Raden Wijaya - Raja Pertama Majapahit Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Sejarah & Budaya
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum


Raden Wijaya - Raja Pertama Majapahit




 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Raden Wijaya - Raja Pertama Majapahit

Raden Wijaya (atau dikenal dengan Nararya Sanggramawijaya) yang bergelar Kertarajasa Jayawardhana yang merupakan keturunan langsung dari wangsa Rajasa adalah pendiri dan raja pertama Majapahit (1293-1309).

Asal-usul dan Keluarga

Raden Wijaya adalah anak dari Rakeyan Jayadarma, raja ke 26 dari Kerajaan Sunda Galuh , dan Dyah Lembu Tal, seorang putri Singhasari.

Dyah Lembu Tal / Dyah Singhamurti
Ken Arok, raja pertama (1222-1227) Singhasari menikahi Ken Dedes, dan memiliki anak: Mahesa Wong Ateleng. Lalu ia memiliki anak: Mahesa Cempaka yang bergelar Narasinghamurti. Kemudian memiliki putri: Dyah Lembu Tal diberi gelar Dyah Singhamurti.

Rakeyan Jayadarma
Ia adalah raja ke-26 Kerajaan Sunda Galuh, anak dari Prabu Guru Dharmasiksa, raja ke-25 dari Kerajaan Sunda Galuh.

Setelah Rakeyan Jayadarma diracun oleh salah seorang bawahannya, dan tewas, Dyah Lembu Tal kembali ke Singhasari bersama Raden Wijaya. Raden Wijaya seharusnya menjadi raja ke 27 Kerajaan Sunda Galuh. Sebaliknya, ia mendirikan Majapahit di tahun 1293, setelah tewasnya raja Kertanegara, raja Singhasari terakhir, yang merupakan mertuanya, dan juga sepupu ibunya.

Dalam Babad Tanah Jawi, Raden Wijaya disebut sebagai Jaka Susuruh dari Pajajaran. Ia dibesarkan di lingkungan kerajaan Singhasari.

Keluarga
Raden Wijaya kemudian menikah dengan empat puteri dari raja Kertanagara, yaitu: Tribuaneswari (Sri Parameswari Dyah Dewi Tribuaneswari), Narendraduhita (Sri Mahadewi Dyah Dewi Narendraduhita), Pradnya Paramita (Sri Jayendra Dyah Dewi Pradnya Paramita), Gayatri (Sri Jayendra Dyah Dewi Gayatri) dan juga menikahi Dara Petak yang merupakan putri dari Raja Mauliwarmadewa dari Kerajaan Dharmasraya

Dalam pernikahannya dengan kelima putri tersebut, hanya Dara Petak dan Gayatri yang memberikan keturunan. Dara petak melahirkan seorang putra, yaitu Kalagemet atau yang dikenal dengan Sri Jayanegara. Sedangkan Gayatri melahirkan dua orang putri yaitu: Sri Gitarja dan Dyah Wiyat

Berdirinya Kerajaan Majapahit

Pada tahun 1289, Kubilai Khan (Kekaisaran Mongol) mengirim utusan ke Singasari untuk meminta upeti, namun ditolak dan dipermalukan oleh Kertanagara. Sementara itu, di dalam negeri, Jayakatwang memberontak terhadap Singasari. Kertanagara meninggal dalam serangan Jayakatwang pada tahun 1292. Raden Wijaya berhasil melarikan diri bersama Aria Wiraraja ke Sumenep (Madura) dan di sana ia merencanakan strategi untuk mendirikan kerajaan baru.

Atas anjuran Arya Wiraraja, Raden Wijaya berpura-pura tunduk kepada Jayakatwang, sambil meminta sedikit daerah untuk tempat berdiam. Jayakatwang yang tidak berprasangka apa-apa mengabulkan permintaan Raden Wijaya. Sang Raden diijinkan membuka hutan Tarik. Dengan bantuan sisa-sisa tentaranya dan pasukan Madura, ia membersihkan hutan itu sehingga layak ditempati. Pada saat saat itu, seorang tentara yang haus mencoba memakan buah Maja yang banyak terdapat pada tempat itu dan menemukan bahwa ternyata rasanya pahit. Sejak itu, daerah tersebut diberi nama "Majapahit".

Pada bulan November 1292, pasukan Mongol mendarat di Tuban dengan tujuan membalas perlakuan Kertanagara atas utusan Mongol. Namun, Kertanegara telah meninggal. Raden Wijaya memanfaatkan bersekutu dengan Mongol untuk menyerang Singhasari yang kini dikuasai Jayakatwang. Setelah kekuatan Jayakatwang dihancurkan, tahun 1293 Raden Wijaya balik menyerang pasukan Mongol, dan akhirnya Mongol meninggalkan tanah Jawa. Raden Wijaya kemudian mendirikan Kerajaan Majapahit bergelar Kertarajasa Jayawardhana, yang pusat istananya di daerah Trowulan (sekarang di wilayah Kabupaten Mojokerto).

Masa kekuasaan Raden Wijaya

Raden Wijaya dikenal memerintah tegas dan bijak. Aria Wiraraja yang banyak berjasa ikut mendirikan Majapahit, diberi daerah status khusus (Madura) dan diberi wilayah otonom di Lumajang hingga Blambangan. Nambi (putera Arya Wiraraja) diangkat menjadi patih (perdana menteri), Ranggalawe diangkat sebagai Adipati Tuban, dan Sora menjadi penguasa Dhaha (Kadiri). Dijadikannya Nambi sebagai patih membuat Ranggalawe tidak puas, karena ia merasa lebih berhak. Tahun 1295 Ranggalawe mengadakan pemberontakan, namun dapat dipadamkan.

Raden Wijaya digantikan oleh puteranya, Jayanagara.

Sumber: Wikipedia
Village Level

Post: 61
 
Reputasi: 0

__________________

 

    Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **







Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Raden Wijaya - Raja Pertama Majapahit

menurut Kitab Nagarakrtagama, Pararaton dan Harsyawijaya, Aryya Wiraraja-lah yang sesungguhnya menjadi otak dari pemberontakan Jayakatwang. Dia memberontak kepada Sri Krtanagara karena kedudukannya sebagai Demung di kutaraja, diturunkan menjadi adipati di Sungenep. Karena merasa diremehkan, maka Aryya Wiraraja memanfaatkan Jayakatwang yang notabene keturunan Sri Krtajaya (Kadiri) yang dulu ditaklukan oleh Sri Ranggah Rajasa (Ken Arok), yang adalah kakek buyut Sri Krtanagara.
aku aku is offline
Home Level

Post: 4
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Raden Wijaya - Raja Pertama Majapahit

Jayakatwang menyerang singashari atas bujukan aria wiraraja. Jayakatwang sakit hati karena leluhurnya pernah dikalahkan Ken Arok, sedangkan aria wiraraja disingkirkan dari jabatannya sebagai demung, dipindahkan ke Sumenep (pararaton), setelah singasari jatuh ke tangan jayakatwang, raden Wijaya mengungsi ke Madura untuk meminta bantuan kepada Aria Wiraraja. Akhirnya atas usul Aria Wiraraja, Raden Wijaya diminta mengabdi kepada Jayakatwang. Setelah Raden Wijaya dipercaya, beliau meminta untuk membuka hutan Tarik. Jayakatwang setuju, pada waktu membuka hutan tarik Aria Wiraraja mengirimkan orang-orang Madura untuk membantu Raden Wijaya. Aria Wiraraja meminta Raden Wijaya menjalankan politik Ajala Sotra, yaitu melakukan tindakan dengan penuh kehati-hatian. Raden Wijaya diminta tidak tergesa-gesa untuk menyerang Jayakatwang. Penyerangan dilakukan dengan strategi yang sangat jitu, karena pada waktu menyerang Jayakatwang, juga memanfaatkan tentara Tartar. Setelah tentara jayakatwang mulai kewalahan, tentara taratar yang selama ini membantu balik diserang olah raden Wijaya. Sejak itulah sejarah Majapahit dimulai.
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Raden Wijaya - Raja Pertama Majapahit

wah raden Wijaya tuh berarti pinter ya, bisa memanfaatkan tenaga lawan....

kayak tai chi master yaa..
srigalaceta
City Level

Post: 181
 
Reputasi: 37

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Raden Patah, pendiri Kesultanan Demak jaketmerah Sejarah & Budaya 1
Airlangga Raja pertama Kerajaan Kahuripan jaketmerah Sejarah & Budaya 0
Hidup Raja Firaun andree_erlangga Humor 0
Majapahit langit_byru Sejarah & Budaya 0
Perangkap Raja andree_erlangga Humor 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.