Gigi Tanggal Bisa Ditumbuhkan Lagi

gupy15

Mod
Gigi Tanggal Bisa Ditumbuhkan Lagi


WASHINGTON, SENIN - Gigi tanggal? Jangan khawatir, untuk menumbuhkannya kembali bisa dilakukan dengan budidaya sel. Sebuah laboratorium di Jepang sanggup membuat gigi dari kumpulan sel yang dibudidayakan dan telah berhasil mencangkokkannya pada seekor tikus.

Lagipula sel yang dipakai dari sel primitif, tidak harus sel induk yang sulit membuatnya dan masih terus dikembangkan sampai sekarang. Para peneliti menggunakan benih organ yakni sel-sel awal pembentuk gigi seperti sel epithelial dan mesenchymal. Sel-sel ini membentuk gumpalan kecil sebelum gigi tumbuh.

Sel tersebut disuntikkan ke dalam segumpal kolagen sebagai material perekatnya. Setelah tumbuh, terlihat bahwa jaringan yang terbentuk mengandung struktur pembentuk lapisan-lapisan gigi seperti dentin, enamel, dental pulp, pembuluh darah, dan ligement periodental. Seperti dilaporkan dalam jurnal Nature Methods, gigi buatan tersebut tersusun sangat mirip dengan gigi yang tumbuh alami.

"Benih gigi yang kami rekonstruksi menghasilkan gigi yang utuh. Gigi tersebut tumbuh dan berkembang normal ketika dicangkokkan ke tikus," kata Takashi Tsuji dari Universitas Sains Tokyo di Chiba, Jepang. Ia mengklaim, ini merupakan metode pertama budidaya jaringan gigi yang hanya membutuhkan beberapa sel tunggal. Sebelumnya, para peneliti menggunakan sel induk untuk menumbuhkan kembali bagian tubuh yang rusak seperti proses alami, termasuk gigi, dalam terapi regeneratif.

Keberhasilan ini akan mempermudah terapi regeneratif untuk menumbuhkan kembali gigi yang rusak. Terapi ini berguna untuk orang-orang yang tidak tumbuh giginya atau tanggal karena penyakit atau usia.


Sumber: reuters
Penulis: Wah
 
Bls: Gigi Tanggal Bisa Ditumbuhkan Lagi

ngapain harus ditumbuhkan lagi ? pake gigi emas kan baik, kapan-kapan bisa digadai !
 
Bls: Gigi Tanggal Bisa Ditumbuhkan Lagi

ng
apain harus ditumbuhkan lagi ? pake gigi emas kan baik, kapan-kapan bisa digadai !

hhahahaha........emasnya singapore apa asli gan..???
 
Back
Top