Perbedaan Roti Putih dan Roti Gandum

Apa Perbedaan Roti Gandum dan Roti Putih?
images
128-Rahasia-Roti.jpg

Banyak yang penasaran perbedaan mengkonsumsi roti gandum dan roti putih padahal sama-sama berasal dari gandum. Yang membuat perbedaan dari roti putih dan roti gandum adalah dari proses pembuatannya.


Roti Gandum :

Roti gandum terbuat dari tepung gandum. Tepung gandum merupakan hasil penggilingan biji gandum utuh yang hanya dibuang kulit luarnya saja, sehingga kandungan seratnya lebih tinggi daripada tepung terigu putih.
Roti gandum yang asli adalah roti yang terbuat dari 100 persen tepung gandum. Roti gandum yang berkualitas baik dapat dilihat dari remah yang berwarna gelap dan memiliki butir-butiran cokelat yang berasal dari kulit ari biji gandum. Roti gandum asli juga bisa dilihat dari kulit roti (crust) yang lebih gelap dan kasar.
Kandungan serat pada roti gandum hampir enam kali lipat kandungan serat pada roti putih. Selain itu, roti gandum mempunyai kandungan karbohidrat dan energi yang sedikit lebih rendah dibanding roti putih. Hal itu yang menyebabkan roti gandum baik untuk menjaga berat badan ideal dan menu pilihan untuk diet.


Roti Putih :

Roti putih terbuat dari tepung terigu. Tepung terigu adalah tepung hasil penggilingan biji gandum yang paling dalam (endosperm).
Roti putih cenderung berwana kuning keemasan.
Kandungan Serat pada roti putih lebih lebih rendah dari roti gandum.
Roti putih mengandung karbohidrat dan energi yang lebih tinggi dari roti gandum.

sumber
 
Back
Top