Tiga Hal Yang Membuat Teh Menjadi Pahit

Dulkoplak

New member

Pada dasarnya, ketika diseduh teh tidak memiliki rasa pahit, namun ada 3 hal yang bisa menyebabkannya memiliki rasa pahit. Ketiga hal tersebut adalah pertama kesalahan ketika menyeduhnya, kualitas daun tehnya, dan asal daun teh.

Kesalahan ketika diseduh diakibatkan karena ketika sedang menyeduh teh, suhu airnya terlalu tinggi, sehingga menyebabkan teh mengeluarkan senyawa tannin (senyawa bakteri) yang menimbulkan rasa pahit. Menyeduh teh secara terus-menurus di dalam air juga tidak bagus untuk rasa tehnya.

Kualitas daun teh yang menjadikan teh mempunyai rasa pahit adalah karena kebanyakan teh celup menggunakan teh dengan kualitas yang rendah. Salah satu ciri teh yang berkualitas adalah daun teh yang masih terlihat, namun pada teh culup daun tehnya sudah hancur.

Hal terakhir yang menyebabkan rasa teh menjadi pahit adalah asal daunnya. Karena kualitas daun teh yang paling bagus ialah daun teh yang ada di pucuk, atau tiga pucuk pertama. Sedangkan pada daun keempat dan kelima kualitas daun dan aromanya sudah menurun.
 
Back
Top