Kenapa Kapasitas RAM Notebook saya berkurang? Berikut penjelasannya! Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Komputer
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum


Kenapa Kapasitas RAM Notebook saya berkurang? Berikut penjelasannya!




 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Laptop/Notebook] Kenapa Kapasitas RAM Notebook saya berkurang? Berikut penjelasannya!

Bagi para pemilik notebook pasti ada yang bertanya-tanya, "mengapa kapasitas RAM notebook saya ga sesuai dengan spesifikasi yang tertulis ya?" naahh berikut penjelasannya nih gan..cekidot !!

Sebagian besar dari Anda pasti pernah menanyakan hal yang sama. Mengapa memori RAM yang terinstall pada sebuah notebook atau netbook besarnya tidak sama dengan yang tertera dalam system memori laptop tersebut. Contohnya, sebuah laptop dengan RAM terinstall sebesar 4 GB hanya terbaca sebagai 3,120 MB di memori sistem.

Anda mungkin bingung dan menyangka ada memori yang ‘hilang’ atau mengira bahwa ternyata memori yang ada tidak sama dengan yang dijanjikan.Ada beberapa penjelasan untuk hal ini:
  • Kapasitas maksimum RAM dalam sebuah PC. Notebook atau netbook memiliki limit support RAM yang berbeda-beda dan hanya bisa diinstal atau diupgrade sesuai dengan spesifikasi yang tertera, tidak bisa melebihi jumlah maksimum yang disupport. Misalnya, RAM 4GB diinstal pada laptop yang hanya mensupport RAM sebesar 2 GB. Tentu memori sebesar 2GB sisanya tidak akan terbaca.
  • VGA dengan shared memory. Jika RAM tidak melebihi kapasitas yang disupport oleh motherboard dan OS-nya mendukung, maka saat dicek di System Properties, akan terbaca sama dengan RAM yang terpasang. Namun bila VGA yang terpasang di notebook adalah VGA dengan shared memory, maka kapasitas RAM yang bisa dipakai tetap menjadi berkurang.
  • Batasan dari OS yang berjalan dalam versi tertentu. Setiap OS Windows punya beberapa versi. Masing-masing versinya memiliki batasan physical memory. Contoh: batas physical memory untuk Windows 7 versi 32bit adalah 4GB. Namun, dari jumlah ini, tidak dapat digunakan seluruhnya karena sisanya dipakai oleh hardware lain (misalnya VGA atau PCI bus. Untuk Windows 7 versi 64bit pun memiliki limit yang berbeda-beda tergantung edisi Windows 7 yang Anda miliki. Berikut daftarnya:



Sekarang Anda sudah tahukan, mengapa ada perbedaan antara RAM yang terinstal dan RAM yang dapat terbaca. Kini Anda tidak perlu bingung mencari kemana ‘hilang’nya sebagian kecil memori RAM di notebook Acer kamu.

Sumber
Village Level

Post: 74
 
Reputasi: 5

 

    Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **


Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
RCB (refferal cash back) 100% bagi yang menjadi ref saya di beberapa PTC berikut rin0 Bisnis Online 0
Kenapa Gaji Saya Selalu Habis Ya..?? gusrus Keluarga & Berumah Tangga 2
Kenapa Saya Gagal Mengubah Hidup Gia_Viana Psikologi & Self-Help 2
Kenapa disebut Notebook irigster Komputer 1
Kenapa Ya Anak Saya Gak Mau Jalan Sendiri ? nurcahyo Kesehatan 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.