Pneumotoraks

nurcahyo

New member
Pneumotoraks
DEFINISI

Pneumotoraks adalah penimbunan udara di dalam rongga dada di sekeliling paru-paru yang menyebabkan paru-paru kolaps.

Pada bayi yang paru-parunya kaku, terutama jika pernafasannya dibantu oleh ventilator, udara bisa merembes dari alveoli ke dalam jaringan ikat di paru-paru dan kemudian ke dalam jaringan lunak diantara paru-paru dan jantung (keadaan ini disebut pneumonediastinum).
Pneumomediastinum biasanya tidak mempengaruhi fungsi pernafasan dan tidak perlu dilakukan pengobatan khsusus. Tetapi pneumomediastinum bisa berkembang menjadi pneumotoraks.

Pneumotoraks terjadi jika udara merembes ke dalam rongga dada di sekeliling paru-paru (rongga pleura), dimana bisa terjadi penekanan terhadap paru-paru.
Kolaps sebagain pada paru-paru bisa tidak menimbulkan gejala dan tidak memerlukan pengobatan. Tetapi jika paru-paru yang kolaps sangat tertekan, bisa berakibat fatal, terutama pada bayi yang menderita penyakit paru yang berat.
Udara yang terperangkap bisa menyebabkan kesulitan bernafas dan mengganggu peredaran darah di rongga dada. Pada keadaan ini,, udara di sekeliling paru-paru harus segera dikeluarkan dengan bantuan sebuah jarum atau selang.

SUMBER : Apotik online dan media informasi obat - penyakit :: m e d i c a s t o r e . c o m
 
Back
Top