[ASK] Salah gak sich gw??

VinzRooney

New member
Buat yang katolik, gw mo nanya2 sedikit nich..
Gw khan sering banget doa ke gua maria di gereja, terutama doa novena. nah doa novena gw sering bgt terkabul. jujur aja gw lebih banyak berdoa (dalam hal ini memohon dan bersyukur) ke bunda MARIA dari pada ke Tuhan sendiri or Jesus..
Gw salah gak sich?? jujur aja gw bingung nich..
 
Ini sekedar sharing ya, berdasar pemahamanku yg masih sangat cetek ini, kalau ada yg lbh tahu tolong dikoreksi dan dilengkapi.

Setahuku ngak ada yg salah kita berdoa ke Bunda Maria, bahkan ada doa khusus yaitu Salam Maria dan liturgi khusus yaitu Novena Bunda Maria.

Harap diingat bahwa Bunda Maria itu memiliki peran khusus yaitu sebagai ibu biologis dari Jesus yg merupakan Tuhan Allah sendiri yg mengejawantah dlm fisik manusia. Jadi jelas beliau memiliki tempat tersendiri dibanding orang suci yang lainnya.

Dan sebagai seorang ibu maka biasanya kita merasa lbh dekat kepadanya. Sehingga kita sering memohon sesuatu melalui perantaraan ibu. Jadi kita sebetulnya memohon kepada Tuhan juga tapi lewat perantaraan Bunda Maria sebagai ibu kita.

Kebetulan Bunda Maria yg merupakan seorang manusia juga lbh sering "bertemu" dgn kita dianatarnya lewat penampakan di Lourdes dan gua Fatima.

"Salam Maria penuh rahmat, Tuhan sertamu. Terpujilah engkau di antara wanita dan terpujilah buah tubuhmu. Jesus.
Santa Maria Bunda Allah doakanlah kami yang berdosa ini sampai waktu kami mati. Amin."

Dari doa di atas jelas bahwa kita memohon Bunda Maria agar mendoakan kita. Yang mengabulkan doa dan permintaan kita tentu saja tetap Tuhan Allah, tapi kita minta bantuan Bunda Maria agar ikut mendoakan kita kepada Tuhan. Jadi tdk ada yg salah dlm hal ini.

Sekali lagi CMIIW.
 
klo gue sih jarang berdoa pake perantaraan maria. memang bisa sih kita minta bantuan orang lain untuk doain kita. klo kita berdoa lewat maria sama aja kita minta tolong temen kita buat doain kita. cuman bedanya maria sama Yesus udah pasti lebih deket hubungannya daripada Yesus ama temen kita. soal terkabul ato nggak itu nggak terlalu tergantung pada siapa yg berdoa. memang sih klo ada org yg doanya tulus kemungkinan terkabulnya lebih gede. selain itu juga kayaknya tuhan lihat waktu yg tepat buat mengabulkan doa. so, klo yg didoain belon kejadian ya berdoa aja terus :) . yg pasti ngga ada doa yg ngga didenger
 
@ VinzRooney : mungkin yg perlu kita sama-sama sadari bahwa kalo kita doa melalui Bunda Maria, kan beliau juga melanjutkan doa itu ke Tuhan sendiri. Jadi kalo emang doa-nya dikabulkan, sumbernya adalah Tuhan, bukan Maria.

Mungkin perbandingannya sama saudara kita yg Prosetant, mereka banyak minta di-doa-kan sama pendetanya, teman doa atau worship leaders mereka.
Tentu bagus kalo minta doa sama orang lain. Tapi kalo minta doa sama Bunda Maria (yg juga manusia) kan lebih meyakinkan.....posisinya aja udah pasti gitu loh. :) Kesetiaan dan cintanya sama Yesus ngga mungkin bisa dibantahkan sama siapa pun.
 
Yang pasti Roma Khatolik memberadakan Novena Tiga Salam Maria, membuat itu tidak salah. Tapi kalau merasa guilty, ya berdoa aja ke Tuhan Yesus minta maaf. Dulu saat mengawali doa novena salam maria, saya juga sempat aneh, kenapa doa ke Tuhan Yesus kok pake wakil segala. Lalu dijawab seorang teman seperti jawaban teman-teman di atas itu. Toh akhirnya setelah saya merasa nyaman berdoa ke Bunda Maria, malah terkabul tuh permintaannya... Don't worry so much. Tuhan maha baik kok. Kalau memang merasa bersalah, ya dah minta maaf aja...
 
apa kata om negosiator itu bener klo kita berdoa ama bunda maria itu kita juga sama seperti berdoa kepada tuhan jesus.bunda maria itu juga orang yang suci tanpa bunda maria jesus pasti tidak pernah lahir
pernah denger gak kata kata jesus duduk di sebelah bunda maria??
 
Back
Top