kan Jantan Berekor Besar Lebih Seksi

gupy15

Mod
kan Jantan Berekor Besar Lebih Seksi



KCM - Bukan Sekadar Berita
LONDON, KAMIS - Makin besar makin seksi. Dalam khasanah seks, hal tersebut tidak hanya dianut sebagian orang, tapi ternyata juga berlaku di dunia ikan.

Para ilmuwan di Universitas Exeter dan Glasglow, Inggris menemukannya pada ikan ekor pedang hijau (Xiphophorus hellerii). Ikan betina lebih cepat dewasa jika melihat ikan jantan yang memiliki ekor pedang yang besar. Sebaliknya, ikan-ikan jantan muda terlihat memperlambat kedewasaannya jika di sekitarnya terdapat ikan-ikan jantan berkualitas tinggi yang ditandai ekor pedang yang besar.

Ikan jantan muda baik yang betina maupun yang jantan sepertinya paham dengan hal ini. Ikan jantan muda mungkin melakukannya untuk menahan diri sampai tingkat kompetisinya rendah. Sedangkan ikan betina muda berharap segera memperoleh pasangan terbaik.

"Ini merupakan bukti pertama yang menunjukkan ada spesies yang mengatur tingkat kedewasaan seksualnya dengan melihat lawan jenisnya," ungkap Craig Walling, peneliti dari Sekolah Biosains Universitas Exeter yang melaporkannya dalam jurnal Biology Letters edisi 14 Februari kemarin atau kebetulan tepat di Hari Valentine. Meskipun baru terbukti pada ikan pedang hijau, bukan tidak mungkin kecenderungan yang sama berlaku pada spesies ikan lainnya.

Ikan ekor pedang hijau banyak hidup di Amerika Tengah dan Amerika Utara. Bagian bawah ekor ikan jantannya memang berbentuk seperti pedang dan tumbuh dengan cepat menjelang masa kedewasaannya. Makin bsar organ ini makin menarik perhatian lawan jenisnya yang tidak memiliki ekor seperti pedang.


Sumber: reuters
Penulis: Wah
 

Attachments

  • ikan_pedang.jpg
    ikan_pedang.jpg
    16.5 KB · Views: 985
Back
Top