amazing, orang indonesia yang membuat gedung pencakar bumi pertama di dunia

satriani

New member
gedung-bawah-tanah-brazil.jpg


MEKSIKO - Bagi yang belum pernah mendengar berita ini sama sekali mungkin akan terkejut. Sebab, ini merupakan hal baru yang sama sekali berlawanan dengan tren saat ini, di mana yang sedang marak-maraknya adalah pembangunan pencakar langit skyscaper bukan pencakar bumi earthscraper.

gedung-bawah-tanah-brazil-2.jpg


earthscraper-mexico-0-600x345.jpg


Meksiko mungkin akan membuat sebuah sejarah baru dunia arsitektur dengan membangun gedung pencakar bumi sedalam 300 meter dengan 65 lantai di dalamnya. Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh sang arsitek dari BNKR Arquitectura Suarez Esteban.

Tim arsitek yang akan membangun gedung ini adalah BNKR Arquitectura bermitra dengan Esteban Suarez dan Sebastian Suarez. Sementara yang menjadi kepala proyek seluas 775 ribu meter persegi ini adalah Arief Budiman, yang merupakan seoarang warga negara Indonesia,:iloveindonesia:iloveindonesia demikian seperti dilansir laman Archdaily, Rabu (18/1/2012).

312fvno.jpg


Gedung tersebut akan dibangun di alun-alun Meksiko City Central Plaza atau yang biasa disebut Zocalo oleh masyarakat setempat. Sesuai desain yang dipublikasikan ke seantero dunia, bangunan tersebut berbentuk piramida terbalik dan akan menerobos bumi dengan rangka bagunan dari baja dan permukaan gedung yang sebagian besar
menggunakan kaca.

Bagian tengahnya dibiarkan kosong supaya sinar matahari dan udara dapat masuk ke dalam bangunan. Rencananya, bangunan ini akan digunakan sebagai superblok (mixed use), dimana di dalmnya akan dibangun museum, perkantoran komersil, residensial, dan pusat perbelanjaan.

23m6i48.jpg


Gedung yang menyerupai piramida terbalik ini akan memiliki 65 lantai dari bawah tanah. Sebanyak 35 lantai paling ujung atau paling dalam dari gedung ini akan dijadikan pusat perkantoran. Sebanyak 10 lantai di atas area perkantoran adalah tempat tinggal, 10 lantai di atas area tempat tinggal atau pemukiman adalah pusat
perbelanjaan, dan 10 lantai di atas pusat perbelanjaan adalah museum.

qzf4tu.jpg


Permukaan paling atas dari gedung terbalik ini akan ditutupi lantai yang terbuat dari kaca seluas 240 meter x 240 meter. Sehingga di dalam bangunan tersebut mendapatkan cahaya alami dari dunia atas. Di tengah persegi tersebut tak lupa ditancapkan pula bendera nasional Meksiko.

[<:)[<:)[<:)


[url="http://kask.us/12611035]SUMBER[/url]
 
agak ngeri juga ngebayanginnya, kalau ada gempa bumi orang yang ada didalamnya mungkin akan terkubur >%|
 
hmm benar juga, pernah baca sepertinya sebelumnya, tapi artikel ini lebih mudah di mengerti

letak sebagian bangunan bawah tanah sudah biasa dari dulu ya, tapi yang skala sebesar ini belum ada, apakah pembangunan seperti ini akan jadi trend ya (yang lain ikut2an)

awalnya manusia hidup didalam gua ya, mengenai masalah bahaya, gedung biasa saja yang diatas tanah sudah bahaya sebenarnya, dari gempa bumi, kebakaran, dll, tapi kita akhirnya terbiasa dan ikut2an menggunakan dan membangunnya juga, setelah ada manusia yang membangun gedung pertama
 
agak ngeri juga ngebayanginnya, kalau ada gempa bumi orang yang ada didalamnya mungkin akan terkubur >%|
huo, postinganya nona megha sama kayak postingan misa waktu dithread lama


kalau gitu misa kutip postingannya k Dipe ah

Ini belum pasti dibangun.
Cuma proposal dari Kantor Arsitektur BNKR.
Ada 2 kendala untuk mewujudkannya. Yang pertama adalah masalah lokasi, yang kalau tempatnya ada di dalam kota Mexico City, itu berarti harus mengosongkan areal sepanjang 6 Km dari ground zero. Dan itu sangat mustahil. Masalah kedua adalah soal hukum lokal yang belum mengakomodir bentuk bangunan seperti ini.

Anyway, Arief Budiman memang Arsitek yang berasal dari Indonesia, dan mulai tahun 2011 bekerja pada biro arsitektur BNKR Mexico. Dia adalah lulusan dari Victoria University.

Jangan tanya sumbernya darimana.
Daku tahu karena daku masih menyandang gelar "arsitek", biarpun kerjaannya ngitung duit orang. ~LoL~

 
huo, postinganya nona megha sama kayak postingan misa waktu dithread lama


kalau gitu misa kutip postingannya k Dipe ah




berarti kita punya imajinasi yang sama non :D aih sumpah itu gak kebayang kalo ada gempa atau longsor bisa terkubur idup-idup..

masih dalam konsep ya? hehehehe kirain udah jadi :D
 
Back
Top