apakah flash dan java berbeda dan saling berkompetisi?

Beda deh kyaknya, kalau Flash program grafis multimedia keluaran Macromedia yang biasanya dipakai buat bikin web sedangkan java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer dan biasanya di beberapa telepon genggam ada yang bisa..... ;)
 
Beda
Java di buat dan dikembangkan oleh Sun Microsystem (sebelum gabung ke Oracle) merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi namun syntaxnya hampir mirip sma bahasa C/C++. Prinsip Java amat sederhana yaitu WORA (Write Once Run Everywhere). Apalagi setelah masuknya seri J2 (Java 2) membuat perkembangan Java semakin pesat. Yg pernah pegang HP sekitar 5 tahun kebelakang pasti akrab sama yg namanya file *.jar (Bhkn smp sekarang *.jar ms eksis walopun dah di gempur abis2an sm android, Iphone, BB dan bentar lg winblos). Itu salah satu J2 series yg masuk ke dunia HP. Bhkn dalam dunia server Java hadir dengan nama Tomcat dari Apache Server Foundation dulu project Tomcat pertama kali dikenal sebagai Project Jakarta Tomcat.

Flash dikembangkan oleh Macromedia sebelum di akuisi oleh Adobe. Tujuan utama Flash adalah "mempercantik" tampilan web (walopun web yg pk flash beratnya ampun2nan... :( ) flash fokus di tampilan grafis, jadi berbeda dgn Java yg merupakan bahasa pemrograman, Flash lbh di tujukan sebagai kosmetiknya web. Thn 2011 merupakan thn terberat bg Flash sebab Adobe mengumumkan menghentikan project Flash utk peralatan mobile dan memfokuskan pada pengembangan Adobe Air.

Berkompetisi? Ngaak lah, mungkin karena penerapan Java di web jadi seolah2 mereka saling berkompetisi (inget bro... Java tu bhsa pemrograman, jd terserah programmernya mo dibuat apa tu Java)
 
beda, kalaupun diadu, masih menang jauh si java, java is everywhere (begitu kata dia)

  • 1,1 miliar PC desktop menjalankan aplikasi Java
  • Java Runtime Environment didownload 930 juta kali setiap tahun
  • 3 miliar ponsel menggunakan Java
  • Ponsel dengan java dipesan 31 kali lebih banyak setiap tahunnya dibandingkan Apple dan Android
  • 100% dari semua Blu-ray player menggunakan Java
  • 1,4 miliar card berbasis java diproduksi setiap tahun
  • Java juga dijalankan pada set-top box, printer, Web Cams, permainan, sistem navigasi mobil, terminal lotre, peralatan medis, stasiun parkir pembayaran, dan banyak lagi.
 
Back
Top