penyebab tidak menstruasi

arrimbima

New member
Usia saya 18th,saya tidak menstruasi selama 5 bulan,itu berbahaya atau ga ya?apa penyebabnya dan gimana caranya supaya saya bisa menstruasi lagi?
 
waduh, ini beneran? saya rasa sudah pasti ada sesuatu yang tidak beres, telat menstruasi 1 bulan saja saya rasa sudah harus periksakan ke dokter, harus ke dokter secepatnya
 
Usia saya 18th,saya tidak menstruasi selama 5 bulan,itu berbahaya atau ga ya?apa penyebabnya dan gimana caranya supaya saya bisa menstruasi lagi?

Bener kata pak pres, takutnya terjadi sesuatu.. Dulu megha sempet telat satu setengah bulan, menurut dokter yang memeriksa penyebabnya adalah stres. Mungkin non bisa memberikan keterangan lebih lengkap mengenai masalahnya non ;) nanti aku coba lapor ke non Depe, mungkin bisa kasih pencerahan
 
Ini gw anggap bahwa sama sekali nggak mengalami menstruasi dalam waktu lama ya.

Di dunia medis itu disebut sebagai Oligomenore. Untuk usia wanita seperti non ari, yang 18 tahun itu, hal ini terkadang adalah normal terjadi. Biasanya merupakan akibat dari koordinasi yang kurang sempurna dari hipotalamus, kelenjar pituari & indung telur. Hipotalamus merupakan bagian otak yang mengatur suhu tubuh, metabolisme sel & fungsi dasar seperti makan, tidur & reproduksi. Hipotalamus mengatur pengeluaran hormon yang mengatur kelenjar pituari. Kemudian kelenjar pituari akan merangsang produksi hormon yang mempengaruhi pertumbuhan & reproduksi. Pada awal & akhir masa reproduksi wanita, beberapa hormon tersebut dapat menjadi kurang tersinkronisasi, sehingga akan menyebabkan terjadinya haid yang tidak teratur.

Saran gw, segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Karena meskipun dikatakan normal tapi bisa diindikasikan kepada sindrom lain seperti anorexia nervosa dan polycystic ovary syndrome.
 
Back
Top