Tabungan Kita Akan Menyusut Akibat Dari Inflasi

hepcat

New member
Tabungan Kita Akan Menyusut Akibat Dari Inflasi


Saya baru saja membaca berita di Yahoo, menurut laporan Bank Dunia, jika pemerintah jadi menaikkan harga BBM, maka tingkat inflasi di Indonesia akan naik sampai 8,5%. Naiknya harga BBM akan mengakibatkan harga barang dan jasa naik, sementara nilai rupiah masih tetap. Tingkat inflasi saat ini masih 4% berdasarkan data yang saya cek di situs bank indonesia. Namun jangan kaget bila suku bunga kredit pinjaman dalam tempo dekat akan naik lebih tinggi dari yang sekarang.

inflation.jpg
Yang memprihatinkan adalah mereka yang menabung di bank. Dengan tingkat bunga tabungan yang saat ini hanya 5%, maka masyarakat yang menabung bukannya untung tapi malah buntung. Secara riil uang mereka tidaklah bertambah, melainkan akan semakin berkurang dari tahun-ketahun bila tingkat inflasi benar-benar mencapai 8,5%.
(Baca : Pedoman Simple yang Harus Diperhatikan Sebelum Berinvestasi)




TINGKAT INFLASI INDONESIA MENGERIKAN



Dengan uang 5000 rupiah kita dapat apa? dengan uang 5000 rupiah kita bisa beli apa? Dengan uang 5000 rupiah kita beli DVD bajakan pun tidak bisa, dengan uang 5000 rupiah kita mau pergi ke club malam untuk dugem pun tidak bisa. Dengan uang 5000 rupiah kita hanya bisa beli ice cream walls... Ya itu bisa kita dapati dalam iklan komersial walls di televisi yang mengungkapkan fakta, sekaligus menyindir Dewan Eksekutif Indonesia.

Dalam laporan Bank Dunia yang dilansir Reuters, tingkat inflasi dapat mencapai 5,4% tahun ini jika pemerintah terus mempertahankan harga BBM bersubsidi pada level saat ini berada, tetapi langkah tersebut akan menyebabkan defisit anggaran sebesar 3,1% dari PDB dibandingkan dengan 2,5% bila harga bahan bakar naik.
Berapa tingkat bunga bank beberapa tahun ini ? Antara 5-7 % pertahun. Berapa tingkat bunga pinjaman ? Paling murah 9% hingga 17%. Berapa suku bunga deposito saat ini ? 6-8% per tahun. Terakhir, berapa tingkat inflasi di Indonesia? Katanya pengamat ekonomi dan pejabat bank Indonesia, inflasi kita sekitar 5,4% - 6% per tahun.

Ha...ha...ha... Kita semua dibujuki dan kita juga bodoh karena mau. Dibohongi!! Faktanya, harga telor ayam tahun lalu 9.000 rupiah per kilo. Sekarang, telur ayam sekilo harganya 12.000 rupiah. Berarti telor ayam naik 3.000 rupiah selama setahun, dengan kata lain uang kita menyusut 30%. Atau tingkat inflasi yang dikatakan pemerintah meleset jauh dari realita ekonominya.


Saya yakin anda sadar, merasakan dan kebingungan dengan income/gaji yang anda miliki saat ini. Income/Gaji yang sama dengan tahun lalu kok gak bisa beli barang yang sama ? Sekarang, duit bulanan habis sebelum berganti bulan. Parahnya, menu ayam dan menu daging juga menjadi jarang. Apa istri saya berfoya-foya ? Apa dia terbelit hutang ? Tidak....yang benar adalah gaji kita benar-benar tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup selama sebulan. Kenaikan gaji kita dengan kenaikan inflasi tidak sebanding!!.

Kenaikan gaji karyawan rata-rata 7-15% pertahun, sementara kenaikan inflasi riil-nya 10-20% pertahun. Cara termudah untuk memperkirakan tingkat inflasi tahun ini dengan tahun lalu adalah membandingkan harga kebutuhan pokok. Berapa harga beras tahun lalu dengan saat ini, berapa perbedaan harga gula tahun lalu dengan harga gula saat ini.


Menabung...Deposito, ya banyak dari kita pasti melakukannya. Menyimpan,menabungkan uang kita di bank dengan harapan mendapatkan bunga dari bank. Berfikiran jauh ke depan bahwa kelak kita akan mendapatkan hasil yang lebih dari menabung dan mendepositokan uang kita. Dengan mengesampingkan efek yang timbul dari inflasi terhadap tabungan dan deposito yang telah kita rencanakan sebelumnya. Tanpa disadari inflasi menggerogoti tabungan anda!! Nilai yang anda dapatkan tidak sesuai dengan bayangan anda sebelumnya karena adanya inflasi itu sendiri. Boleh Saya katakan inflasi adalah kriminal utama yang menghilangkan,menyusutkan,mengurangi nilai dari uang kita setelah para koruptor, tetapi ironisnya dia tidak pernah terjamah hukum dan tidak akan pernah tertangkap oleh pihak berwajib ha...ha...ha...




INVESTASI, CARA MELINDUNGI HARTA ANDA



Kita sebagai rakyat kecil janganlah berpikir besok akan makan apa, tetapi kita harus berpikir cara bagaimana agar uang kita tidak tergerus pengaruh inflasi terhadap investasi. Kita harus mencari secara terus menerus investasi atau bisnis lain yang profitnya melebihi nilai inflasi yang sebesar 8,5%.

Kita semua percaya dengan inflasi, penyusutan nilai riil uang, tetapi Paradoksnya, banyak dari kita tidak percaya dengan keuntungan investasi. Tidak percaya dengan berbagai macam investasi (ambilah contoh investasi di sektor keuangan), tidak percaya dengan pasar modal dan menutup diri dengan kemungkinan mencari uang dengan cara yang mudah.

Saya tahu, tidak ada yang namanya low risk high return. Tingkat resiko tinggi selalu menghasilkan keuntungan yang tinggi pula. Tidak ada yang namanya untung-untungan dan tidak ada orang yang kaya dengan berjudi. Pertanyaannya, apakah anda memandang investasi keuangan sebagai perjudian ? Saya tidak.

Semua investasi memang beresiko, faktanya semua hal yang kita lakukan selalu mengandung resiko. Saya analogikan seperti ini, Berangkat kerja resikonya ditabrak atau menabrak orang, berjalan resikonya kesandung, bekerja sendiri resikonya bangkrut, kerja ikut orang resikonya hidup pas-pasan. Diam di rumah dan tidak melakukan apa-apa untuk menghindari resiko malah meningkatkan resiko terhadap masa depan kita.

Seiring berjalannya waktu, kita belajar untuk mengurangi resiko yang kita hadapi. Kita mengenakan helm untuk mencegah resiko fatal dalam berkendaraan. Kita menabung untuk menyiapkan masa depan yang tidak menentu. Kita mengasuransikan diri kita untuk melindungi masa depan kita dan keluarga kita. Hari demi hari kita belajar meminimalkan resiko, kita mengklasifikasikan resiko menjadi resiko rendah, resiko tinggi dan resiko yang bisa kita tanggung.

Pilihan investasi saat ini sangat banyak sekali, anda bisa pilih dari emas, properti, bisnis franchise ataupun keuangan (trading). Tentunya itu kembali ke pribadi masing-masing. Dan karena kebetulan saya adalah trader, maka setidaknya berita yang saya tulis diatas harus membangkitkan semangat kita khususnya yang berprofesi sebagai trader untuk semakin disiplin dalam trading dan konsisten meraih profit.

Bagaimana dengan anda? Saya kembalikan kepada anda untuk memilih opsi mana yang menurut anda bisa meminimalisir dampak inflasi.

Semoga apa yang saya tulis bermanfaat bagi anda semua. :)

Keep profit by not relying on a single source of income



Source :
Tabungan Kita Akan Menyusut Akibat Dari Inflasi
INVESTASI, CARA MELINDUNGI HARTA ANDA
And Google.com
 
Back
Top