Smartphone Akan Dapat Mendeteksi Penyakit di Masa Depan!

crdeikon

New member
Mungkin suatu saat nanti, penyakit-penyakit ringan sudah tidak perlu lagi ditangani oleh dokter.. :D

Memeriksakan kesehatan ke rumah sakit atau khususnya laboratorium memerlukan biaya yang tidak sedikit. Nah, bagaimana jika suatu hari nanti Anda bisa mengecek kondisi kesehatan Anda sendiri dari kursi malas Anda di ruang tamu?

Kita sedikit lagi menuju era teknologi di mana pemeriksaan kesehatan tidak harus membuat kita harus mengantri di rumah sakit dan mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk membayar laboratorium. Sebuah tim peneliti di Korea Selatan sedang mengembangkan sebuah teknologi yang memungkinkan ponsel untuk mendeteksi penyakit seseorang, mulai dari kanker hingga diabetes, hanya dengan tetesan darah atau air liur.

touchscreen.jpg


Pada dasarnya, teknologi ini dikembangkan berdasarkankapasitas ponsel berlayar sentuh untuk mendeteksi sinyal elektrik yang dihasilkan dari sentuhan jari. Kemampuan tersebut disebut sensitivitas kapasitas”. Profesor Park Hyun-Gyu menyatakan bahwa biomolekul, molekul yang diproduksi oleh penyakit, mengirimkan sinyal yang sama seperti sinyal yang dikenali oleh ponsel berlayar sentuh. “Jika Anda memiliki tipe DNA atau protein tertentu, layar sentuh tersebut akan bereaksi layaknya sinyal elektrik yang dihasilkan oleh jari,” ujarnya.

Teknologi ini masih dalam masa pengembangan sampai akhirnya bisa dirilis secara resmi dan digunakan secara luas. Saat ini, para peneliti menyatakan bahwa penelitian mereka sudah mencapai tahap pendeteksian keberadaan dan konsentrasi dari biomulekul khusus tetapi mereka belum dapat membedakan jenisnya.

Para peneliti yakin bahwa teknologi ini adalah teknologi pertama di dunia dan mereka akan menjadi orang pertama yang mendemonstrasikannya.

Teknologi ini tampaknya akan banyak membantu pengguna ponsel di seluruh dunia untuk mempermudah pendeteksian penyakit dan memangkas biaya pemeriksaan di rumah sakit.

Apakah Anda tertarik untuk mencari fitur ini di ponsel masa depan Anda?

Sumber: http://www.jagatreview.com/2012/02/ponsel-masa-depan-dapat-mendeteksi-penyakit/
 
Menarik tuh :D untuk yang punya penyakit diabetes jadi lebih wanti-wanti kalo udah mulai naik kadar gula darahnya
 
wow nice Gak perlu pergi kedokter buat cek kesehatan, jadi ingat sama orang yang suka keliling menawarkan cek penyakit & kesehatan sekali cek bayar 5000, mungkin cara kerjanya sama ya ;)
 
Last edited:
Back
Top