Teknik Menuang Bir Yang Tepat

Dulkoplak

New member
Menuangkan bir ke dalam sebuah gelas memang terdengar seperti pekerjaan sederhana, tetapi sebenarnya ada teknik-teknik khususnya juga lho, terutama jika kita menuang bir langsung dari sebuah keg, bukan dari botol.

bintang-12-pic.jpg

Saat menuangkan bir dari sebuah keg atau gentong, kita harus memperhatikan derasnya laju bir yang tertuang. Caranya simpel saja, cukup perhatikan seberapa jauh tuas (tap) kita tarik. Dengan arus bir yang stabil, bir akan terisi dengan perlahan namun tidak terpercik kemana-mana. Overpouring juga bisa dihindari dengan cara ini.

Supaya buih yang dihasilkan bir saat dituangkan tidak berlebihan, gelas bir tidak boleh diposisikan tegak lurus dengan media penuang. Posisikan gelas dengan tingkat kemiringan 29-31˚ di bawah tap agar bir yang tertuang mengenai bagian samping dalam gelas. Cara ini efektif untuk mencegah timbulnya terlalu banyak buih.

Sebelum kamu memamerkan teknik pengisian bir yang baik dan benar ini pas weekend nanti, ada baiknya kalau kamu latihan dulu lewat sebuah mini game berjudul “Beer Pourer” yang merupakan bagian dari permainan simulasi seru ini. Ingat, practice makes perfect, so you better start practicing soon!
 
Last edited:
Hahaha maaf gan, salah masukin artikel!
Iyah, maklum nih waktu lagi mabok genjer! :D

hahahah mabok genjer :)) wah istilah lama nih..

Bagus juga tipsnya, eh bir itu ada sodanya ya? berbusa gitu saat dituang dan akan berbuih jika terkocok
 
hahahah mabok genjer :)) wah istilah lama nih..

Bagus juga tipsnya, eh bir itu ada sodanya ya? berbusa gitu saat dituang dan akan berbuih jika terkocok

bir itu kan minuman fermentasi dari gandum dan bulir2 sejenisnya, jadi menghasilkan karbonasi, persis deh dengan coca cola, fanta, sprite, dll.
Bedanya, kalo bir itu aseli ( jaman dulu), sekarang banyak yg palsu, alias sama dengan minuman ringan, dikasi karbonasi, baru ditutup.
 
Back
Top