apakah sebelum 1 masehi sudah ada penanggalan kalender lainnya?

zingga

New member
apakah sebelum 1 masehi sudah ada penanggalan kalender lainnya? siapa yang menentukan tanggal 1 januari 1? apakah kita harus ikuti masehi atau lainnya?
 
apakah sebelum 1 masehi sudah ada penanggalan kalender lainnya? siapa yang menentukan tanggal 1 januari 1? apakah kita harus ikuti masehi atau lainnya?

ada penanggalan lain sebelum 1 Masehi d antaranya penanggalan IMLEK dari china

Imlek (lafal Hokkian dari 阴历, pinyin: yin li, yang artinya kalender bulan) atau Kalender Tionghoa adalah kalender lunisolar yang dibentuk dengan menggabungkan kalender bulan dan kalender Matahari.

Kalender Tionghoa sekarang masih digunakan untuk memperingati berbagai hari perayaan tradisional Tionghoa dan memilih hari yang paling menguntungkan untuk perkawinan atau pembukaan usaha. Kalender Tionghoa dikenal juga dengan sebutan lain seperti "Kalender Agrikultur" (nónglì 农历/農曆), "Kalender Yin 阴历/陰曆" (karena berhubungan dengan aspek bulan), "Kalender Lama" (jìulì 旧历/舊曆)

Kalender Tionghoa atau kalender IMLEK mulai dikembangkan pada abad ke-3 SM, konon ditemukan oleh penguasa legendaris pertama, Huáng Dì, yang memerintah antara tahun 2698 SM-2599 SM, dan dikembangkan lagi oleh penguasa legendaris ke-4, Kaisar Yáo. Siklus 60 tahun (gānzhī atau liùshí jiǎzǐ) mulai digunakan pada milenium ke-2 SM. Kalender yang lebih lengkap ditetapkan pada tahun 841 SM pada zaman Dinasti Zhōu dengan menambahkan penerapan bulan ganda dan bulan pertama setiap tahun dimulai dekat dengan titik balik Matahari pada musim dingin.
 
Back
Top