Malaysia Segera Patenkan Tarian Tor-Tor Sebagai Warisan Budayanya

spirit

Mod
Kementerian Informasi, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia akan segera mengakui tarian Tor tor dan Gondang Sambilan yang selama ini dikenal di masyarakat Sumatera Utara, sebagai warisan kebudayaan nasional negeri jiran.

Dikutip dari Bernama.com, Menteri Informasi, Komunikasi, dan Kebudayaan Datuk Seri Dr Rais Yatim mengatakan, tarian Tor Tor dan alat musik Gordang Sambilan akan didaftarkan dalam Seksyen 67 sebagai Akta Warisan Kebangsaan 2005.

"Tetapi (pengakuan) dengan syarat pertunjukan yang harus dimiliki, yang berarti tarian itu dipertunjukan bersamaan ketukan drum yang dimainkan di depan orang banyak," kata Rais di hadapan wartawan usai membuka pertemuan komunitas Mandailing, Kamis (14/6/2012) waktu Malaysia.

Rais menambahkan, promosi seni dan budaya Mandailing sangat penting, karena dapat membuka asal usul budaya tersebut, disamping menyatukan dengan komunitas lainnya. [detik]
 
wahhh...
berawal dari hal kecil kayak gini yang bisa bikin naik darah.
semua aja di claim.
dasar sirik, kalau mau msh banyak kebudayaan luar juga,
napa di indonesia aja ?
ini sih dah jelas kl ina emang punya kebudayaan yang bagus dari pada kalian.
 
JAKARTA: Klaim Malaysia atas tari Tor-tor dan Paluan Gondang Sambilan dari Tanah Batak dianggap seniman Mandailing Herman Rangkuti sebagai momen positif untuk mengangkat budaya Batak sebagai warisan dunia.

“Kami melihat hal ini dari sisi positif saja untuk mengangkat Tor-tor Batak sebagai warisan dunia,” katanya ketika dihubungi di Jakarta, Senin (18/6).

Herman mengimbau kepada pemerintah agar memperhatikan dan mengangkat Tor-tor dan Paluan Gondang Sambilan.

“Bisa saja melayangkan protes tapi harus segera diperhatikan dan diangkat agar tidak diklaim,”tegas Rangkuti.

Menurut dia, dilihat dari segi sejarahnya Malaysia tidak mungkin memiliki tarian Tor-tor dan Paluan Gondang Sambilan karena suku Mandailing sudah ada di Tanah Batak walaupun ada yang bermigrasi ke Malaysia.

Tarian Tor-tor menurut Herman memiliki nilai budaya dan sejarah yag tinggi sampai orang luar pun mau mengakuinya.

“Tidak mungkin mereka mau mengakui begitu saja jika nilainya tidak tinggi,” tambahnya.

Rangkuti menambahkan Himpunan Keluarga Mandailing di Jakarta sedang berkoordinasi terkait rencana klaim Malaysia terhadap tari Tor-tor dan Paluan Gondang Sambilan.

Sumber : kabar24.com
 
Back
Top