Irian Jaya Barat Berubah Nama Menjadi Papua Barat Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum


Irian Jaya Barat Berubah Nama Menjadi Papua Barat




 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Irian Jaya Barat Berubah Nama Menjadi Papua Barat

JAYAPURA--MIOL: Provinsi Irian Jaya Barat (IJB) telah berubah nama menjadi Provinsi Papua Barat. Perubahan nama tersebut telah dideklarikasikan Ketua DPR Provinsi IJB Jimianus Ijie dan Gubernur IJB Abraham Oktovianus Ataruri di Manokwari, ibu kota Provinsi IJB, Selasa (6/2).

"Perubahan nama IJB menjadi Papua Barat itu bertepatan dengan peringatan realisasi pemekaran Provinsi IJB pada 6 Februari 2005. Pemakaian nama Provinsi Papua Barat secara resmi digunakan pada Rabu, 7 Februari 2007," kata Ketua DPR Provinsi IJB Jimianus Ijie kepada Antara di Jayapura, Selasa (6/2). Menurut dia, penggunaan nama Provinsi Papua Barat itu merupakan keinginan masyarakat di Papua.

Pemakaian nama itu dalam berbagai kegiatan administrasi pemerintahan seperti surat-menyurat dan sebagainya mulai dilakukan pada Rabu (6/2).

Perubahan nama IJB menjadi Papua Barat, kata Jimmi, bertujuan agar Provinsi IJB mendapat nama dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus (Otsus) bagi Papua.

Terdapat beberapa pemikiran dari banyak orang bahwa nama Irian Jaya Barat merupakan keinginan penguasa sehingga untuk meminimalisasi hal tersebut, maka diganti dengan nama Papua Barat. "Meskipun kami menyadari apalah arti sebuah nama, namun secara budaya masyarakat lebih senang nama menyebut Papua ketimbang Irian Jaya Barat," katanya.

Dia menjelaskan perubahan nama Provinsi IJB menjadi Papua Barat sudah diprogramnkan sejak kampanye calon Gubernur IJB beberapa waktu lalu.

Perubahan nama Papua Barat tersebut sejalan dengan gagasan mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Hari Sabarno. Menurut dia, penamaan pemekaran provinsi sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang Otsus tentu saja akan menyamakan penamaan provinsi seperti Provinsi Papua Barat, Papua Selatan, Papua Tengah, dan lainnya.

Untuk pengukuhan nama Provinsi Papua Barat itu, lanjutnya DPR Provinsi IJB akan segera menetapkan Provinsi Papua Barat melalui Sidang paripurna lalu menyerahkan hasil sidang itu kepada Gubernur IJB dan selanjutnya akan diteruskan kepada Presiden Republik Indonesia melalui Mendagri lalu diproses dan akan turun dalam sebuah peraturan pemerintah
National Level

Post: 806
 
Reputasi: 0

 

    Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **


Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Galang Dukungan Barat KalinaMaryadi Politik, Ekonomi & Hukum 1
Kobe Menangkan Wilayah Barat kurdadia Sports 0
DPD RI Diminta Fasilitasi Pertemuan Papua-Irian Jaya Barat nurcahyo Politik, Ekonomi & Hukum 0
Ciuman Ala Jawa Barat !!!!!!!!!!!!!!!!!! andree_erlangga Humor 0
Sejarah Jawa Barat 0 : Salakanagara langit_byru Sejarah & Budaya 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.