Pengolahan Jagung Menjadi Cemilan Siap Saji

umadbro

New member

Jagung merupakan salah satu komoditas pangan yang sangat penting di Indonesia karena potensi pemanfaatannya yang beragam – mulai dari bahan pangan, bahan pakan, hingga bahan baku industri.

Sebagai bahan pangan, jagung mempunyai komposisi kimia dan nilai gizi yang tidak jauh berbeda dengan beras. Hal inilah yang menjadikan jagung sebagai salah satu bahan pangan sumber karbohidrat paling utama di Indonesia.

Beberapa produk makanan hasil olahan jagung yang populer adalah keripik jagung, berondong jagung, dan corn flakes. Dari banyak produk konsumsi olahan tanaman pangan ini, produk cemilan atau snack merupakan yang paling digemari.

Proses pengolahan jagung menjadi cemilan kering siap santap melibatkan banyak tahap, antara lain perebusan, perendaman, pencucian, penggilingan, pencetakan, dan yang terakhir tentu saja pengemasan.

Umumnya, jagung yang telah melewati proses perebusan, perendaman dan pencucian kemudian digiling atau ditumbuk untuk menghasilkan adonan jagung. Adonan ini kemudian dicetak sesuai dengan bentuk makanan yang dihasilkan. Pada produk seperti keripik jagung, cetakan yang dihasilkan kemudian dipanggang, dikeringkan dan digoreng kembali.

Hasil akhir dari tahap produksi ini akan melewati proses pengemasan untuk melindungi produk dari kontaminasi, baik yang bersifat fisik maupun yang bersifat kimia.

Semoga infonya bermanfaat ya! [<:)
 
kalo snack jagung (keripik dll) setelah diolah dan gak pakai pengawet, bisa tahan berapa lama den?
 
kalau cara pembuatan jahung Pop Corn itu kaya gimana ya? kan kalo jagung biasa ga akan bisa mengembang saat digoreng
 
aq suka tuh popcorn, cemilan praktis yg sehat loh, kalau gak asin sih. itu yg berondong jagung kaya apa yah? berondong bukannya lelaki muda hehehe :) jagung cup tuh enak jadi cemilan, modal keju sama coklat. jagung dipipil terus direbus, kasih keju coklat plus susu, enyaaaaak, sambil minum teh di sore hari.
 
Back
Top