Apa Kultum Shubuh atau tarawih di masjidmu hari ini?

Jika ada yang ingat atau mencatat ceramah ba'da shubuh atau ceramah ba'da isya/tarawih silahkan tulis disini, agar teman yang lain bisa mendapatkan ilmunya.

tidak harus panjang atau lengkap, cukup ringkasan atau poin poinnya saja, atau apa saja yang masih bisa diingat (walaupun itu hanya judul/temanya saja).

lebih baik lagi jika dilengkapi dengan lokasi, nama masjid dan nama penceramahnya.

semoga bisa menambah amal jariah yang berlipat ganda di bulan puasa yang penuh barakah ini, amiin.
 
tausiyah ba'da isya malam kemarin tentang pengertian puasa, puasa secara bahasa adalah "imsaku 'ani sai'" atau menahan dari sesuatu, sedangkan menurut istilah syar'i bermakna "menahan diri dari segala yang membatalkan puasa sejak terbit matahari hingga terbenam matahari".

hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menjalankan perintah puasa adalah:
1. niat puasa, yaitu ketika malam hari sebelum berpuasa, niat ini hukumnya wajib, berbeda dengan niat puasa sunnah yang bisa dilakukan pada siang hari, niat puasa ramadhan harus pada malam harinya sebelum sahur.

2. makan sahur, dalam hadits disebutkan bahwa didalam makan sahur terdapat barakah, jadi sahur ini sangat penting, selain untuk menjaga stamina, sahur juga memiliki keutamaan sendiri dalam berpuasa, dalam hadits lain juga dikatakan bahwa perbedaan antara puasa kita dengan puasa ahli kitab adalah pada sahurnya.
 
tausiyah ba'da isya kemarin bertemakan tentang amalan ibadah pada bulan ramadhan, diantaranya yang utama adalah:

1. shalat tarawih/qiyamul lail, dalam hadits disebutkan "man qooma romadona imaanan wahtisaaban ghufiro lahu ma taqaddama min dzanbih" barang siapa yang melakukan qiyamul lail/tarawih dengan iman dan mengharap pahala maka akan diampuni dosa dosanya yang telah lalu.

2. makan sahur, dalam hadits disebutkan bahwa didalam makan sahur itu semuanya barakah, maka bersahurlah walaupun danya dengan segelas air.

3. zakat fitri
4. tilawah alquran
 
tausiyah ba'da isya malam ini membahas tentang hal hal yang harus diperhatikan pada saat puasa ramadhan, diantaranya adalah :

1. menjaga lisan dari berkata bohong dan kotor, dalam hadits disebutkan barangsiapa yang tidak meniggalkan perbuatan dusta maka Allah tidak akan menerima pahala puasanya.

2. menjaga waktu, yaitu memanfaatkan moment ramadhan dengan sebaik baiknya, imam syafii berkata : waktu bagaikan pedang, apabila kamu tidak mempergunakannya dengan baik maka dia akan memotongmu.

3. shalat malam/qiyamul lail/tarawih
 
ceramah tarawih malam ini bercerita tentang hadits rasulullah, suatu ketika rasulullah sedang duduk bersama para sahabatnya di masjid, lalu rasulullah bersabda "inilah calon penghuni surga" maka datanglah seorang sahabat anshar dengan kondisi janggutnya basah oleh air wudhu sambil bawa sandal ditangan kirinya. keesokan harinya rasulullah kembali bersabda seperti itu, maka muncul kembali sahabat dari anshar tersebut, hal ini berulang hingga 3 kali, karena penasaran salah seorang sahabat lalu menginap di rumah sahabat anshar tersebut untuk mengetahui amalan apa yang ia lakukan sehari hari, selama 3 hari ternyata tidak ada amalan khusus, sahabat anshar tersebut tidak tahajud, hanya saja setelah dia bangun pagi, dia langsung berdzikir dan shalat shubuh, lalu pulang dari masjid ketika sudah fajar, sahabat anshar tersebut juga tidak berkata kecuali perkataan yang baik, dan tidak membenci atau hasad kepada orang lain.
 
ceramah tarawih malam ini tentang beberapa sikap manusia ketika menyambut datangnya bulan ramadhan, orang orang yang beriman menyambut ramadhan dengan suka cita, karena dalam bulan ini banyak barakah dan rahmat Allah, sebagaimana disebutan dalam hadits : man shoma raadhona imanan wahtisabab ghufirolahu mataqaddama min dzanbih, barangsiapa berpuasa ramadhan dengan keimanan dan mengharap pahala maka akan diampuni dosa dosanya yang telah lalu.

sebaliknya orang yang belum mencapai derajad keimanan maka akan menyambut dengan biasa saja, bahkan orang yang munafik kan menyambut ramadhan dengan duka cita dan banyak mengeluh.
 
kuliah subuh td pg menjelaskan keutamaan membaca Al Qur'an

salah satu haditsnya brisi kurang lbh, bhwa org2 yg membaca al qur'an maka d hari kiamat nanti akan mendapat syafa'at dari al qur'an yg dibacanya

selain itu, ada hadits yg brbunyi, sbaik2 org d antara kalian adlah org yg mmbaca al qur'an dan mengajarkannya

hadits yg satu lg agak lupa, kalu ga salah ingat, brang siapa yg mmbaca al qur'an dg baik dan bnar akan dtempatkan d tmpat yg mulia (?), dan jika trbata2 baginya 2 pahala ...
 
ceramah ba'da tarawih malam ini tentang satu hadits qudsi, bahwasanya Allah berfirman : jika hambaku aku beri suatu cobaan berupa sakit, lalu pada malam harinya dia berdzikir memujiKu, maka pada harinya dia akan diampuni dosa dosanya seperti ketika ia dilahirkan ibunya, lalu Allah berfirman kepada malaikat, berilah dia pahala ketika sakitnya sebagaimana ia mendapatkan pahala ketika sehatnya.
 
tausiyah ba'da tarawih malam hari ini tentang sifat dari orang yahudi, diantaranya mereka mengetahui/mempunyai ilmu tapi tidak diamalkan, mereka mengetahui kebenaran tapi tidak mau mengikutinya.

sifat yang kedua adalah selalu memusuhi orang beriman, dalam alquran disebutkan bahwa tidak akan redha para yahudi dan nasrani sampai kamu mengikuti ajaranya.
 
maaf kemarin beberapa hari tidak update karena sakit.

tausiyah tarawih malam hari ini bercerita tentang sahabat Bilal bin rabah yang sura terompahnya sudah terdengar di syurga, artinya beliau sudah dijamin masuk syurga, ketika ditanya amalan apa yang ia lakukan maka bilal berkata "jika aku berhadats maka aku akan berwudhu kembali dan melakukan shalat sunnah setelahnya, aku lakukan hal tersebut secara terus menerus"

Istiqomah adalah melazimkan/melakukan perbuatan ketaatan secara terus menerus, dalam hadits lain disebutkan bahwa Allah menyukai perbuatan amal yang dilakukan secara terus menerus, walaupun itu adalah amalan yang kecil.
 
maaf kemarin beberapa hari tidak update karena sakit.

tausiyah tarawih malam hari ini bercerita tentang sahabat Bilal bin rabah yang sura terompahnya sudah terdengar di syurga, artinya beliau sudah dijamin masuk syurga, ketika ditanya amalan apa yang ia lakukan maka bilal berkata "jika aku berhadats maka aku akan berwudhu kembali dan melakukan shalat sunnah setelahnya, aku lakukan hal tersebut secara terus menerus"

Istiqomah adalah melazimkan/melakukan perbuatan ketaatan secara terus menerus, dalam hadits lain disebutkan bahwa Allah menyukai perbuatan amal yang dilakukan secara terus menerus, walaupun itu adalah amalan yang kecil.
sakit apa den masykur? istirahat den
 
tausiyah tarawih malam ini adalah tentang sifat orang munafik, yang terdapat pada awal-awal surat albaqarah, mereka jika bertemu orang mukmin mereka mengikuti berbuat baik, namun jika kembali ke golongannya yang sesama munafik maka mereka kembali ke sifat sebelumnya dan berkata sesungguhnya kita cuma bercanda saja (menjadi mukmin).

juga salah satu sifat orang munafik itu adalah mereka ikut mendirikan sholat, namun dalam keadaan terpaksa dan malas, dalam suatu hadits disebutkan bahwa azab bagi orang munafik adalah masuk kedalam neraka yang paling bawah.
 
kultum tarawih malam ini bercerita tentang kisah seorang raja yang kaya raya, suatu hari dia didatangi oleh malaikat maut untuk dicabut nyawanya, namun sang raja menolak dan meminta penangguhan waktu, akhirnya malaikat maut menyetujui dan menangguhkan ajalnya hingga 7 tahun lagi. tapi bukannya bertobat, sang raja malah membangun istana megah, dengan keamanan yang sangat ketat dan dinding berlapis lapis, semuanya dibangun agar malikat maut tidak bisa masuk kedalam istananya, namun ketia datang hari yang sudah ditentukan, malaikat maut datang dengan menerobos masuk sistem keamanan dan dengan mudah mencabut nyawa sang raja. Kesimpulannya, manusia itu selalu lalai, lupa dengan kematian yang pasti akan menjeputnya.
 
tausiyah tarawih tadi malam bercerita tentang kisah nabi ya'kub, suatu hari nabi ya'kub didatangi malaikat maut yang bertamu kerumahnya, lalu nabi ya'kub meminta kepada malaikat maut agar mengirimkan tanda-tanda jika nyawanya akan diambil, selang beberapa tahun kemudian malaikat maut datang kembali, nabi ya'kub kaget dan berkata bahwa apa tanda tanda kematian sehingga malaikat sudah ingin mencabut nyawanya, maka malaikat maut berkata bahwa aku sudah mengirimkan 3 tanda kedatanganku, dahulu rambutmu hitam sekarang sudah memutih, dulu badanmu tegap sekarang sudah membungkuk, duu badanmu kuat sekarang sudah melemah, itulah 3 tanda kedatangan diriku.
 
Back
Top