AMD Richland, Sang Penerus AMD Trinity

kin_banjarmasin

New member
AMD akan meluncurkan APU teranyar mereka dalam waktu dekat dan harganya sudah lebih dulu beredar di internet, seperti yang pernah diberitakan oleh Rev-id. Seperti kita tahu, Trinity merupakan penerus dari Llano (baca: Lano) yang merupakan pelopor APU, sebuah standar baru dimana core grafis dan prosesor digabungkan dalam sebuah core, sehingga core tersebut dapat melakukan tugas prosesor dan grafis sekaligus. Lebih jelasnya, silahkan melihat gambar dibawah.

sbsl1z.jpg


Meskipun Trinity belum terlihat, AMD sudah berencana untuk memperkenalkan Richland sebagai penerus dari dual core Trinity dan nantinya akan menggunakan fabrikasi 28nm.

Rev-id sudah menemukan beberapa detail, termasuk TDP yang digunakan adalah 65W. Detail lainnya adalah versi terkencang dari dual core Richland ini hanya sampai pada A6 dan tentunya AMD akan menghadirkan versi K bagi pecinta overclock.

A6 versi K ini akan memiliki L2 cache meski hanya sebesar 1MB dan 192 core Radeon. Belum ada data mengenai clock speed dan L3 cache, namun pastinya A6 Richland akan menggunakan platform FM2 dan akan memiliki fitur Turbo Core. Versi quad-core atau 4 inti akan diberi label A8 dan A10. Detail sementara yang didapat dari A10 adalah core Radeon yang dimilikinya sebesar 384 core. Seluruh A6, A8 dan A10 akan mendukung Blu-ray 3D, sehingga terlihat sangat jelas jika AMD juga menargetkan APU terbarunya untuk pasar multimedia.

AMD merencanakan peluncuran Richland pada Computex 2013, meskipun belum tentu tidak ada penundaan seperti yang sudah terjadi selama ini. Kita juga harus mengingat jika AMD benar-benar meluncurkan Richland pada Computex tahun depan, maka Trinity akan berada dalam masalah, karena tampaknya baru akan melakukan debut penjualan pada kuartal 4 2012, atau berarti hanya akan bertahan selama 9 bulan hingga pertengahan tahun depan sebelum kemunculan Richland.

sumber : www.rev-id.net
A4 merupakan versi terendah seperti pada branding AMD saat ini, namun nantinya A4 akan menjadi satu-satunya APU Richland 28nm yang tidak akan mendukung fitur Blu-Ray 3D. Selain Blu-Ray 3D, A4 Richland juga tidak akan mendukung dual graphics, fitur yang sebenarnya merupakan salah satu daya tarik dari APU. Dual graphics adalah fitur dimana jika Anda menambahkan kartu grafis AMD Radeon tertentu, Anda dapat mengaktifkan fitur dual graphic yang akan membuat kartu grafis Anda bersinergi dengan grafis yang ada pada APU; mirip dengan teknologi crossfire, bedanya disini yang melakukan 'crossfire' adalah antara si kartu grafis dan grafis dalam APU. Dual grafis pada Llano sendiri dapat diliat pada tabel dibawah.
 
Back
Top