?10 Menteri layak diganti?

andree_erlangga

New member
Sebanyak 10 menteri dari 38 anggota Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) dinilai layak diganti dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diminta tidak ragu-ragu untuk melakukan reshuffle kabinet.
Penilaian tersebut merupakan hasil diskusi 24 organisasi kemasyarakatan (Ormas) dan lembaga swadya masyarakat (LSM) yang dikoordinasi Ormas Relawan Bangsa, di Jakarta, Selasa (20/2).
?Mengingat reshuffle merupakan hak prerogatif Presiden, maka keputusan reshuffle tentu berada di tangan Presiden. Ini hanya masukan dari kami selaku elemen masyarakat,? kata Prabowo Suryono, dari Relawan Bangsa.
Ke-10 menteri yang dinilai layak diganti adalah Menhub Hatta Radjasa, Menneg BUMN Sugiharto, Menneg Pemberdayaan Perempuan Meutia Farida Hatta, Menteri Perumahan Rakyat Yusuf Asy?ari (lihat tabel).
Sementara menteri atau pejabat setingkat menteri yang dinilai memiliki kinerja baik adalah Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda, Menkominfo Sofyan Djalil, serta Kapolri Jenderal Pol Sutanto. ?Sisanya bernilai cukup. Jadi masih bisa dipertahankan di kabinet,? katanya.
Ketua Umum DPN Relawan Bangsa Suaib Didu menambahkan, untuk meningkatkan kinerja kabinet, pihaknya mendukung Presiden
melakukan reshuffle kabinet.
Dikatakannya, ada beberapa alasan yang membuat reshuffle perlu dilakukan. Pertama, ada beberapa menteri yang dalam mengambil keputusan sarat dengan kepentingan golongan dan kelompok politik.
Kedua, ada beberapa menteri yang tidak memiliki program yang jelas, pasif, bahkan tidak menguasai bidang tugas yang dipercayakan presiden kepadanya.
?Juga ada menteri yang terkesan jalan sendiri, kurang konsolidasi, serta menyerahkan segala persoalan yang dihadapi kepada presiden,? katanya.
Sementara itu Muhtar HP dari Masyarakat Anti Korupsi (Matikor) menyatakan, tiga faktor yang menjadi alasan perlunya dilakukan reshuffle adalah adanya menteri yang lebih patuh pada partai pengusungnya daripada Presiden, tidak mengerti tugasnya, serta posisinya tidak sesuai dengan bidang keahliannya.

10 Menteri yang dinilai layak diganti

Nama Jabatan

Hatta Radjasa Menteri Perhubungan
Sugiharto Menneg BUMN
Meutia Farida Hatta Menneg Pemberdayaan Perempuan
Yusuf Asy?ari Menteri Negara Perumahan Rakyat
Hamid Awaludin Menekun & HAM
Maftuh Bayuni Menteri Agama
Mari Elka Pangestu Menteri Perdagangan
Anton Apriyantono Menteri Pertanian
Siti Fadillah Supari Menteri Kesehatan
Jero Wacik Menbudpar.

sumber : SOLOPOS Digitalmedia
 
Back
Top