Info dan Tips Jenis Bunga-bunga

VinzRooney

New member
klo ada yang suka adenium tolong kasih tips merawat n mempercantik taneman ini donk.. pengen mempelajari nich.. Thx sebelomnya.. :)
 
Jenis-jenis tanaman hias

Ada banyak jenis tanaman hias, ayo berbagi infonya di sini...

ANe mulai dengan: Kantong Semar.....
nama latin nya: Nepenthes spp.

Walaupun belum sepopuler Anggrek, tapi tanaman hias ini punya keunikan tersendiri: ada kantong di bagian bawahnya yg bisa menangkap serangga (kecoa, lalat, nyamuk,dll). Dan memang serangga ini justru menjadi makanannya sehingga kantong semar tidak memerlukan pupuk lagi.
Asik kan serangga jadi ngacir nih dari rumah kita...

Bagi pemula disarankan mengambil kantong semar dari hasil budi daya karena biasanya akarnya udah jadi. Sementara untuk media tanamnya disarankan memilih yang mudah, murah, dan tidak cepat busuk. "Misalnya humus dan cocopeat. Jangan memakai media tanah karena padat dan mudah busuk."

Nama lainnya dari kantong semar adalah periuk monyet (Riau), kantong beruk (Jambi), ketakung (Bangka), dan sorok raja mantri (Jawa Barat).

Selamat berbudi daya tanaman hias...
 

Attachments

  • Kantong semar.jpg
    Kantong semar.jpg
    8.8 KB · Views: 1,091
Acalypha

Acalypha

Akalipa adalah kelompok semak berkayu yang mempunyai pertumbuhan cepat. Tanaman ini tidak cocok diletakkan dalam ruangan. Tanaman ini butuh kelembaban tinggi. Kondisi udara yang kering akan menyebabkan daun gugur dan munculnya serangan tungau merah. Agar tanaman tetap dalam kondisi vigor perlu dilakukan pemangkasan secara teratur setiap tahun, pemangkasan dilakukan sampai ? ukuran. Bunga yang mati dan bunga yang muncul pertama sebaiknya dibuang.

Tipe:

* Acalypha hipsida = Chenille Plant = Red Hot Castail, belukar dengan tinggi 6 kaki, bunga biasanya berwarna merah, varietas Alba bunganya berwarna putih.
* Acalypha wilkesianan = Copperleaf = Daun tembaga
* Warna daun merah tembaga cerah, panjang daun lebih kurang 5 inci, berbentuk semak dengan tinggi 4 kaki. Varietas yang bagus Godsefiana (warna dasar hijau dengan pinggiran putih) Musaica (merah, kuning dan perak)

Tips:

* Suhu hangat, 65-80 F
* Cahaya penuh sebaiknya bukan matahari langsung
* Pemberian air secara teratur agar media tetap lembab
* Penggantian media 1 kali setahun
* Perbanyakan dengan stek batang
 
Acorus

Acorus

Termasuk jenis rumput-rumputan, berbentuk lempengan kipas tipis dengan daun hijau bergaris putih. Tanaman ini sangat baik untuk tanaman dasar karena mampu bertahan pada kondisi yang minimum. Tidak terpengaruh dengan kelebihan air, kekeringan ataupun kondisi malam yang dingin. Tanaman ini mempunyai beberapa masalah diantaranya pucuk daun akan menjadi coklat bila media kekurangan air, jika kondisi ruangan hangat serangan kutu laba-laba merah dapat menjadi masalah.

Tipe:

* Hanya ada 1 varietas budidaya Acorus gramineus varigatus = Sweet Flag. Berwarna putih dengan garis-garis , sangat baik untuk terrarium.

Tips:

* Menyukai suhu dingin
* Cahaya penuh, ? ternaungi sebaiknya bukan matahari langsung
* Pemberian air secara teratur, jaga media tetap lembab
* Penggantian media bila perlu
* Perbanyakan dengan rhizome
 
Aglaonema

Aglaonema

Termasuk tanman hias daun mempunyai daun yang besar seperti tombak mempunyai batang yang pendek. Aglaonema varietas hijau mempunyai kelebihan mampu tumbuh pada kondisi cahaya yang minim, untuk varietas varigata memerlukan cahaya yang lebih terang. Untuk daerah Eropa kelebihan tanaman yang lambat pertumbuhannya ini adalah toleransinya terhadap naungan sehingga bisa diletakkan di dalam ruangan.Tanaman ini perawatannya cukup mudah. Letakkan tanaman ini pada pot yang dangkal, jaga jangan sampi kekeringan dan hindarkan dari udara yang berasap.

Aglaonema adalah tanaman yang lambat tumbuh dan membutuhkan pemupukan teratur. Pada specimen muda tidak mempunyai batang, sedangkan yang tua mempunyai batang pendek bekas pangkal daun yang gugur.

Tipe:

* Aglaonema pictum, termasuk jenis yang kecil daun berbintik-bintik, permukaan seperti beludru.
* A.nitidum, merupakan jenis yang besar daun berwarna hijau biasa
* A.modestum, merupakan jenis variegata
* A.commutatum, daun mempunyai garis-garis tebal horizontal berwarna perak
* A.pseudobractearum = Golden Evergreen, daun mempunyai bercak kuning, putih tulang dan hijau tua
* A.commutatum silverspear , merupakan varietas yang menarik dengan hibrida-hibridanya adalah A. silverqueen dan A. silverking , warna daun hampir keseluruhan didominasi warna hijau keperakan.

Tips:

* Suhu hangat, minimal 60 F
* Cahaya ? penuh, hindarkan matahari langsung
* Pemberian air teratur
* Penggantian media 3 tahun sekali
* Perbanyakan dengan stek pangkal batang dan perundukan
 
Allamanda

Allamanda

Tanaman merambat yang akan lebih populer jika kondisinya lebih kuat. Daun mengkilat bunga besar berbentuk terompet dengan warna kuning. Sangat tergantung pada kelembaban udara dan jumlah penyinaran, sehingga cocok untuk diluar ruangan.

Tipe:

* Allamanda catharica = Golden Trumpet ada 2 varietas yaitu Grandiflora bunga kuning pucat tersusun rapat, Hendersonii tunas merah, bunga keemasan.

Tips:

* Suhu hangat minimal 60 F
* Cahaya matahari langsung
* Pengairan: jaga kondisi tetap basah
* Penggantian media : 1 tahun sekali
* Perbanyakan : stek batang
 
Alocasia

Alocasia

Tanaman ini mempunyai batang yang tegak untuk menunjang daunnya yang berbentuk seperti panah besar. Tulang daun berwarna pucat. Tanaman ini tidak begitu toleran dalam ruangan sehingga harus dikembalikan ke lapang dengan perawatan intensif setelah beberapa bulan di dalam ruangan.

Tipe:

* Alocasia sanderiana = Kris Plant warna daun hijau metalik dengan batas berlekuk.
* A. amazonica, jenis ini lebih mudah ditemukan , warna daun lebih tua sangat kontras dengan tulang daunnya yang putih.

Tips:

* Suhu hangat, minimal 60 F
* Ternaungi dari cahaya
* Pengairan: jaga media tetap lembab
* Penggantian media : 1 tahun sekali
* Perbanyakan : pemisahan tanaman
 
Achimenes

Achimenes

Varietas achimenes modern menghasilkan banyak bunga berukuran besar diantara daun-daun berambut yang berkilauan. Varietas yang tersedia berwarna putih, biru, ungu, merahmuda dan kuning. Umur mekar bunga sangat pendek, tangkai bunga lemah dan liat. Tanaman ini cocok untuk tanaman gantung, jika ingin membuatnya sebagai tanaman semak harus sering dilakukan pemotongan pada bagian tanaman yang menjalar. Perawatan tanaman ini relatif mudah yaitu dengan menjaga tanaman tetap dalam kondisi udara hangat dan media jangan sampai kering.

Tipe:

* Achimenes erecta (A. coccinea). Tidak seperti namanya tipe ini adalah tipe pemanjat dengan panjang batang sekitar 18 inci, warna batang kemerahan dan bunganya berwarna merah cerah.
* A.longifolia. Panjang daun sekitar 3 inci, merupakan kelompok tanaman pemanjat dengan tinggi 1-1,5 kaki. Warna bunga biasanya ungu dengan bintik putih.
* A.grandifloria. Spesies ini termasuk yang jarang ditemukan.Merupakan spesies yang paling panjang (2 kaki), saat berbunga batang akan terkulai, lebar bunga 2 inci.
* Hibrida terdiri dari berbagai varietas dengan warna bunga bervariasi, diantaranya merah muda untuk varietas Rose, Little Beauty, Pink Beauty, warna ungu untuk varietas Purple King dan Paul Arnold, warna kuning Yellow Beauty, warna putih Schneewitsen, warna merah Master Ingram dan warna putih denga urat ungu Ambroise Verschaffelt.

Tips:

* Suhu hangat, minimal 55 F
* Tidak boleh terkena cahaya matahari langsung
* Jaga kondisi media tetap lembab
* Penggantian media 1 tahun sekali
* Perbanyakan dengan stek batang
 
Anyelir/Carnation

Anyelir/Carnation (Dianthus caryophyllus L.)

Tanaman anyelir di Indonesia kebanyakan berasal dari hasil pemuliaan dari Belanda.
* Tanaman herba semusim. Digunakan sebagai bunga potong. Ada dua tipe :
Standar : satu tangkai dipelihara satu bunga pada tunas terminal
Spray : dipelihara beberapa bunga dari tunas lateral/samping

Varietas :
* Warna merah : Tornado, Espana, Aicardi
* Warna putih : White Candy, Delphi
* Warna kuning : Candy, Murcia, Las palmas
* Warna oranye : Orange Triumph, Raggio De Sole
* Warna Pink : Pink Pisa, Manon, Gala
* Campuran 2 Warna : Rendezvous, Tundra, Hellas

Suhu : 10 – 22 ?C

Budidaya :
* Perbanyakan dari stek
* Pinching, untuk mendapatkan tunas yang banyak
* Netting (menopang tanaman dengan net/jala untuk mencegah tanamn roboh)
* Pupuk NPK dengan kadar N lebih tinggi

Panen :
* 5 BST. Umur produksi hingga 1.5-2 tahun. Bunga dipanen pada saat masih stengah mekar.
 
Last edited by a moderator:
Araucaria

Araucaria

Konifer berbentuk bagus ini mudah sekali tumbuh dan banyak sekali manfaatnya. Pada saat bibit dapat digunakan untuk terrarium, tanaman kecil untuk hiasan meja sedangkan tanaman yang besar untuk hiasan ruangan yang besar. Tanaman ini menyukai kondisi yang sejuk dengan cahaya penuh. Tanaman ini mampu tumbuh hingga ketinggian 1,5 m. Jika ditempatkan didalam pot pertumbuhan tanaman ini akan terbatas, shingga cocok untuk tanaman dalam ruangan. Masalah tanaman ini adalah kerontokan daun dan tidak munculnya pucuk yang disebabkan oleh panas, udara kering ataupun media yang kering

Tipe:

* Araucaria heterophylla / A. excelsa = Norfolk Island Pine = Cemara Norfolk. Satu-satunya spesies yang dijual untuk tanaman rumah. Tanaman ini lambat tumbuh mempunyai cabang-cabang kaku yang dipenuhi dengan jarum-jarum berduri. Tanaman yang baik adalah yang pertumbuhannya simetris.

Tips:

* Suhu rata-rata hangat
* Cahaya penuh, setengah terlindung atau matahari langsung
* Pengairan: jaga kondisi tetap basah
* Penggantian media : 3-4 tahun sekali
 
Arundinaria

Arundinaria

Bambu jarang digunakan untuk tanaman ruangan, tapi bisa digunakan untuk menghiasi ruangan yang sangat luas. Bambu memiliki buluh-buluh mirip batang dan cabang-cabang berdaun yang mirip rumput. Ada banyak varietas yang mampu tumbuh dengan baik pada kondisi udara dingin. Pemberian air dan pupuk yang teratur selama masa pertumbuhan akan menghasilkan tanaman yang baik

Tipe:

* Arundinaria variegata, varietas kerdil (2-3 kaki) yang memiliki daun warna putih dan hijau bergaris.Varietas yang tinggi (8-9 kaki), mempunyai warna batang yang khas A. nitida (ungu), A. murielae (kuning).

Tips:

* Menyukai suhu dingin
* Cahaya penuh, setengah terlindung atau matahari tidak langsung
* Pengairan: jaga kondisi tetap lembab
* Penggantian media : bila perlu
* Perbanyakan dengan pemisahan tanaman
 
Aster

Aster
(Aster dumosus)

Deskripsi :

*

Tanaman semak tahunan menghasilkan banyak bunga di ujungnya. Digunakan sebagai bunga potong atau bedding plant. Warna bunga merah, putih, ungu dengan warna kuning di bagian tengahnya.
 
Beaucarnea

Beaucarnea (Nolina tuberculata = Pony Tail)

Yang menarik dari tanaman ini adalah keindahan tanamannya dan kondisi tanman yang tidak memerlukan banyak perawatan sehingga memudahkan kita untuk merawatnya. Bentuk daun memanjang seperti poni. Pada bagian bawah tanaman membesar seperti umbi, berfungsi untuk menyimpan air, sehingga tanaman ini relatif tahan kekeringan.

Tipe :

* Bacaurenena recurvata, pertumbuhannya sangat lambat, ketinggian dapat mencapai 6 kaki dan ukuran umbi juga akan bertambah besar.

Tips:

* Suhu minimal 50 F
* Cahaya sebaiknya matahari langsung
* Pemberian air secara teratur saat media kelihatan kering, hindari pemberian air yang berlebihan
* Penggantian media bila perlu
 
Begonia

Begonia

Begonia mempunyai 1000-2000 hibrida. Ada berbagai cara pengklasifikasian begonia, Secara botani pengkasifikasian didasarkan pada bagian yang ada di dalam tanah terdiri dari kelompok rizoma, kelompok umbi akar dan kelompok umbi rambut. Khusus untuk tanaman hias begonia dikelompokkan menjadi Begonia berbunga indah dalam pot, Begonia berdaun indah dalam pot dan Begonia berbunga untuk tanaman bedengan

Begonia Daun Indah dalam Pot

Begonia jenis ini yang menonjol adalah daunnya yang menarik, sebenarnya begonia tipe ini juga menghasilkan bunga, namun bunga yang ada tidak terlalu berfungsi untuk hiasan sehingga saat muncul bunga sebaiknya dibuang/dipotes. Spesies asal dari kelompok ini adalah Begonia rex, namun spesies ini sekarang sudah tidak begitu eksis digantikan oleh hibrida-hibridanya yang banyak berkembang. Begonia daun memiliki beragam bentuk daun yaitu bentuk bintang, oval menyebar dan sebagainya. Ukurannya juga beragam mulai dari panjang 1 kaki (B. ricky minter dan beberapa varietas B. rex) hingga yang panjangnya ? inci (B. foliosa). Permukaan daunnya ada yang berlilin dan lembut, ada juga yang kasar dan penuh kerutan. Hampir semua Begonia daun menghasilkan rizoma yang menjalar atau pun berada di dalam tanah. Pertumbuhan tanaman ini biasanya menyemak maupun menjalar, ada juga yang tumbuh vertikal. Begonia daun tidak menyukai air yang berlebihan dan sinar matahari langsung, mereka membutuhkan kondisi yang hangat. Begonia kelompok ini hanya mampu bertahan selama 1-2 tahun. Namun tanaman ini sangat mudah dan cepat diperbanyak.

Tips:

* Menyukai kondisi hangat dengan suhu minimal 60 F
* Cahaya ternaungi, lindungi dari sinar matahari langsung
* Pemberian air teratur, jaga permukaan tetap kering, daun jangan dibasahi
* Pengkabutan secara teratur
* Penggantian media 1 tahun sekali
* Perbanyakan dengan stek daun

Tipe:

* Begonia rex, merupakan yang paling dominan pada kelompok ini, varietas yang ada diantaranya Presiden Carnot (daun warna hijau dan perak), Helen Teupel(Merah, hijau dan merah muda) King Edward IV (ungu dan merah), B.rex juga ada yang bentuknya mini.
* B. masoniana, hampir mirip B.rex, tapi daunnya berkerut dan bentuknya seperti hati
* B. maculata, bentuknya cukup berbeda, buluhnya seperti batang dengan panjang mencapai 9 inci, daunpanjang. Ada bintik-bintik putih di bagian atas daun dan pada bagian bawah berwarna merah.
* B. metallica, temasuk spesies yang tinggi, daun bagian atas hijau metallic dan bagian bawah serta tulang daun berwarna merah.
* B. festii = B. erythrophylla mempunyai daun berdaging dengan warna daun bagian atas hijau dan bagian bawahnya merahvarietas Bunchii mempunyai tepi daun keriting
* B. boweri, bisa mencapai ketinggian 6-9 inci hibridanya B. tiger dan B. Cleopatra = B. maphii, tanaman kecil dan berbentuk semak, tinggi 6-9 inci dengan warna daun perunggu.
* B. cleopatra = Mapple leaf begonia, daun dipenuhi dengan bulu-bulu kecil warna putihbentuknya seperti daun mapel.
* B. solanthera (daun berlilin) dan B. imperialis (daun keunguan), keduanya termasuk begonia tipe pemanjat.
* B. foliosa, memiliki daun oval yang mirip paku-pakuan.
 
Begonia

Begonia

Begonia mempunyai 1000-2000 hibrida. Ada berbagai cara pengklasifikasian begonia, Secara botani pengkasifikasian didasarkan pada bagian yang ada di dalam tanah terdiri dari kelompok rizoma, kelompok umbi akar dan kelompok umbi rambut. Khusus untuk tanaman hias begonia dikelompokkan menjadi Begonia berbunga indah dalam pot, Begonia berdaun indah dalam pot dan Begonia berbunga untuk tanaman bedengan.

Begonia Bunga Indah dalam Pot

Begonia tipe ini mempunyai bunga yang beraneka warna, bentuk dan ukuran. Kelompok ini didominasi oleh begonia berumbi, yang hampir semuanya dapat dikembangbiakkan dengan umbi. Tipe lainnya adalah Lorraine atau hibrida Cheimantha, begonia ini berbunga pada musim dingin, tumbuh hingga ketinggian 1,5 kaki dan mempunyai batang yang agak lemah. Untuk memperoleh tanaman bentuk perdu perlu dilakukan pemangkasan dengan cara memotes tanaman yang muda. Tipe ketiga adalah hibrida Elatior yang menjadi bintang dalam kelompok ini. Bentuknya mirip tipe Lorraine tetapi ukuran bunganya lebih besar.

Tips:

* Menyukai kondisi hangat dengan suhu minimal 55 F, maksimal 70 F
* Cahaya ternaungi
* Beri air secara teratur, tapi media jangan terus menerus lembab
* Pengkabutan secara teratur
* Perbanyakan dengan umbi

Tipe:

* Begonia tuberhybrida, begonia berumbi. Begonia berumbi adalah kelompok yang paling dominan, memiliki bunga tunggal, semi ganda maupun ganda dengan beraneka macam warna dan kombinasi warna. Batangnya mencapai ketinggian 1 kaki. Bunga jantan berukuran lebih besar dibanding bunga betina. Yang mempunyai bunga warna tunggal diantaranya Sugar Candy (merah muda pucat), Gold Plate (kuning), Guardsman (merah), dan Diana Wynward (putih). Yang memiliki warna kombinasi diantaranya Seville (kuning, tepi merah muda), Double Picoree (krim tepi merah).
* Begonia multiflora, bentuk mirip dengan Begonia tuberhybrida tapi ukurannya lebih kecil dan mempunyai lebih banyak bunga.
* B. tuberhybrida pendula = Begonia keranjang, mempunyai bunga tunggal dan semi ganda dengan warna putih, kuning, oranye, merah muda dan merah.
* B. sutherlandi, jenis begonia yang dapat tumbuh dengan biji, spesies ini tipe pertumbuhannya menjalar dengan panjang batang bisa mencapai 1-1,5 kaki dengan bunga warna tembaga.
* Hibrida Lorraine. Menghasilkan bunga yang berukuran kecil-kecil dalam jumlah banyak. Varietas yang ada diantaranya Gloire de Lorraine, hibrida F1nya Love Me (bunga warna merah muda) dapat berkembang biak dengan biji.
* Begonia elatior hibrida. Kelompok Begonia yang bentuknya padat dengan bunga yang banyak dan menyebar. Memiliki bunga tunggal dan ganda dengan warna-warna cerah. Varietas yang tersedia diantaranya Heidi (merah) Fire Glow (merah) Schwabenland (merah) Elfe (merah muda) Mandela (kuning) dan Marco (putih). Varietas Charisma mempunyai bunga ganda warna kuning bisa dikembang biakkan dengan biji.
 
Begonia Bunga untuk Tanaman Bedeng

Begonia Bunga untuk Tanaman Bedeng

Perbedaan tipe ini dengan kedua tipe lainnya adalah kedua tipe begonia lainnya di daerah temperate akan mengalami dormansi pertumbuhan setelah berbunga sedangkan tipe begonia ini mampu berbunga terus menerus. Begonia jenis ini memiliki bunga yang tidak begitu menarik, namun pertumbuhan bunganya terus-menerus sehingga cukup menguntungkan untuk daerah temperate. Tanaman ini mempunyai ketinggian dari 6 inci hingga 10 kaki.

Tips:

* Menyukai kondisi hangat dengan suhu minimal 55 F
* Cahaya terang, toleran sinar matahari langsung
* Pengairan teratur, jaga permukaan media senantiasa kering
* Pengkabutan secara teratur
* Penggantian media jika perlu
* Perbanyakan dengan stek batang

Tipe:

* Kelompok Begonia ?Berbatang?
o Kelompok ini termasuk tipe raksasa, jika tidak dipangkas bisa tumbuh hingga 6 kaki. Namun agar diperoleh bentuk yang bagus sebaiknya dilakukan pemngkasan . Tipe ini memiliki bunga menggantung, spesies yang populer diantaranya:
o Begonia lucerna = B. carrolina de lucerna, bunga muncul sepanjang tahun, dalam 1 tangkai dapat menghasilkan bunga 30-60.
o B. coccinea, bentuk lebih padat
o B. argenteo guttata, berbentuk perdu
o Kelompok pemanjat/Menjalar
o B. glaucophylla = B. limmingheiana, biasa ditanam sebagai tanaman gantung, bentuk daunnya tidak seperti bentuk begonia lain, spesies ini bagian pangkal daunnya rata, bunga warna merah.
* Kelompok Perdu
o Begonia semperflorens = Wax Begonia , adalah tipe yang paling populer, tanaman ini memebentuk semak hingga ketinggian 6-12 inci, merupakan jenis yang paling mudah tumbuh. Daunnya beraneka warna mulai dari kuning kehijauan sampai merah tua. Bunga berwarna putih, merah muda, merah dan oranye. Tipe ini bunganya muncul sepanjang tahun. Biasa digunakan untuk tanaman bedengan di taman-taman atau untuk tanaman jendela.
o B. haageana, termasuk yang mudah perawatannya, daun berukuran besar.
o B. fuchsioides, mempunyai bentuk yang menarik namun sulit perawatannya, tandan bunga berukuran panjang dan menjuntai kebawah.
o B. serratipetala, paling mudah diidentifikasi, dengan bentuk daunnya yang khas dan warnanya hijau gelap keunguan.
 
Begonia

Bougenvilla (Bunga Kertas)



Tanaman ini susah ditanam di dalam ruangan, lebih efektif jika dijadikan tanaman luar. Untuk menghasilkan tanaman yang berbunga diperlukan kondisi yang kering, pangkas tanaman dan kurangi pemberian air. Bila tanaman banyak mendapatkan air maka pertumbuhan vegetatifnya akan dominan.

Tipe:

* Bougenvilla glabra, jenis hibridanya sangat populer.
* B. buttiana.

Tips:

* Suhu hangat
* Cahaya matahari langsung
* Pengairan dilakukan sesuai dengan kebutuhan
* Penggantian media : 1 tahun sekali
* Perbanyakan : Stek batang
 
Azalea

Azalea

Ada dua jenis azalea yang dikenal sebagai tanaman pot yaitu Indian Azalea (Rhododendron simsii) dan Japanese Azalea (Rhododendron obtusum), keduanya adalah tipe kerdil yang tumbuh sampai ketinggian 1-1,5 kaki. Indian Azalea biasa digunakan untuk hiasan saat natal dan tahun baru, agar diperoleh tanaman yang tahan lama pilihlah tanaman yang sedikit bunga mekar dan lebih banyak yang kuncup. Bunga yang mekar dapat gugur dalam 1 minggu. Untuk menjaga tanaman tetap berbunga media harus senantiasa dalam kondisi basah (tidak hanya lembab), udara sejuk, cahaya terang dan bunga yang mati harus segera dibuang.

Tipe:

* Rhododendron simsii = Indian Azalea, warna bunga yang populer adalah merah muda sedang yang lain adalah putih, merah dan ungu. Ada juga yang tipe bunga dua warna yaitu putih dengan tepi merah muda (Inga), merah muda dengan tepi putih (Osta), keduanya memiliki petal yang berkerut.
* Bunga Azalea Jepang ukurannya lebih kecil daripada Azalea Indian, tapi jenis ini cocok untuk ditanam di luar ruangan.

Tips:

* Suhu sejuk, 50 F
* Cahaya penuh, matahari tidak langsung
* Pengairan: jaga kondisi tetap basah
* Penggantian media : 1 tahun sekali
* Setelah berbunga pindah ketempat yang sejuk dan ternaungi, beri pupuk dan jaga pengairan. Pindah ke tempat yang lebih hangat saat berbunga.
 
Callistemon dan Celosia

Callistemon (Bottlebrush Plant = Bunga Sikat Botol)

Merupakan salah satu pilihan yang baik. Tanaman ini bunganya berwarna merah dengan bentuk seperti sikat botol. Tanaman ini toleran terhadap kekurangan air, yang paling dibutuhkan adalah cahaya yang cukup dengan udara yang sejuk. Tanaman ini memerlukan pemangkasan agar dapat berbentuk perdu, tanaman ini sebaiknya digunakan diluar ruangan.

Tipe:

* Callistemon citrinus, ketinggian dapat mencapai 3 kaki. Bunga berbentuk silinder, tanpa petal dengan stamen warna merah berujung kuning. Daun pada waktu muda berwarna perunggu.

Tips:

* Suhu minimal 45 F
* Cahaya penuh matahari langsung
* Jaga kondisi media tetap lembab
* Penggantian media 1 tahun sekali
* Perbanyakan dengan stek batang



Celosia (Plume Flower = Bunga Jengger Ayam)

Asal :

*

Asia Tropis

Deskripsi :

*

Tanaman semusim. Digunakan sebagai tanaman tepi taman (bedding plant). Warna bunga merah, kuning, ungu, oranye dan lain-lain.
* Biasanya digunakan untuk tanaman bedengan diluar rumah, tetapi bisa juga digunakan sebagai tanaman di dalam ruangan saat kondisi berbunga. Bunga dapat bertahan hingga beberapa minggu. Pemberian sinar matahari cukup esensial, diperlukan pula pemupukan yang teratur. Celosia membutuhkan udara yang dingin dan sirkulasi udara yang baik untuk memperpanjang masa pembungaannya. Ketinggian dapat mencapai 1,5-2 kaki

Tipe:

* Celosia plumosa, Varietas Golden Plume dan Kewpie mempunyai bentuk bunga seperti bulu, warna merah, kuning.
* C. cristata, bentuk bunga seperti jengger ayam.
 
Clerodendrum dan Chlorophytum

Clerodendrum (Glory Bower)

Tanaman ini bisa digunakan untuk tanaman perambat, tanaman ini mampu memanjat hingga ketinggian 8 kaki. Dengan pemangkasan clerodendrum dapat juga dijadikan tanaman perdu ataupun tanaman gantung.

Tipe:

* Clerodendrum thomsoniae, mempunyai batang panjang dan lemah yang dapat dibentuk.

Tips:

* Suhu minimal 55-60 F
* Cahaya, sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung
* Jaga kondisi media tetap lembab
* Penggantian media 1 tahun sekali
* Perbanyakan dengan stek batang



Chlorophytum

Termasuk tanaman hias yang populer, karena relatif cepat tumbuh dengan daunnya yang cukup menarik. Bunganya berwarna putih, bila tanaman sudah cukup dewasa akan tumbuh anakan-anakan kecil pada ujung-ujung batang di sekeliling tanaman. Bila tanaman digunakan sebagai tanaman gantung kondisi ini akan membuat bentuk yang menarik. Anakan ini juga berfungsi sebagai alat perbanyakan. Tanaman ini cukup mudah beradaptasi dengan lingkungannya, bisa tumbuh di tempat yang panas, sejuk, terkena sinar matahari langsung ataupun tempat yang terlindung.

Tipe:

* Chlorophytum comosum vitatatum, adalah spesies yang paling banyak beredar di pasaran. Varietas Variegatum mempunyai daun hijau dengan tepi putih, sedangkan Mandainum bentuknya lebih padat dengan garis kuning.

Tips:

* Suhu minimal 45 F
* Cahaya sebaiknya tidak langsung
* Pengairan dilakukan secara teratur
* Kadang-kadang lakukan pengkabutan
* Penggantian media 1 tahun sekali
* Perbanyakan dengan anakan, pemisahan tanaman
 
Back
Top