil sebagai presiden wanita di dunia. Wanita ini adalah istri dari tokoh oposisi yang populer, senator Benigno Aquino Jr.. Suaminya terbunuh sesaat setelah mendarat di Bandara Internasional Manila ketika kembali ke negaranya pada 21 Agustus 1983. Ia kemudian difigurkan oleh kalangan oposisi untuk menentang kekuasaan otokratik yang dilakukan Presiden Ferdinand Marcos.
  • 1992 - Pembantaian Khojaly: sekitar 613 penduduk sipil etnis Azerbaijan dibunuh oleh angkatan bersenjata Armenia dalam perang Nagorno-Karabakh.

    Perang Nagorno-Karabakh merupakan konflik bersenjata yang terjadi di Nagorno-Karabakh, Azerbaijan barat daya, dari Februari 1988 sampai Mei 1994. Perang ini terjadi antara etnis Armenia di Nagorno-Karabakh yang dibantu oleh Armenia melawan Azerbaijan. Perang ini merupakan konflik etnis paling destruktif setelah jatuhnya Uni Soviet pada Desember 1991.

    Pembantaian Khojaly adalah pembantaian jumlah besar etnis Azerbaijan di kota Khojaly pada tanggal 25 Februari 1992 selama Perang Nagorno-Karabakh. Menurut Azerbaijan, Human Rights Watch dan pengamat internasional lainnya, pembantaian dilakukan oleh angkatan bersenjata Armenia dengan bantuan Regimen Rusia ke-366. Jumlah kematian akibat pembantaian ini adalah 613 penduduk, dengan 106 wanita dan 83 anak-anak.



Wikipedia



-dipi-
 
Re: Hari Ini Dalam Sejarah (Re-posting & Update)

26 Februari

  • 1815 - Napoleon Bonaparte melarikan diri dari Elba.

    150px-Jacques-Louis_David_017.jpg

    Napoleon Bonaparte adalah anak kedua dari tujuh bersaudara. Ia lahir di Casa Bounaparte, di kota Ajaccio, Korsika, pada tanggal 15 Agustus 1769, satu tahun setelah kepulauan tersebut diserahterimakan Republik Genova kepada Perancis. Ia lahir dengan nama Napoleone di Bounaparte, namun ia mengubah namanya menjadi Napoléon Bonaparte yang lebih berbau Perancis.

    Keluarga Bounaparte adalah keluarga bangsawan yang berasal dari Italia, yang pindah ke Korsika di abad ke-16. Ayahnya, Nobile Carlo Bounaparte, seorang pengacara, pernah menjadi perwakilan korsika saat Louis XVI berkuasa di tahun 1777. Ibunya bernama Maria Letizia Ramolino. Ia memiliki seorang kakak, Joseph; dan 5 adik, yaitu Lucien, Elisa, Louis, Pauline, Caroline, dan Jérôme. Napoleon di baptis sebagai katolik beberapa hari sebelum ulang tahunnya yang kedua, tepatnya tanggal 21 Juli 1771 di Katerdal Ajaccio.

    Kebangsawanan, kekayaan, serta koneksi keluarganya yang luas memberikan Napoleon kesempatan yang luas untuk belajar hingga ke jenjang yang tinggi. Pada bulan Januari 1779, Napoleon didaftarkan pada sebuah sekolah agama di Autun, Perancis, untuk belajar bahasa Perancis, dan pada bulan Mei ia mendaftar di sebuah akademi militer di Brienne-le-Château. Di sekolah, ia berbicara dengan logat Korsika yang kental sehingga ia sering dicemooh teman-temannya; memaksanya untuk belajar. Napoleon pintar matematika, dan cukup memahami pelajaran sejarah dan geografi. Setelah menyelesaikan pendidikannya di Brienne pada 1784, Napoleon mendaftar di sekolah elit École Militaire di Paris. Di sana ia dilatih menjadi seorang perwira artileri. Ketika bersekolah di sana, ayahnya meninggal. Ia pun dipaksa menyelesaikan sekolah yang normalnya memakan waktu dua tahun itu menjadi satu tahun. Ia diuji oleh ilmuwan terkenal Pierre-Simon Laplace, yang di kemudian hari ditunjuk oleh Napoleon untuk menjadi anggota senat.

    Ia menjadi siswa di Akademi Militer Brienne tahun 1779 pada usia 10 tahun, kecerdasannya membuat Napoleon lulus akademi di usia 15 tahun. Karier militernya menanjak pesat setelah dia berhasil menumpas kerusuhan yang dimotori kaum pendukung royalis dengan cara yang sangat mengejutkan: menembakkan meriam di kota Paris dari atas menara. Peristiwa itu terjadi tahun 1795 saat Napoleon berusia 26 tahun. Berbagai perang yang dimenangkannya diantaranya melawan Austria dan Prusia.

    Dalam organisasi militer, Napoleon mengenalkan istilah korps, yang terdiri atas kumpulan divisi. Pembentukan korps ini juga didukung oleh besarnya pendaftaran tentara yang mengakibatkan jumlah tentara menjadi membengkak, sehingga diperlukan suatu kesatuan tentara yang lebih besar dari divisi.

    Napoleon juga dikenal dengan penggunaan artileri secara besar-besaran untuk menghancurkan tentara musuh, ketimbang menggunakan tentara infantri secara langsung. Dalam pemilihan artileri, Napoleon memilih artileri yang memiliki mobilitas tinggi agar bisa mendukung taktik manuver yang sering digunakannya dalam pertempuran. Salah satu artileri yang sering digunakan adalah meriam Sistem Tahun XI yang sebenarnya lebih merupakan inovasi dari meriam Sistem Gribeauval.

    Namun tidak semua peperangan berhasil dimenangkannya. Kegagalan dalam menginvasi daratan Mesir yang akibatnya berhadapan dengan kekuatan Inggris, Mamluk dan Utsmani. Meski di daratan gurun, Napoleon sukses mengalahkan tentara gabungan Utsmani dan Mamluk dalam Pertempuran Piramida, tetapi beberapa hari kemudian armada Perancis dikalahkan oleh armada Inggris di bawah pimpinan Laksamana Horatio Nelson di Teluk Aboukir. Armada Horatio Nelson untuk kedua kalinya berhasil mengalahkan armada Perancis. Kali ini pada pertempuran laut di Trafalgar antara armada Perancis-Spanyol yang dipimpin oleh Admiral Villeneuve dengan armada Britania Raya yang dipimpin oleh Laksamana Nelson meskipun Nelson gugur dalam pertempuran ini (terkena tembakan sniper Perancis).

    Kegagalan dalam menginvasi Rusia karena ketangguhan dan kecerdikan strategi Jenderal Mikhail Kutuzov dan Tsar Aleksandr I dalam menghadapi pasukan Perancis dengan memanfaatkan musim dingin Rusia yang dikenal mematikan serta pengkhianatan Raja Swedia, Jendral Bernadotte. Strategi Rusia dalam hal ini adalah membakar kota Moskwa ketika Napoleon berhasil menaklukkan kota itu setelah melewati pertempuran melelahkan di Borodino dan mengharapkan sumber logistik baru. Kekalahan di Rusia diulangi lagi oleh Adolf Hitler dari Jerman pada Perang Dunia II.

    Kekalahan yang mengakhiri kariernya sebagai Kaisar Perancis setelah melarikan diri dari Pulau Elba dan memerintah kembali di Perancis selama 100 hari adalah kekalahan di Waterloo ketika berhadapan dengan kekuatan Inggris yang dipimpin Duke of Wellington, Belanda oleh Pangeran van Oranje dan Prusia yang dipimpin oleh General Blücher serta persenjataan baru hasil temuan Jendral Shrapnel dari Inggris, yang mengakibatkan dia dibuang ke Pulau Saint Helena sampai wafatnya.
  • 1935 - Robert Watson-Watt mendemonstrasikan RADAR untuk pertama kalinya.

    Sir Robert Alexander Watson-Watt, FRS FRAeS (13 April 1892–5 Desember 1973) lahir di di Union Street, Brechin, Skotlandia dianggap sebagai penemu radar. Pengembangan radar melalui prinsip gelombang radio dan elektromagnetik telah ditemukan oleh ilmuwan James Mazwell sebelumnya, tapi Watson-Watt berhasil menghasilkan beberapa sistem radar yang dapat bekerja. Keberhasilan sistem ini dirasakan Inggris ketika melawan Jerman dalam Perang Inggris yang berlangsung pada Agustus hingga Oktober 1940.
  • 1991 - Tim Berners-Lee memperkenalkan WorldWideWeb, browser web pertama.

    Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee, KBE (TimBL atau TBL) (lahir di London, Inggris, 8 Juni 1955; umur 56 tahun) adalah penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium, yang mengatur perkembangannya.

    Pada 1980, ketika masih seorang kontraktor bebas di CERN, Berners-Lee mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Dengan bantuan dari Robert Cailliau dia menciptakan sistem prototipe bernama Enquire.

    Setelah meninggalkan CERN untuk bekerja di John Poole's Image Computer Systems Ltd, dia kembali pada 1984 sebagai seorang rekan peneliti. Dia menggunakan ide yang mirip yang telah dia gunakan pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, di mana dia mendesain dan membangun browser yang pertama (bernama WorldWideWeb dan dikembangkan dalam NeXTSTEP) dan server web pertama yang bernama httpd.
  • 1993 - Di New York City, sebuah bom dalam van yang diparkir di World Trade Center meledak, menewaskan 6 orang dan mencederai ribuan lainnya.




Wikipedia




-dipi-
 
Re: Hari Ini Dalam Sejarah (Re-posting & Update)

27 Februari

  • 1827 - Mardi Gras pertama dirayakan di New Orleans, Louisiana.

    Mardi Gras adalah pesta karnaval untuk menyambut masa pra-paskah yang dirayakan umat Kristen. Dimulai dari minggu sebelum Rabu Abu sampai hari Rabu Abu sendiri.

    Mardi Gras dirayakan di beberapa tempat di Eropa, Amerika Serikat, Amerika Selatan dan Karibia. Kota penyelenggara yang terkenal ialah Louisiana (AS), Rio de Janeiro (Brasil) dan Venesia (Italia).

    Mardi Gras dalam bahasa Perancis berarti "hari Selasa gemuk".
  • 1933 - Kebakaran Reichstag: Gedung parlemen Jerman di Berlin, Reichstag, dibakar.

    Kebakaran Reichstag adalah peristiwa penting pada pendirian Jerman Nazi. Terjadi pada pukul 21:15 di malam 27 Februari 1933, sebuah badan pemadam kebakaran di Berlin menerima panggilan alarm bahwa Gedung Reichstag, lokasi majelis Parlemen Jerman dibakar. Kebakaran bermula di Kamar Sesi, dan saat polisi dan pemadam kebakaran tiba, Kamar Deputi terbakar. Di luar ruangan ditemukan Marinus van der Lubbe, seorang pengacau dari Belanda, anggota komunis dewan dan tukang batu pengangguran yang saat itu tiba di Jerman, katanya mengusung kegiatan politik. Kebakaran itu digunakan sebagai bukti bahwa komunis memulai plot terhadap pemerintah Jerman. Sebagai akibatnya, 4000 komunis ditangkap. Kanselir saat itu Adolf Hitler mendesak Presiden Paul von Hindenburg menggolkan dekrit untuk menghadapi "konfrontasi bengis terhadap KDP".

    Sementara itu, investigasi atas Kebakaran Reichstag berlanjut, di mana Nazi bernafsu menemukan pihak komunis. Pada awal bulan Maret 1933, 3 orang ditangkap, di mana mereka akan memainkan peran penting dalam Pengadilan Leipzig, mereka adalah: Georgi Dimitriv, Vasil Tanev dan Blagoi Popov dari Bulgaria. Orang Bulgaria dikenal oleh polisi Prusia sebagai operatif Komintern senior, namun polisi tak tau seberapa seniorkah mereka. Dimitriv adalah kepala semua operasi Kominter di Eropa Barat.
  • 1964 - Pemerintah Italia meminta bantuan dalam menjaga agar Menara Pisa tidak jatuh.
  • 1996 - Permainan video Pokémon memulai debutnya di Nintendo Game Boy.





Wikipedia



-dipi-
 
Re: Hari Ini Dalam Sejarah (Re-posting & Update)

28 Februari

  • 1854 - Partai Republik AS didirikan di Ripon, Wisconsin.

    Partai Republik AS (bahasa Inggris: Republican Party) sering disingkat GOP untuk Grand Old Party (Partai Tua Besar) adalah salah satu dari dua partai politik besar di Amerika Serikat. Setelah pemilu paruh waktu 2006 partai ini kehilangan kedudukannya sebagai mayoritas dalam Senat dan Dewan Perwakilan AS. GOP adalah partai yang lebih konservatif di antara kedua partai besar.

    Partai yang didirikan di Ripon Wisconsin pada 28 Februari 1854, sebagai sebuah partai yang melawan perbudakan dalam wilayah baru. Partai ini berbeda dengan Partai Demokratik-Republik AS-nya Thomas Jefferson atau Partai Republik Nasional AS-nya Henry Clay.

    Konvensi pertama Partai Republik diadakan pada 6 Juli 1854 di Jackson, Michigan. Banyak dari kebijakan awalnya terinspirasi dari Partai Whig AS. Banyak dari anggota awalnya berasal dari Partai Tanah Bebas (Free Soil Party) dan Partai Amerika. Sejak didirikan, oposisi utamanya adalah Partai Demokrat.

    Simbol resmi Partai Republik adalah gajah. Meski gajah telah sering dikaitkan dengan partai tersebut, sebuah kartun politik karya Thomas Nast, yang diterbitkan di Harper's Weekly pada 7 November 1874, dianggap penggunaan penting pertama simbol tersebut . Pada awal abad ke-20, simbol tradisional Partai Republik di negara-negara bagian barat tengah seperti Indiana dan Ohio adalah elang, berlawanan dengan ayam jantan yang digunakan Demokrat. Simbol ini masih tampil dalam kertas suara di Indiana.
  • 1935 - Nilon ditemukan oleh Wallace Carothers.

    Nilon merupakan suatu keluarga polimer sintetik yang diciptakan pada 1935 oleh Wallace Carothers di DuPont. Produk pertama adalah sikat gigi ber-bulu nilon (1938), dilanjutkan dengan produk yang lebih dikenal: stoking untuk wanita pada 1940. Nilon dibuat dari rangkaian unit yang ditautkan dengan ikatan peptida (ikatan amida) dan sering diistilahkan dengan poliamida (PA). Nilon merupakan polimer pertama yang sukses secara komersial, dan merupakan serat sintetik pertama yang dibuat seluruhnya dari bahan anorganik: batu bara, air, dan udara. Elemen-elemen ini tersusun menjadi monomer dengan berat molekular rendah, yang selanjutnya direaksikan untuk membentuk rantai polimer panjang.

    Bahan ini ditujukan untuk menjadi pengganti sintetis dari sutra yang diwujudkan dengan menggunakannya untuk menggantikan sutra sebagai bahan parasut setelah Amerika Serikat memasuki Perang Dunia II pada 1941, yang menyebabkan stoking sulit diperoleh sampai perang berakhir.
  • 1953 - James D. Watson dan Francis Crick mengumumkan kepada teman-teman mereka bahwa mereka telah memastikan struktur kimia DNA.
  • 1986 - Olof Palme, Perdana Menteri Swedia, dibunuh di Stockholm.



Wikipedia



-dipi-
 
Re: Hari Ini Dalam Sejarah (Re-posting & Update)

29 Februari

  • 1960 - Gempa bumi melanda bagian selatan Maroko dan menewaskan lebih dari 3.000 orang.
  • 1972 - Perang Vietnam: Korea Selatan mulai menarik 11.000 (dari 48.000) pasukannya dari Vietnam.
  • 1984 - Perdana Menteri Kanada Pierre Trudeau mengumumkan akan mundur secepatnya jika Partai Liberal dapat memilih pemimpin lain.
  • 1996 - Pesawat Boeing 737 milik maskapai penerbangan Peru jatuh di Andes, 123 tewas.
  • 2004 - Jean-Bertrand Aristide mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden Haiti menyusul meningkatnya aksi pemberontakan.


Wikipedia




-dipi-
 
Re: Hari Ini Dalam Sejarah (Re-posting & Update)

1 Maret


  • 752 SM - Romulus, raja pertama Roma, merayakan kemenangan Roma pertama.
  • 1815 - Napoleon kembali ke Perancis dari pengasingannya di Elba.
  • 1872 - Taman Nasional Yellowstone ditetapkan sebagai taman nasional pertama di dunia.
  • 1896 - Pertempuran Adowa: Ethiopia mempertahankan kemerdekaannya melawan Italia.
  • 1919 - Pergerakan 1 Maret 1949: Demonstrasi besar rakyat Korea terhadap pemerintahan kolonial Jepang atas Korea.
  • 1949 - Revolusi Nasional Indonesia: Pihak Republik Indonesia berhasil merebut Yogyakarta dari Belanda dalam Serangan Umum 1 Maret.
  • 1966 - Partai Ba'ath merebut kekuasaan di Suriah.



Wikipedia




-dipi-
 
Re: Hari Ini Dalam Sejarah (Re-posting & Update)

2 Maret

  • 1946 - Ho Chi Minh dilantik sebagai Presiden Vietnam Utara.

    Ho Chi Minh (19 Mei 1890 – 2 September 1969) adalah seorang tokoh revolusi dan negarawan Vietnam, yang kemudian menjadi Perdana Menteri (1954) dan Presiden Vietnam Utara (1954 - 1969).

    Nama asli beliau adalah Nguyen Sinh Cung, dan juga dikenal sebagai Nguyen Tat Thanh, Nguyen Ai Quoc (sebuah nama yang sering digunakan orang lainnya juga), Ly Thụy, Ho Quang dan akrab dipanggil Bac Ho (paman Ho) di Vietnam.

    Ibukota Vietnam, kota Ho Chi Minh, dinamakan menurut namanya. Kota tersebut sebelumnya bernama Saigon.
  • 1962 - Wilt Chamberlain mencetak 100 angka melawan New York Knicks, memecahkan beberapa rekor NBA.

    Wilton Norman Chamberlain, lebih dikenal sebagai Wilt Chamberlain (lahir 21 Agustus 1936 – meninggal 12 Oktober 1999 pada umur 63 tahun) adalah seorang pemain bola basket NBA. Ia bermain pada posisi center dan dikenal sebagai salah satu pemain terbaik dan paling dominan dalam sejarah NBA. Chamberlain masuk dalam Basketball Hall of Fame pada tahun 1978, terpilih sebagai anggota NBA's 35th Anniversary Team pada tahun 1980, dan terpilih sebagai salah satu dari anggota 50 Greatest Players in NBA History pada tahun 1996.

    Chamberlain memegang banyak rekor dalam sejarah NBA, membuat rekor pada mencetak angka, rebound dan kategori-kategori lain. Rekor lainnya, dia merupakan satu-satunya pemain NBA dalam sejarah yang mampu mencetak rata-rata lebih dari 40 dan 50 point per game (PPG), selain dari 100 point per game dalam satu pertandingan.

    Ia pernah bermain dalam klub Philadelphia Warriors, Philadelphia 76ers dan Los Angeles Lakers. Pada tanggal 24 November 1960, ia berhasil meraih 55 rebound saat Warriors melawan Boston Celtics, di mana terdapat rivalnya, Bill Russell dan rekor itu masih bertahan hingga masa kini. Pada tanggal 2 Maret 1962, ia mencetak 100 poin; kini masih yang tertinggi dalam sebuah permainan. Ia membuat rekor tersebut saat Philadelphia Warriors kontra New York Knicks di Hersheypark Arena, Hersey.

    Sepuluh tahun kemudian, Chamberlain mencetak angka ke-30.000 sepanjang kariernya. Ia merupakan pencetak poin terbanyak dalam sejarah NBA, sebelum akhirnya dipatahkan oleh Kareem Abdul Jabbar pada tanggal 5 April 1984. Sepanjang kariernya, ia berhasil meraih 23.924 rebound dan jumlah rebound tersebut merupakan yang terbanyak dalam sejarah. Bersama dengan Michael Jordan, ia merupakan pemain terbanyak dalam rata-rata point per game, yaitu 30,1 PPG.

    Sepanjang kariernya, ia banyak memperoleh penghargaan, di antaranya 2 kali juara NBA (1967, 1972), 4 kali NBA MVP (1960, 1966-1968), 1 kali NBA Finals MVP (1972), dan 1960 NBA Rookie of the Year.

    Chamberlain juga merupakan satu pemain dari dua pemain yang gagal dalam lemparan bebas lebih dari 500 kali. Dalam kariernya, ia gagal memasukkan lemparan bebas sebanyak 5.805 kali dengan akurasi lemparan bebas dalam kariernya hanya mencapai 51,1%. Satu orang lagi adalah Shaquille O'Neal.
  • 1990 - Nelson Mandela dilantik sebagai Wakil Presiden Kongres Nasional Afrika.
  • 2004 - Laporan PBB menyatakan bahwa tidak ada senjata pemusnah massal yang ditemukan di Irak setelah tahun 1994.




Wikipedia



-dipi-
 
Re: Hari Ini Dalam Sejarah (Re-posting & Update)

30 Maret

  • 1842 - Obat bius digunakan untuk pertama kalinya dalam sebuah operasi bedah.
  • 1867 - Alaska dibeli dari Rusia sebesar $7,2 juta, sekitar 2 sen/acre ($4,19/km²), oleh Sekretaris Negara Amerika Serikat.
  • 1940 - Perang Tiongkok-Jepang: Jepang menyatakan Nanking sebagai ibu kota pemerintahan boneka Tiongkok baru.
  • 1950 - Film Darah dan Doa, film lokal produksi Republik Indonesia yang pertama, memulai pengambilan gambar, diperingati sebagai "Hari Film Nasional Indonesia".
  • 1981 - Presiden A.S. Ronald Reagan ditembak di dadanya di luar Hotel Hilton Washington, DC.


wikipedia
 
Re: Hari Ini Dalam Sejarah (Re-posting & Update)

31 Maret

  • 1854 - Persetujuan Kanagawa ditandatangani, memaksa dibukanya pelabuhan Jepang untuk perdagangan Amerika Serikat.
  • 1889 - Menara Eiffel diresmikan di Paris, Perancis.

450px-Eiffel_tower_from_the_neighborhood.jpg

Menara Eiffel dari wilayah sekitarnya

Dinamai sesuai nama perancangnya, insinyur Gustave Eiffel, Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Paris dan salah satu struktur terkenal di dunia. Lebih dari 200.000.000 orang telah mengunjungi menara ini sejak pembangunannya tahun 1889, termasuk 6.719.200 orang tahun 2006, menjadikannya monumen berbayar yang paling banyak dikunjungi di dunia. Termasuk antena setinggi 24 m (79 kaki), struktur ini memiliki tinggi 325 m (1.063 kaki) sejak 2000, yang sama dengan bangunan konvensional bertingkat 81.

Ketika menara selesai dibangun tahun 1889, struktur ini menjadi yang tertinggi di dunia — gelar yang dipertahankan hingga 1930 ketika Chrysler Building di New York City (319 m — 1.047 kaki) selesai. Menara ini sekarang yang tertingggi kelima di Perancis dan paling tinggi di Paris, dengan struktur tertinggi kedua Tour Montparnasse (210 m — 689 kaki), meskipun akan dikalahkan oleh Tour AXA (225.11 m — 738.36 kaki).

  • 1928 - Titik lokasi pembangunan Tugu Khatulistiwa ditentukan di kota Pontianak, Hindia-Belanda.
  • 1959 - Dalai Lama ke-14, Tenzin Gyatso, menyeberangi perbatasan ke India dan diberi suaka politik.
  • 1981 - Peristiwa Woyla: Pasukan Komando pimpinan Letkol Infanteri Sintong Panjaitan mengakhiri pembajakan pesawat Garuda DC-9 di Bandara Don Mueang, Bangkok, Thailand.
  • 1991 - Pakta Warsawa secara resmi berakhir.


google/wikipedia
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top