Tips Menghindari Phising!

octopussy

New member
Ada yg masih merasa asing dengan Phising ? Klo gitu sama dong !! :p hehehehe. Sekadar berbagi informasi nih gan, ternyata Phising itu membahayakan setelah ane cari2 informasi dimana2. Terlebih bagi para agan2 yang sering aktif di dunia maya, wajib sekali untuk mengetahui apa itu Phising. Phising merupakan aktivitas para penjahat di dunia maya yang mencoba memperoleh berbagai informasi/data-data penting seperti user ID, password, nomor kartu kredit, nomor rekening bank, dan sebagainya.

phishing11_2.jpg


Phishing biasanya berlangsung dengan cara mengirimkan email atau software tertentu melalui inbox email kita dan akan aktif dengan sendirinya tanpa kita sadari. Serangan phishing ini juga kerap menimpa para pengguna Facebook yang bahkan metodenya seringkali lebih canggih. Pasalnya, para penjahat dunia maya (cyber crime) ini bisa menduplikasi halaman awal Facebook yang menyebabkan kita terjebak memasukkan user ID dan password kita. Tak cuma Facebook, beberapa waktu lalu kasus phishing ini dikabarkan menimpa salah satu bank terkemuka.

Nah, mari simak beberapa tips berikut ini agar kita terhindar dari jerat phishing tersebut :

  • Untuk situs sosial media seperti Facebook, biasakan mengetik URL Facebook itu sendiri secara langsung di browser address bar (www.facebook.com). Atau kamu juga bisa membuat bookmark untuk halaman login.
  • Upayakan untuk tidak mudah percaya dengan peringatan yang agan baca, terutama peringatan-peringatan yang sifatnya pop-up (muncul secara tiba-tiba saat kita menjelajah internet). Kalau agan ingin menutup pop-up tersebut tekan Ctrl+W (Windows) dan jangan meng-klik tombol “Close” (tutup) yang seringkali muncul bersamaan dengan pop-up tersebut.
  • Upayakan untuk selalu menginstall software keamanan internet dan selalu meng-update antivirus yang digunakan.
  • Perhatikan email-email yang masuk, karena jika perusahaan yang terpercaya biasanya mereka memiliki domain sendiri dan tidak mungkin menggunakan domain gratis seperti GMail, Yahoo, Ymail, dan sebagainya.
  • Tingkatkan kewaspadaan agan terhadap email dan pesan instan yang tidak diminta. Juga waspadai email yang dikirimkan secara massal atau bahkan kosong sama sekali.
  • Jangan mengklik link pada pesan email sembarangan, terlebih jika email tersebut meminta agan memasukkan nama dan password.
  • Upayakan untuk tidak memasuki site-site yang kurang jelas ketika agan menjelejahi internet.
  • Back up data-data agan di dalam flashdisk atau eksternal hardisk secara berkala

Info
 
Back
Top