Pedoman Simple yang Harus Diperhatikan Sebelum Berinvestasi

hepcat

New member
Pedoman Simple yang Harus Diperhatikan Sebelum Berinvestasi


“Jika saya mempunyai uang $1,000,000 sekarang, berapa nilai uang saya pada 1 tahun kedepan?”

Seperti layaknya anda, saya bangun pagi untuk membaca berita melalui internet dengan harapan mendapatkan insights untuk trading hari ini. Dengan ditemani secangkir kopi, saya mulai membaca satu persatu dari satu situs ke situs yang lain.

Namun mata saya berhenti pada suatu video yang sebenarnya cukup basic, saya menangkap suatu sisi yang menarik bila diteliti secara mendalam. Berikut adalah videonya,



Secara insting, kita pasti akan memilih untuk menerima uang tersebut sekarang, daripada menunggu selama 1 tahun kemudian. Kenapa? karena kita bisa menabungnya untuk mendapatkan bunga atau menginvestasikannya kembali untuk mendapatkan profit.

“Ah, tentu saja saya juga paham soal ini. Lalu apa yang menarik?”

Mari kita simak perhitungan berikut,
anda memilih untuk mendepositokan di bank dan mendapatkan bunga sebesar 4,5% per tahun. Maka uang anda 1 tahun kedepan akan menjadi :
$1,000,000 x (1+0.045) = $1,045,000
Jika anda memutuskan untuk tidak mengambilnya dan terus menabungnya selama 2 tahun, maka nilainya akan menjadi :
$1,000,000 x (1+0.045)² = $1,092,025

Yang menarik adalah,
angka $1,045,000 adalah angka minimal yang HARUS anda dapatkan jika anda memutuskan untuk berinvestasi selama 1 tahun, dan $1,092,025 selama 2 tahun.

Perhitungan diatas harus dijadikan sebagai pedoman investasi anda jika suatu saat anda memutuskan untuk trading. Kenapa begitu ?

pedoman-trading.jpg


Deposito vs Trading Online

Deposito merupakan instrumen keuangan yang nyaris tanpa resiko dimana uang anda pasti akan bertambah. Namun karena profit yang didapatkan dari bunga deposito sangatlah sedikit, maka para investor memilih untuk melakukan investasi / trading online.

Berbagai macam produk investasi trading online seperti investasi saham, investasi forex & index, investasi gold, ataupun obligasi pada dewasa ini terbilang mudah untuk diakses. Menilik sifatnya, trading online merupakan media investasi yang instan dan fleksibel sehingga memungkinkan investor untuk menyesuaikan aktivitas trading dengan rutinitas sehari-hari. Peluang untuk mendapat profit dari trading online juga lebih besar daripada deposito, tetapi tentunya disertai dengan resiko yang lebih besar pula.

Ketika anda memilih untuk trading, maka modal anda pada 2 tahun kedepan harus lebih banyak dari $1,092,025. Bila ternyata lebih sedikit, maka anda bisa dibilang gagal sebagai trader.

“Lalu apa yang dibutuhkan agar saya bisa berinvestasi dengan benar dan profit?”

Tips membuat Pedoman Investasi / Trading

Agar tidak melenceng dari target, maka anda perlu mengamati perkembangan trading anda seiring waktu. Berikut adalah tips yang mungkin bisa membantu anda,
-Membuat journal harian, bulanan dan tahunan equity yang telah anda tradingkan
-Amati perkembangan trading anda, kesalahan trading yang terjadi dan cara memperbaikinya
-Kembangkan terus ilmu trading anda, tidak ada kata berhenti untuk terus belajar.
-Jadikan perhitungan diatas sebagai pedoman investasi , sehingga kita terhindar dari faktor emosi yang bisa merusak performa trading kita.

Bagaimana dengan anda?
Apakah trading anda sudah menghasilkan lebih dari pedoman diatas?



Untitled-2.jpg

What if you're wrong ? Don't call it a mistake, call it an education.
 
Last edited:
Back
Top