Motor Matik Jangan Dipakai Mudik Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Otomotif > Sepeda Motor
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Motor Matik Jangan Dipakai Mudik

Jakarta - Sepeda motor menjadi salah satu andalan pemudik untuk pulang kampung. Karena tingginya angka kecelakaan pemudik sepeda motor, masyarakat diimbau untuk menggunakan moda transportasi lainnya. Kalaupun menggunakan sepeda motor, sebaiknya jangan mengendarai yang matik.

"Motor matik keamanannya agak kurang karena hanya mengandalkan rem, harus berbeda mengendarainya. Begitu masuk ke luar kota itu sangat berbahaya. Kalau motor yang persneling itu dua remnya, rem yang untuk rem dan rem yang mesin (engine brake)," kata anggota Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Agus Pambagio.

Hal itu disampaikan dia dalam diskusi mengenai masalah transportasi mudik di Gedung Arva lantai 4, Jl Cikini Raya, Jakarta, Rabu (14/8/2012).

Agus mengatakan kecelakaan sepeda motor jenis matik pada tahun lalu lebih banyak dibandingkan motor yang berpersneling. Sayang Agus tidak membeberkan datanya.

"Kalau motor yang gigi itu kan dia bisa turunkan persnelingnya. Kalau matik tidak bisa, kalau ngerem ya ngerem saja, apalagi ditambah berat beban di motor itu sehingga tambah berbahaya," sambungnya.

Agus menyarankan kalaupun pemudik memilih sepeda motor, maka disarankan menggunakan sepeda motor manual. "Jadi untuk keselamataan lebih baik pakai motor persneling. Kecepatannya yang disarankan itu sekitar 70 km/jam kalau cc di bawah 100 cc," tuturnya.



Sumber :
detik.com
HulkHogan
Continent Level

Post: 9.408
 
Reputasi: 183

__________________
Generasi biru

"Manusia dapat bertahan hidup empat puluh hari tanpa makan, tiga hari tanpa air, delapan menit tanpa udara.
Tapi hanya satu detik tanpa harapan"

- Hal Lindsey -

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Motor Matik Jangan Dipakai Mudik

aku mudik pakai matik alhamdulillah selamat sampai tujuan, tergantung yang bawanya..
City Level

Post: 131
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Motor Matik Jangan Dipakai Mudik

bener juga sih agak berbahaya.... tapi tergantung si pemakai juga, kalo hati-hati insya allah selamat sampai tujuan
tiaseptiani
Staff

Post: 22.147
 
Reputasi: 222

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Motor Matik Jangan Dipakai Mudik

iya. aku dah 3 kali mencium aspal krna pake matic. terakhir aku jatuh minggu lalu
shisio
World Level

Post: 12.392
 
Reputasi: 129






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Motor Matik Jangan Dipakai Mudik

Kutip:
Oleh shisio View Post
iya. aku dah 3 kali mencium aspal krna pake matic. terakhir aku jatuh minggu lalu
karena apa tuh den? ga bisa ngerem mendadak? atau kenapa?
tiaseptiani
Staff

Post: 22.147
 
Reputasi: 222

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Motor Matik Jangan Dipakai Mudik

salah satunya rem mendadak. kebetulan waktu itu aku boncengin temanku yang badanx agak gede. karena rem mendadak ditambah kondisi jalan yang agak berpasir motornya langsung terseret sebelum jatuh
shisio
World Level

Post: 12.392
 
Reputasi: 129






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Motor Matik Jangan Dipakai Mudik

Kutip:
Oleh shisio View Post
salah satunya rem mendadak. kebetulan waktu itu aku boncengin temanku yang badanx agak gede. karena rem mendadak ditambah kondisi jalan yang agak berpasir motornya langsung terseret sebelum jatuh
tuh-tuh... jalan berpasir... tia sampe sekarang aja masih ga bisa bawa motor dijalanan berpasir lho den -.- dlu boncengin nyokap sampe kepleset... sampe sekarang tia ga mau lagi bawa motor dijalanan berpasir atau berkerikil
tiaseptiani
Staff

Post: 22.147
 
Reputasi: 222

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Motor Matik Jangan Dipakai Mudik

lebih aman sih pake motor persneling. ibaratnya motor persenling itu singa yang sudah dikekang giginya. jadi kalau mo gas atau rem lbih aman.
kalau matic itu singa yang lepas, jadi kalau rem atau gas langsung meraung dan tancap aja. kalau ga hati-hati bisa celaka sendiri
shisio
World Level

Post: 12.392
 
Reputasi: 129

__________________
my blog





Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Motor Matik Jangan Dipakai Mudik

iya bener, gasnya gerak sedikit aja langsung ngacir, wkwkwkw
tiaseptiani
Staff

Post: 22.147
 
Reputasi: 222

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!






Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Motor Matik Jangan Dipakai Mudik

makanya matic lebih baik jangan dipakai oleh orang yang baru belajar motor.... aku masih ingat ketika belajar matic.... hasilnya pisang 2 pohon aku rubuhin, hampir masuk ke rumah orang dan sukses meninggalkan bekas pada motornya
shisio
World Level

Post: 12.392
 
Reputasi: 129

__________________
my blog
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Jangan buang remot tanpa tombol, masih bisa dipakai Megha Elektronik 10
Mau Mudik? Sssst.. Jangan Bilang-Bilang Facebook! jmw01 Politik, Ekonomi & Hukum 24
Jangan Ditiru, Balita Menyetir Motor! ROBI Politik, Ekonomi & Hukum 27
Tips Mudik Menggunakan Motor rx34ak Sepeda Motor 10


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.