Januari Terpanas Dalam Sejarah

gupy15

Mod
Januari Terpanas Dalam Sejarah


Bulan Januari 2007 tercatat sebagai bulan Januari terpanas sepanjang sejarah. Suhu rata-rata selama sebulan kemarin mencapai 12,85 derajat Celcius atau 0, 85 derajat lebih panas dari rata-rata suhu bulan Januari selama abad ke-20.

Kenaikan suhu tercatat baik di darat maupun di laut sehingga secara umum memecahkan rekor suhu terpanas bulan Januari sebelumnya yang terjadi pada tahun 2002 yakni pada suhu 12,71 derajat Celcius. Bahkan suhu rata-rata di darat sebulan terakhir mencapai 1,88 derajat lebih panas dari rata-rata suhu bulan Januari dalam seabad.

Perubahan suhu yang cukup besar tercatat terjadi di kawasan belahan Bumi bagian utara yang jauh dari garis khatulistiwa. Pada bulan Januari lalu, sebagian besar Eropa Timur dan Russia merasakan kenaikan suhu lebih dari 4 derajat lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. kenaikan suhu lebih dari 2,5 derajat Celcius terjadi di sebagain besar Kanada. Akibat kenaikan suhu, 25 persen wilayah AS juga mengalami kekeringan.

Kondisi ini diperkirakan sebagai akibat efek El Nino yang terjadi sejak September hingga Januari. Selain itu, National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) melaporkan tren kenaikan suhu juga dipicu pemanasan global yang berlangsung saat ini. Jika tren pemanasan global tidak dapat ditekan, para ilmuwan memperkirakan tahun 2007 mungkin akan menembus rekor tahun terpanas.


Sumber: LiveScience.com
Penulis: Wah
 
Back
Top