Memanfaatkan SPEEDY untuk akses bersama?

rahwana

New member
Kita tahu bahwa speedy saat ini banyak digunakan orang sebagai solusi internet yang paling murah. Sayangnya, speedy yang unlimited masih terlalu mahal untuk penggunaan di rumah. Karena itu kita bisa mengkonsep SPEEDY unlimited yang dipergunakan bersama dengan tetangga kiri kanan.

Kita bisa menggunakan kabel networking ke rumah tetangga atau menggunakan akses point seharga kira2 700 rb untuk dipakai dengan tetangga yang berjarak hingga 200 meter dari rumah kita. Kalau saja dalam jarak 100 meter tadi ada 4 orang tetangga yang mau pakai internet SPEEDY bersama-sama. Maka kita bisa ambil SPEEDY unlimited promo 1jt / bulan dan pembayarannya dibagi ber-4. Cuma Rp. 250.000,- khan?

Hayo... siapa mau? Mari kita rukun2 dengan tetangga.
 
Akses point itu adalah radio yang kita pergunakan untuk memancarkan jaringan internet kita ke rumah-rumah disekitar kita. Daya pancarnya kira-kira 50 - 200 meter tergantung ke kondisi. Harga akses point ini sekitaran 700rb / unit. Dan kalau kondisinya berdekatan, 1 akses point bisa dipakai bersama dengan 4 rumah disekitarnya (radius 80m).

Untuk keamanan rasanya kalau untuk jarak cuma 500m cukup mudah pengamanannya karena tidak banyak yang jahat. :) Biasanya di akses point sudah 'terdapat' sistem keamanan yang cukup memadai.
 
pake wireless yah? kayaknya lambat tuh....mending pake kabel aja deh...biar ribet tapi asal selamat.. heuheuehu
 
Wireless lambat? Sebenarnya hal ini adalah informasi yang salah. Teknologi wireless atau yang disebut Broadband Wireless mampu mentransfer data sampai kecepatan 106 Mbps dengan radius bisa mencapai 80 km, sedangkan kabel (kalau kita bicara kabel telepon yang ada di rumah) hanya mampu sampai kecepatan 700 Kbps dengan radius terjauh hanya 2 km dari central. Kalau kita bicara kabel UTP, memang bisa 100 Mbps, tetapi daya jangkau hanya 100 meter. So? Kalau kita bicara wireless, tidak kalah dengan kabel.

Masalahnya adalah bukan di medianya (wireless atau kabel) tapi di sistem pengatur akses internet di gateway atau ISP-nya. Kalau ISP-nya handal, maka aksesnya akan tetap cepat, kalau ISP-nya bandel, walaupun diberi kabel Fiber Optic berkecepatan 2 Mbps sekalipun tetap saja lambat.

Dengan menggunakan wireless, kita bisa meminimalisasi penggunaan kabel melintang di jalan terutama dalam kompleks perumahan. Kabel yang melintang menimbulkan masalah untuk keindahan dan keamanan dari petir karena biar bagaimana kabel bisa menangkap gelombang elektromagnet dari petir dan melemparkannya ke rumah. Sedangkan wireless, kalau kita bisa meletakkannya diposisi pendek, bisa lebih aman dari petir.
 
MenurutQ siy tgl Cari hotspot yg Deket truzz buat antena dari Wajan khan nmurah tuh klo deket hotSpot, untuk petunjuk pembuatan bisa surf lewat google banyak
 
Back
Top