Apa Kultum Shubuh atau tarawih di masjidmu hari ini?

ceramah tarawih malam hari ini tentang beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan puasa ramadhan:
1. kutil (kurang tilawah)
2. kudis (kurang disiplin)
3. muntah (mudah untuk marah)
 
semalem sih tentang 10 hari terakhir bulan Ramadan yg harus diisi untuk lebih kenceng lagi ibadahnya misal qiyamul lail i'tikaf baca al-Qur'an dan jg zakat ga lupa
 
ceramah tarawih malam ini tentang kesabaran,
bulan ramadhan adalah bulan kesabaran, sabar dalam menjalankan perintah perintah Allah, juga sabar dalam menjauhi segala yang dilarang oleh Allah.
 
ceramah tarawih malam ini berkaitan dengan tasyabuh terhadap orang kafir.

secara bahasa tasyabuh artinya meniru, secara istilah syar'i tasyabuh artinya menyerupai orang diluar islam dalam hal ibadah dan aqidah.

tasyabuh yang tidak diperbolehkan misalnya meniru cara peribadatan orang lain, ikut mengikuti ritual ibadah agama lain.

sedangkan tasyabuh yang diperbolehkan adalah dalam hal keduniaan, dimana memiliki maslahat dan kebaikan bagi umat muslim, misalnya dalam ilmu pengetahuan.
 
tarawih malam ini membahas tentang hadits dari rasulullah, bahwasanya ditakutkan dua bencana yang akan menimpa umatku, pertama panjang angan angan dan yang kedua mengikuti hawa nafsu
 
ceramah shubuh tadi membahas tentang pesan lukmanul hakim dalam surat lukman ayat 17 yaitu pesan kepada anaknya untuk mendirikan shalat, yaitu shalat yang sebenarnya, shalat dengan segenap jiwa dan raga.
 
tadi aku gak terlalu memperhatikan khotib jadi lupa apa ceramahnya, tapi mumpung di malam terakhir ramadhan ini saya bisa memberi pesan kepada teman2 semuanya untuk memanfaatkan detik2 terakhir ini dengan sebaiknya, yang belum khatam tilawahnya untuk segera dikhatamkan, yang belum pernah/sedikit ngajinya, masih ada waktu 1 hari full untuk mengejar ketinggalan. yang belum infaq/shodaqoh untuk segera dilaksanakan, jangan lupa zakat fitrahnya dikeluarin sebelum shalat idul fitri, kalau mau zakat maal sekalian juga lebih bagus, karena dalam bulan ramadhan ini semua amal ibadah dilipat gandakan pahalanya.
 
shubuh tadi khatib berceramah tentang keburukan tidur pagi, dalam suatu hadits disebutkan suatu ketika fatimah tidur pada pagi hari, maka rasulullah membangunkannya dengan kakinya lalu berkata "pastaskah engkau tidur ada pagi hari, sedangkan para malaikat sedang membagikan rezeki"
 
Back
Top