SSD Sebagai Media Penyimpanan Dengan Kinerja Cepat Pada Notebook!

zoltan01

New member
Kini saat membeli laptop, kamu tidak hanya dihadapkan pada pilihan berapa kapasitas harddisk yang kamu inginkan, tapi juga apa media penyimpanan yang kamu mau. Yap, saat ini, selain hard disk drive (HDD), kini hadir solid state drive (SDD) sebagai media penyimpanan di laptop.

Apa itu SSD dan apa perbedaannya dengan HDD yang biasa dipakai pada laptop? SSD merupakan media penyimpanan yang menggunakan non volatile memory sebagai media, berbeda dengan HDD yang menggunakan cakram magnetis sebagai medianya.

acer-aspire-s5.jpg


Seperti halnya memory stick, tidak ada bagian yang bergerak di dalam SSD. Informasi di simpan dalam microchips. Inilah yang menyebabkan kinerja SSD lebih cepat dibandingkan HDD pada umumnya.

Jika pada HDD, kontak dengan magnet bisa menghapus data, hal ini tidak akan terjadi pada SSD. Selain itu, karena tidak ada bagian yang bergerak dan berputar di dalam SSD maka kamu tidak akan mendengar ‘suara’ keluar dari laptop atau merasakan getaran dari dalam laptop-mu. Untuk menjalankan SSD juga diperlukan energi yang lebih sedikit dibanding HDD. Pada Windows 7, bootup time SSD lebih cepat jika dibandingkan dengan HDD.

Saat ini beberapa laptop Acer juga telah menerapkan teknologi SSD sebagai penyimpanan lho. Meski tetap dibarengi dengan pemakaian HDD. Tipe laptop Acer yang sudah memakai SSD adalah Travelmate 8481G, serta Ultrabook Aspire S3.

Acer-Aspire-S5-3-625.jpg


Dibalik segala kelebihannya, tentu SSD juga memiliki kekurangan dibandingkan HDD. Beberapa diantaranya adalah kapasitas penyimpanannya yang saat ini belum terlalu besar hingga harganya yang masih relatif mahal. Jadi, keputusan untuk menggunakan SSD atau HDD pada laptop-mu tentu kembali lagi ketanganmu. Namun, kenapa harus memilih jika di laptop Acer kamu bisa mendapatknya keduanya?

Source
 
Back
Top