Pembangunan Rusunami Ternyata Baru 10% Dari Target

GuruRumah

New member
Sumber : http://www.rumah.com/berita-properti

RumahCom - Deputi Bidang Perumahan Formal Kementerian Perumahan Rakyat, Pangihutan Marpaung mengatakan, program pembangunan Rusunami 1.000 tower saat ini baru tercapai 138 tower atau sekitar 10%. Hal itu disampaikannya dalam kegiatan Sosialisasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pangihutan berharap dukungan pemerintah daerah untuk memberikan kemudahan perizinan, retribusi, serta bantuan infrastruktrur yang memadai, agar program pembangunan Rusunami dapat terlaksana dengan baik. Menurut Paul—demikian Pangihutan akrab disapa—dukungan Pemda sangat vital dalam pelaksanaan program ini. Pasalnya, masalah zonasi pembangunan, retribusi, serta dukungan infrastruktur dimana Rusunami tersebut akan dibangun, adalah kewenangan Pemda setempat.

“Masalah perizinan dari Pemda dalam program 1.000 tower sangat penting, sebab pengembang membutuhkan kepastian hukum lahan serta zonasi untuk perumahan apabila mereka ingin membangun hunian vertikal tersebut,” kata Paul.

Pangihutan mengingatkan Pemda agar tidak mengulangi terjadinya penyegelan bangunan Rusunami yang pemancangan tiang pertamanya dihadiri pejabat pemerintah—seperti yang pernah terjadi beberapa waktu lalu.

“Perlu diingat, tujuan dilaksanakannya pembangunan Rusunami juga untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) agar dapat menghuni rumah yang layak,” tuturnya. “Pemda perlu memastikan perizinan serta zonasinya. Jangan sampai beberapa bulan setelah pemancangan tiang Rusunami malah disegel.”

Anto Erawan
(antoerawan@rumah.com)
 
Back
Top