Info dan Tips Jenis Bunga-bunga Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Flora, Pertanian & Perkebunan
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #21   Report Post  

Codiaeum (Croton = Puring)

Codiaeum (Croton = Puring)

Tanaman ini mempunyai daun dengan bentuk dan warna yang menarik. Agar diperoleh warna dan bentuk yang bagus diperlukan kondisi ruangan yang konstan, suhu tidak boleh lebih rendah dari 60 F, dan kelembaban yang tinggi. Media harus dijaga agar senantiasa lembab, jangan sampai kekeringan. Pemberian pupuk harus dilakukan secara teratur.

Tipe:

* Codiaeum variegatum pictum terdiri dari berbagai varietas Appleleaf dan Vulcan (warna daun kuning, dengan tepi merah tulang daun hijau), Norma (daun tua berwarna hijau tua, tulang daun merah, daun muda warna hijau muda dan tulang daun warna kuning), Aucubifolium(Hijau dengan bintik-bintik kuning), Bravo (Hijau dengan totol-totol kuning). Varietas yang lain adalah Reidii, Mrs Iceton Excellent, Gold Finger, Gold Sun, Julietta, Petra, Europa, Gold Star dan Gold Moon

Tips:

* Suhu rata-rata hangat, minimal 60 F
* Cahaya cukup
* Pengairan teratur
* Penggantian media bila diperlukan
* Perbanyakan stek batang
nurcahyo
Continent Level

Post: 3.501
 
Reputasi: 13






Reply With Quote     #22   Report Post  

Coleus

Coleus

Coleus mempunyai daun yang warna dan bentuknya beraneka macam, tanaman ini harganya relatif murah. Coleus juga mudah perawatannya. Tanaman ini dapat dikembangbiakkan dengan biji atau pun dengan stek batang.

Tanaman ini mempunyai tipe pertumbuhan yang cepat sehingga untuk menghasilkan tanaman perdu, perlu dilakukan pemangkasan secara teratur. Tanaman ini bila terlalu tinggi batangnya mudah sekali patah dan bentuknya kurang bagus.

Tipe:

* Coleus blumei, tinggi tanaman 1-2 kaki mempunyai berbagai varietas. Varietas Sabre mempunyai bentuk pohon kerdil, The Chief, daun berkerut, Fire Bird tepi daun berjumbai, Butterfly mempunyai tepi daun berombak. Coleus daunnya tidak mempunyai warna dasar, daun rata-rata terdiri dari berbagai campuran warna, meskipun ada juga yang memiliki warna tunggal seperti Golden Bedder (kuning), Volcano (merah tua). Sedangkan yang memiliki warna campuran misalnya Scarlet Poncho, Milky Way dan Fashion Parade.
* C. verschaffelti, mempunyai ukuran daun yang besar dan warna beragam.

Tips:

* Udara hangat, suhu minimal 50 F
* Cahaya cukup
* Jaga kondisi media tetap lembab
* Perbanyakan dengan stek batang
nurcahyo
Continent Level

Post: 3.501
 
Reputasi: 13






Reply With Quote     #23   Report Post  

Crossandra (Fire Gracker Flower)

Crossandra (Fire Gracker Flower)

Crossandra akan keluar bunganya setelah berumur beberapa bulan. Bunga berada di ujung tajuk yang berwarna hijau. Crossandra membutuhkan udara yang lembab. Untuk memperpanjang masa berbunga dapat dilakukan dengan dengan membuang bagian tanaman yang sudah berbunga atau habis masa berbunganya.

Tipe:

* Crossandra undulifolia dan C. infundibuliformis, dapat tumbuh hingga ketinggian 1-2 kaki. Varietas Mone Wallhed termasuk varietas yang cukup baik.

Tips:

* Membutuhkan kondisi hangat, suhu minimal 55 F
* Cahaya, sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung
* Jaga kondisi media tetap lembab
* Penggantian media bila perlu
* Perbanyakan dengan stek batang
nurcahyo
Continent Level

Post: 3.501
 
Reputasi: 13






Reply With Quote     #24   Report Post  

Dahlia

Dahlia

Dahlia kurang begitu populer bila dibandingkan dengan krisan. Dahlia mempunyai banyak varietas dengan berbagai macam bentuk bunga dan warna. Dahlia dapat dikembangkan dengan anakan dapat juga dikembangbiakkan dengan biji.

Tipe:

* Dahlia variabilis, merupakan hibrida dahlia pot, tinggi tanaman sekitar 1 kaki dan biasanya disebut sebagai dahlia bedengan. Varietas yang ada Figaro dan Rigoletta

Tips:

* Membutuhkan udara dingin, suhu antara 50-60 F
* Cahaya, sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung
* Jaga kondisi media tetap lembab
* Penggantian media bila perlu
* Perbanyakan pemisahan anakan, biji
nurcahyo
Continent Level

Post: 3.501
 
Reputasi: 13






Reply With Quote     #25   Report Post  

Anyelir dan Kecubung

Datura (Angelis Trumpet = Kecubung)

Kecubung mempunyai bentuk bunga seperti terompet dengan panjang sekitar 10 inci. Tanaman eksotis ini membutuhkan tempat yang tidak terpolusi agar dapat tumbuh dengan baik.

Tipe:

* Yang biasa ditemui adalah Datura candida dan D. guaveolens. Keduanya mempunyai bunga warna putih dan bau yang harum. D. candida adalah pilihan yang lebih baik


Tips:

* Membutuhkan udara hangat
* Cahaya, sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung
* Jaga kondisi media tetap lembab
* Penggantian media bila perlu
* Perbanyakan dengan stek batang



Dianthus (Carnation = Anyelir)

Tanaman ini dapat dikembangbiakkan dengan biji. Anyelir lebih banyak digunakan sebagai tanaman taman/ tanaman bedengan dibandingkan sebagai tanaman ruangan. Tanaman ini tidak bisa bertahan lama, namun mereka cepat sekali berkembang. Dianthus memiliki bunga beraneka warna, yang merupakan daya tarik untuk ditanam.

Tipe:

* Dianthus chinensis, salah satu hibrida yang dikenal juga dengan nama Annual Pink
* D. caryphyllus, hibrida ini memiliki bunga ganda yang berukuran lebih besar dibanding jenis sebelumnya.

Tips:

* Membutuhkan kondisi dingin, suhu 50-60 F
* Sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung pada tengah hari
* Jaga kondisi media tetap lembab
* Setelah berbunga sebaiknya tanaman dicabut untuk diganti dengan tanaman yang baru
* Perbanyakan dengan biji
nurcahyo
Continent Level

Post: 3.501
 
Reputasi: 13






Reply With Quote     #26   Report Post  

Dieffenbachia

Dieffenbachia

Dieffenbachia yang tumbuh dengan baik dapat mencapai ketinggian hingga 5 kaki. Tanaman ini tidak tahan dengan suhu udara yan berfluktuasi. Ukurannya yang cukup besar dengan dekorasi daunnya yang indah membuat tanaman ini menjadi favorit. Tanaman yang berukuran besar, biasa digunakan sebagai specimen. Dalam melakukan pemangkasan atau pun perbanyakan dengan tanaman ini harus dilakukan dengan hati-hati, karena tanaman ini membahayakan tenggorokan dan mulut, sehingga setelah memotong tanaman ini harus segera mencuci tangan.

Tipe:

* Dieffenbachia oerstedii, daun hijau dengan tulang daun bagian tengah warna putih.
* D. picta/maculata, daun oval warna daun hijau dengan bintik-bintik warna putih gading.varietas yang ada diantaranya Exotica, Camilla, Marianne dan Rudolph Roehls (hampir seluruh daun berwarna kuning gading).
* D. amoena = Sri rejeki, batang bisa mencapai ketinggian 5 kaki dengan panjang daun mencapai 1,5 kaki. Daun berwarna hijau dengan garis-garis putih.
* D. bansei, warna daun hijau dan kuning.
* D. bowmannii, mempunyai daun yang besar (lebih dari 2 kaki)
nurcahyo
Continent Level

Post: 3.501
 
Reputasi: 13






Reply With Quote     #27   Report Post  

elompok Dracaena

Kelompok Dracaena

Dracaena merupakan tananan daerah tropis. Di Indonesia beberapa jenis dracaena masih dianggap tanaman liar/tanaman pekarangan yang kondisinya kurang terpelihara sehingga tidak terlihat keidahannya. Di Inggris maupun Amerika, dracaena mulai menjadi tanaman hias yang digemari. Dracaena banyak digunakan untuk menghiasi rumah model kontemporer maupun model hi-tech. Namun sebenarnya tanaman ini sudah dikenal sejak jaman Victoria.

Tips:

Menyukai kondisi hangat dengan suhu minimal 55 F
Cahaya ternaungi, D. terminalis membutuhkan cahaya yang banyak
Jaga media tetap lembab
Pengkabutan secara teratur
Penggantian media 2 tahun sekali
Perbanyakan dengan stek batang, atau pun penanaman mahkota.

Tipe:

* Dracaena deremensis, pertumbuhan lambat, tinggi tanaman bisa mencapai 4 kaki. Varietas Janet Craig warna daun keseluruhan hijau tua dengan garis-garis vertikal, Bausei mempunyai dua garis putih lebar di bagian tengah, Warnecki, dikelilingi pita putih di bagian tepi daun. Varietas Green Stripe, White Stripe dan Yellow Stripe mempunyai garis-garis tepi warna hijau, putih maupun kuning. Varietas Compacta mempunyai bentuk yang padat sehingga cocok untuk ruangan berukuran kecil.
* D. marginata, jenis ini daapat mencapai ketinggian hingga 10 kaki, daun berbentuk kecil, panjang. Species dasar memiliki daun waarna hijau dengan tepi merah. Varietas Tricolor mempunyai 3 warna yaitu kuning, hijau dan merah sehingga menghasilkan efek hijau keemasan. Varietas Colorama mempunyai pita tepi warna merah yang dominan sehingga secara keseluruhan tampak kemerahan.
* D. draco = Dragon Tree, termasuk kelompok dracaena yang besar, namun bila ditanam tingginya hanya mencapai 4 kaki. Daun berwarna hijau, dengan tepi merah bila memperoleh cahaya yang cukup. Pada daun yang sudah tua, daun akan melengkung ke arah bawah.
* D. sanderiana = Ribbon Plant, daun berwarna hijau keabuan, tidak terlalu menyebar, ketinggian maksimum 2-3 kaki. Varietas Boriquensis mempunyai tepi daun warna hijau muda.
* D. reflexa = Plomele reflexa, tanaman ini mempunyai batang yang lemah dan agak sulit tumbuh, membutuhkan kelembaban udara tinggi, tipe Variegata mempunyai tepi daun kuning.
* D. godseffiana, mempunyai bentuk yang berbeda dengan dracaena yang lain, jenis ini berbentuk semak dengan bentuk daun oval. Tanaman ini mempunyai banyak cabang, tinggi tanaman bisa mencapai 2 kaki. Daun memiliki bintik-bintik dengan berbagai warna, varietas Florida Beauty mempunyai bintik krem yang cukup banyak sehingga warna daunnya lebih terlihat krem daripada hijau.
* D. fragrans, tanaman yang terlihat solid ini pada bagian ujung atas memiliki kumpulan daun mengkilat yang berbentuk mahkota, daun lebar dengan panjang daun sekitar 4 inci. Varietas Lindenii dan Victoria mempunyai warna tepi daun hijau, tengah kuning.
nurcahyo
Continent Level

Post: 3.501
 
Reputasi: 13






Reply With Quote     #28   Report Post  

Crossandra (Fire Gracker Flower)

Crossandra (Fire Gracker Flower)

Crossandra akan keluar bunganya setelah berumur beberapa bulan. Bunga berada di ujung tajuk yang berwarna hijau. Crossandra membutuhkan udara yang lembab. Untuk memperpanjang masa berbunga dapat dilakukan dengan dengan membuang bagian tanaman yang sudah berbunga atau habis masa berbunganya.

Tipe:

* Crossandra undulifolia dan C. infundibuliformis, dapat tumbuh hingga ketinggian 1-2 kaki. Varietas Mone Wallhed termasuk varietas yang cukup baik.

Tips:

* Membutuhkan kondisi hangat, suhu minimal 55 F
* Cahaya, sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung
* Jaga kondisi media tetap lembab
* Penggantian media bila perlu
* Perbanyakan dengan stek batang
nurcahyo
Continent Level

Post: 3.501
 
Reputasi: 13






Reply With Quote     #29   Report Post  

Episcia (Lace Flower)

Episcia (Lace Flower)

Merupakan jenis tanaman pemanjat, tanaman ini membutuhkan kelembaban yang tinggi sehingga sulit untuk dijadikan tanaman specimen/ tanaman hias gantung, namun cukup baik untuk dijadikan tanaman penutup tanah. Tanaman ini menghasilkan anakan untuk perbanyakan. Setelah tanaman berbunga sebaiknya dilakukan pemotongan batang. Episcia memiliki bentuk daun yang menarik dan cantik dengan bunga tubularnya yang berukuran kecil.

Tipe:

* Episcia cupreata = Flame violet, mempunyai bunga tubular berwarna merah oranye dengan bagian tengah bunga berwarna kuning, diameter bunga ¾ inci. Hibrida yang terkenal Amazon, Metallica. Acajou, Cleopatra dan Harlequin
* E. dianthiflora, bunga berukuran besar, warna putih dengan tepi bunga membentuk jumbai-jumbai.
* E. raptans, mirip E. cupreta dengan tulang daun keperakan, bunga warna merah menyala.
* E.lilacina. bunga warna lilac dengan bagian dalam bunga warna kuning.

Tips:

* Membutuhkan udara hangat, suhu minimal 55 F
* Cahaya, sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung
* Jaga kondisi media tetap lembab
* Penggantian media tiap tahun
* Perbanyakan dengan pemisahan anakan
nurcahyo
Continent Level

Post: 3.501
 
Reputasi: 13






Reply With Quote     #30   Report Post  

Euphorbia dan Eucharis

Eucharis (Amazon Lily)

Tanaman berumbi ini merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup digemari. Tanaman berbunga putih, bentuk bunga mirip terompet pendekPanjang tangkai bunga bisa mencapai sekitar 2 kaki, dengan jumlah bunga 3-6 kuntum per tangkai. Tanaman ini kurang menyukai suhu dingin.

Tipe:

* Eucharis grandifloria

Tips:

* Membutuhkan udara hangat, suhu minimal 60 F
* Cahaya, sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung
* Jaga kondisi media tetap lembab
* Penggantian media 3-4 tahun sekali
* Perbanyakan dengan pemisahan anakan



Euphorbia

Jenis Euphorbia ini berbeda dengan E. pulcherrima (Poinsettia). Tanaman ini tidak sukulen, tahan terhadap sinar matahari langsung, tidak memerlukan kelembaban tinggi dan tahan suhu dingin. Bentuk tanaman ini bercabang melengkung dan berduri panjang. Daun berukuran kecil-kecil, dengan bunga berwarna oranye kemerahan atau putih.

Tipe:

* Euphorbia milli = Crown of Thorns, panjang batang mencapai 3 kaki dengan bunga kecil-kecil yang ada di sekita batang, biasanya bunga berwarna merah namun ada juga yang berwarna salmon dan kuning. Musim berbunga tergantung cahaya sehingga di daerah tropis bisa berbunga terus-menerus. Tipe ini mempunyai duri pada batangnya.
* E. fulgens = Scarlet Plume, mempunyai getah beracun dan lebih sulit dipelihara. Batang berbentuk melengkung namun tidak memiliki duri, bunga mirip dengan E. milli.
nurcahyo
Continent Level

Post: 3.501
 
Reputasi: 13

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Tips Untuk Memilih dan Menyimpan Buah-buahan dan Sayuran Movistar Flora, Pertanian & Perkebunan 8
Mengenal Jenis-jenis Haji dan Miqatnya mozilla_solo1 Islam 0
Mengenal Jenis-jenis Haji dan Miqatnya andy_baex Islam 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.