Narsisme Artinya Adalah

MOROMENTHOL

New member
kata "NARSIS" berasal dari bahasa inggris narisisisme (inggris) atau narisme (bahasa belanda) adalah rasa menyukai dirinya sendiri secara berlebihan. Perasaan mencintai diri sendiri adalah hal yang wajar namun bila berkelanjutan akan menjadi menimbulkan perasaan sombong akibat dari suka pamer.

Adalah sigmud Freud yang menggunakan kata narsis ini pertama kali. Mengambil dari seorang tokoh di mitos Yunani yaitu, Narkissos (dalam bahasa latin : Narcissus) terkena kututukan sehingga dia mencintai bayangan dirinya sendiri dalam kolam. Secara tidak sengaja dia menjulurkan tangannya sampai tenggelam dan menumbuhkan bunga yang indah yang hingga saat ini dijuluki bunga narsis.

Narkissos.jpg

narcissus_poeticus_flower-298x300.jpg

Bawaan Sejak Lahir
Sifat narsis ini adalah bawaan sejak lahir. Yang bisa ketahui tanda-tandanya dari bayi yang cuek.

Narsis Memotivasi Diri
Perasaan narsis yang tidak berlebihan akan bisa menimbulkan ego yang cukup untuk membangun semangat diri. Pada tahap ini seseorang yang narsis akan tidak peduli terhadap prestasi tinggi orang lain mereka akan berkata “orang lain saja bisa kenapa kita tidak?”

Membangun Rasa Percaya Diri
Sifat narsis bisa membangun rasa percaya diri ini terbukti ketika banyak orang mengagumi dirinya di cermin maka mereka akan percaya atas kemampuan dirinya sendiri tidak memandang orang lain.

Narsis Yang Berlebihan
Seperti yang dikatakan di atas, sifat narsis bisa membangun ego positif dan rasa percaya diri namun narsisme yang berlebihan akan mengakibatkan seseorang egois.

Meremehkan Kemampuan Orang
Jika difikirkan secara logis orang yang narsis yang terus menerus akan meremehkan orang lain , karena mereka menganggap dirinya paling hebat.



Sumber : www.terbaru.in
 
Narsisisme (dari bahasa Inggris) atau narsisme (dari bahasa Belanda) adalah perasaan cinta terhadap diri sendiri yang berlebihan. Orang yang mengalami gejala ini disebut narsisis (narcissist). Istilah ini pertama kali digunakan dalam psikologi oleh Sigmund Freud dengan mengambil dari tokoh dalam mitos Yunani, Narkissos (versi bahasa Latin: Narcissus), yang dikutuk sehingga ia mencintai bayangannya sendiri di kolam. Tanpa sengaja ia menjulurkan tangannya, sehingga ia tenggelam dan tumbuh bunga yang sampai sekarang disebut bunga narsis.
Sifat narsisisme ada dalam setiap manusia sejak lahir[1], bahkan Andrew Morrison berpendapat bahwa dimilikinya sifat narsisisme dalam jumlah yang cukup akan membuat seseorang memiliki persepsi yang seimbang antara kebutuhannya dalam hubungannya dengan orang lain[2]. Narsisisme memiliki sebuah peranan yang sehat dalam artian membiasakan seseorang untuk berhenti bergantung pada standar dan prestasi orang lain demi membuat dirinya bahagia. [3] Namun apabila jumlahnya berlebihan, dapat menjadi suatu kelainan kepribadian yang bersifat patologis. Kelainan kepribadian atau bisa disebut juga penyimpangan kepribadian merupakan istilah umum untuk jenis penyakit mental seseorang, dimana pada kondisi tersebut cara berpikir, cara memahami situasi dan kemampuan berhubungan dengan orang lain tidak berfungsi normal. Kondisi itu membuat seseorang memiliki sifat yang menyebabkannya merasa dan berperilaku dengan cara-cara yang menyedihkan, membatasi kemampuannya untuk dapat berperan dalam suatu hubungan. Seseorang yang narsis biasanya memiliki rasa percaya diri yang sangat kuat, namun apabila narsisme yang dimilikinya sudah mengarah pada kelainan yang bersifat patologis, maka rasa percaya diri yang kuat tersebut dapat digolongkan sebagai bentuk rasa percaya diri yang tidak sehat, karena hanya memandang dirinya lah yang paling hebat dari orang lain tanpa bisa menghargai orang lain. [4]

494px-Michelangelo_Caravaggio_065.jpg


Narkissos atau Narsisus jatuh cinta terhadap dirinya sendiri. Lukisan karya Michelangelo Caravaggio.
 
iyaa kalau dikaitkan dengan jaman sekarang, orang-orang narsis itu yang banyak fotonya, yang berarti mereka sangat suka melihat diri mereka sendiri
 
anak/cucunya(lupa aku) Zeus yg mencintai dirinya sendiri.
bentuk bunganya:
Adonis_vernalis_gonsenheim.jpg
 
Last edited:
Back
Top