Warga Slovenia Tolak Persamaan Hak Pasangan Gay dengan Pasangan Normal

spirit

Mod
Berdasarkan hasil referendum parsial pada hari Minggu (25/3), Slovenia melakukan voting untuk menentang pemberian hak yang sama kepada pasangan gay seperti pasangan heteroseksual yang normal. Komisi pemilihan Slovenia menyatakan lebih dari setengah peserta voting menolak RUU keluarga yang diusulkan.

"Dengan 87,8 persen dari suara yang sudah dihitung, hasil penelitian menunjukkan bahwa 56,45 persen pemilih menolak RUU keluarga baru yang diusulkan, sementara 43,55 persen mendukungnya," ujar komisi pemilihan seperti dikutip dari AFP, Senin (26/3/2012).

Menurut hukum Slovenia, jika RUU ditolak dalam referendum maka tidak bisa dilanjutkan ke parlemen untuk disetujui selama 12 bulan berikutnya.

Organisasi sipil konservatif yang didukung oleh Gereja Katolik menentang RUU Keluarga tersebut disahkan oleh parlemen pada bulan Juni 2011. Mereka telah mengumpulkan 40 ribu tanda tangan yang diperlukan untuk mengajukan referendum dalam upaya menolak RUU tersebut.

Perdana Menteri dari Partai Demokrat Slovenia, Janez Jansa, turut menolak pelaksanaan RUU keluarga tersebut.

Di dalam RUU tersebut, pasangan homoseksual dapat mendaftarkan hubungan mereka dan mencapai status hukum yang sama dengan pernikahan, termasuk isu-isu seperti kepemilikan properti, warisan, dan rumah sakit.

Satu-satunya yang tidak disebutkan adalah masalah adopsi. Di dalam RUU tersebut, pasangan normal bisa mengadopsi anak, namun pasangan gay tidak bisa bersama-sama mengadopsi anak.


detik.com
 
Back
Top