Anda Ingin Notebook Tetap Awet ? Simak Artikel Berikut Ini !

emanresu7

New member
Perkembangan notebook saat ini sudah semakin pesat. Hampir setiap tahun, produk anyar dari berbagai vendor bikin tangan kita gatal merogoh kocek lagi untuk membeli notebook anyar. Jika dulu notebook bentuknya masih besar dan repot sekali dibawa-bawa karena beratnya, kini notebook hadir dalam bentuk slim/tipis dan ringan. Oleh sebab itu, tak perlu heran jika saat ini lebih banyak orang memilih notebook ketimbang PC karena bisa dibawa kemana-mana.

Kehadiran notebook memang menawarkan kenyaman pada kita, terutama di era sekarang di mana setiap orang mobilitasnya semakin tinggi. Notebook slim dan ringan menjadi solusi, terlebih jika Anda termasuk orang-orang yang dituntut untuk selalu bisa bekerja di mana pun dan kapan pun. Apalagi sekarang banyak notebook yang meski tipis dan ringan, tapi tetap menawarkan kinerja komputasi yang mumpuni.

ACER-1.jpg


Acer Slim Aspire M5, misalnya. Notebook yang tipis dan ringan ini mampu menawarkan performa tangguh berkat penggunaan prosesor Intel Core i generasi ke-3 serta grafis NVIDIA GeForce GT640M. Imbasnya, tentu pekerjaan kreatif (misalnya editing video) semakin mudah untuk diselesaikan.

Nah, begitu pentingnya peran notebook dalam aktivitas sehari-hari, tentu harus diimbangi oleh perawatannya yang maksimal. Ini maksudnya supaya notebook tetap bisa diandalkan setiap saat. Simak beberapa tips berikut yang berguna memperpanjang hidup notebook:

  • Upayakan notebook untuk selalu dingin.

Semakin panas notebook, semakin besar kemungkinan untuk terjadinya kegagalan komponen/component failure. Jangan biasakan menyalakan notebook di atas bantal, sofa, kasur, dan sebagainya karena hal itu berpotensi menyumbat ventilasi yang ada pada notebook. Akibatnya, komponen yang ada dalam notebook menjadi mudah panas. Anda bisa menggunakan cooling pad yang dapat membantu meminimalisir panas yang terjadi di dalam notebook. Cooling pad juga bisa membantu kipas notebook tidak bekerja terlalu keras.

  • Mengganti hard disk dengan SSD
Jika memungkinkan dan punya budget lebih, cobalah ganti hard disk dengan SSD. Penggunaan SSD akan memakan lebih sedikit daya karena SSD mempunyai waktu buka tutup aplikasi lebih cepat dan tidak menghasilkan panas berlebih yang akan mempengaruhi komponen sekitarnya.

  • Perlakukan notebook dengan lembut.

Rawatlah notebook Anda dengan maksimal. Selain menggunakan, kita juga harus bisa merawatnya dengan baik. Misalnya, dengan menjaga kebersihan notebook dari kotoran/debu. Tidak meletakkan benda-benda berat di atas notebook, jangan mengangkat notebook sambil memegang bagian display/layar, menggunakan tas notebook ketika sedang berpergian, menjauhkan notebook dari medan magnet yang kuat atau paparan langsung sinar matahari, dan sebagainya.

Info
 
jik diangan2 nih punya notebook. jik laptop biasa... tebel+berat buat ditenteng kemana2.
nunggu mac punya ntar.. mungkin sudah 15" tebel cuma 1 cm, pasti gak ribet buat dibawa.
 
Back
Top