Ribuan Jenis Hewan Lunak Baru Ditemukan

gupy15

Mod
Ribuan Jenis Hewan Lunak Baru Ditemukan


MANILA, Selasa - Tim ekspedisi kelautan Prancis mengaku telah menemukan ribuan spesies baru hewan lunak (mollusca) dan udang-udangan di perairan Filipina. Tim yang terdiri dari sekitar 80 peneliti, teknisi, mahasiswa, dan sukarelawan dari 19 negara itu meneliti perairan sekeliling Pulau Panglao, Filipina, antara tahun 2004 hingga 2005.

"Banyak spesies yang kami teliti dan kami foto. Banyak di antaranya baru pertama kali terlihat, dan diperkirakan sekitar 150 hingga 250 udang-udangan serta 1.500 hingga 2.500 mollusca adalah spesies baru yang belum dikenal sebelumnya," begitu bunyi pernyataan pemimpin tim Philippe Bouchet dari Museum Sejarah Alam Nasional, Selasa (6/2).

"Meski begitu masih dibutuhkan pembandingan dengan semua spesies yang pernah diberi nama untuk meyakinkan apa yang kami temukan benar-benar baru bagi dunia," katanya. "Dan ini adalah proses yang panjang dan lama."

Tim ekspedisi mengatakan bahwa survei yang mereka lakukan telah ditemukan lebih dari 1.200 spesies udang-udangan berkaki delapan - dalam kelompok ini termasuk juga kepiting, udang, lobster - serta 6000-an spesies mollusca.


Sumber: AP
Penulis: wsn
 

Attachments

  • cangkang.jpg
    cangkang.jpg
    12.4 KB · Views: 345
Back
Top