3 Tips khatam Al-qur'an di bulan Ramadhan

HulkHogan

New member

6.jpg


Tak terasa Ramadhan sudah tiba lagi dan sebagaimana kita ketahui bahwa Ramadhan adalah bulan Investasi amal buat kehidupan kita kelak di alam akhirat dimana amal itulah yang menjadikan bahagia tidaknya kita .

Ramadhan di sebut juga Asshyarul Qur’an atau bulan Ramadhan,karena di dalam bulan tersebut diturunkan Alqur’an.Jadi salah satu amal andalan dalam bulan suci ini adalah membaca Alqur’an.Walaupun pernah saya tulis di postingan beberapa tahun lalu,namun kayaknya tidak salah saya mengingatkan lagi salah satu tips agar mudah khatam Alqur’an dengan sedikit tambahan.Link sebelumnya klik disini.

Berikut tips yang saya gunakan dan semoga juga bisa dilakukan oleh anda.Tips ini saya pakai sebagai seorang karyawan yang bekerja dari hari Senin sampai jumat jam 7 :00 -15 :00.Jadi jika anda merasa tak ada waktu buat mengaji,dengan tips ini semoga bias membantu,yang jadi kendala sebenarnya adalah ketidak adanya keinginan untuk membaca Alqur’an itu sendiri..

Ada 3 tips yang bias kita lakukan sesuai target di bulan Ramadhan (namun selain ramadhan bisa juga koq) ini yaitu :

Target Khatam sekali sebulan
Caranya setiap habis sholat lima waktu baca sebanyak 2 lembar (4 halaman) jika cara ngaji kita standar,ini bias memakan waktu kurang lebih 5-7 menit aja. Dengan system ini kita bias menyelesaikan 1 juz setiap harinya karena rata-rata 1 juz itu 10 lembar,maka jika dibagi 5 akan tamat I juz. Jika puasa genap 30 hari maka di malam takbiran anda sudah khatam Alqur’an

2.Target Khatam dua kali sebulan
Caranya sama dengan tips pertama,hanya jumlah lembaran bacaannya dijadikan 4 lembar. Ini akan memakan waktu sekitar 15-20 menit.Namun bisa juga dipakai cara ini, Setiap selesai sholat subuh baca 1 juz alqur’an dan selanjutnya pakai tips pertama(2 lembar per sholat wajib). Waktu buat I juz sekitar 1 jam. Untuk baca 1 juz ini bisa juga setelah sholat isya sebelum tidur.

3.Target khatam 3 kali sebulan
Tips ini kombinasi cara pertama dan kedua,yaitu membaca 1 juz setelah sholat subuh dan memakai tips kedua yaitu 4 lembar seteeh sholat wajib. Atau 1 juz setelah shubuh lalu 2 lembar tiap habis sholat wajib dan 1 juz setelah isya.

Demikian tips khatam ini..semoga bisa jadi cara agar kita menjadikan Alqur’an sahabat kita setiap harinya…dan mohon maaf jika cara ini tidak sesuai dengan keinginan kita.ini hanya cara yg saya gunakan tiap ramadhan dan juga kadang di luar ramadhan.

Selamat menjalankan Ibadah Puasa..Mohon Maaf lahir Batin ya…




Sumber :
eryevolutions.co.cc
http://www.belajaraffiliasi.com
 
Back
Top