Menyembuhkan Wasir Tanpa Operasi Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Kesehatan
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Menyembuhkan Wasir Tanpa Operasi

Ini kabar baik bagi para penderita wasir alias ambeien, atau hemoroid. Mereka yang dulu takut harus menjalani operasi pengangkatan wasir, kini bisa memilih cara penyembuhan non-operasi yang lebih ramah.

Bila mendengar kata operasi (pembedahan), yang terlintas dalam pikiran penderita wasir adalah kilatan pisau yang menakutkan. Belum apa-apa sudah ngeri membayangkan peralatan tajam ini beraksi merobek dan mengaduk-aduk bagian tubuh. Bagi pasien, ini merupakan bagian dari perjuangannya dalam upaya menyingkirkan gumpalan di "kutub selatan"-nya. Itulah sebabnya, banyak penderita hemoroid segan menjalani pembedahan. Kalau masih memungkinkan, penderita wasir tentu akan memilih cara penanganan lain.

Anus juga harus diperbaiki
Hemoroid merupakan pelebaran pembuluh darah di bawah selaput lendir anus (flexus hemorrhoidal) menjadi semacam benang kusut sehingga membentuk gumpalan atau benjolan. Kebanyakan hemoroid ini terjadi di dalam sehingga disebut haemorrhoid interna. Karena letaknya di dalam inilah yang sering merepotkan penderitanya. Sedangkan wasir yang terjadi di luar atau haemorrhoid externa jumlah kasusnya hanya sedikit, sekitar 5 -7%.

Menurut konsep kedokteran Barat, terjadinya hemoroid disebabkan karena terhambatnya aliran mudik darah menuju jantung, sehingga pembuluh darahnya melebar.

Untuk melakukan pengikatan pembuluh arteri bermasalah, dr. Henry perlu bantuan doppler ultrasound

Sedikit berbeda dengan pengertian di atas, konsep kedokteran Timur menjelaskan bahwa terjadinya hemoroid bukan semata-mata ada hambatan backflow, tapi karena struktur anusnya juga salah. Ini didukung oleh penelitian, yang menyatakan 90% wasir disebabkan oleh faktor keturunan. Karena adanya faktor keturunan, berarti struktur anus itu yang salah.

Pada anus terdapat otot lingkar yang mencengkeram terus selama 24 jam. Ia hanya berelaksasi ketika ada rombongan kotoran hendak berangkat ke "dunia" baru. Diduga, wasir terjadi karena ada bagian yang lemah dari struktur anus pencengkeram itu. "Karena itu, dalam mengobati wasir, tidak cukup dengan mengobati wasirnya, tapi kontraksi otot anusnya pun harus diperbaiki," ungkap dr. Niko M. Manaf, ahli bedah digestif RS. Kartika, Polumas, Jakarta.

Kondisi hemoroid dibedakan atas 4 tingkat. Tingkat pertama, hanya terjadi perdarahan dengan rasa gatal. Tingkat kedua, terjadi perdarahan disertai rasa sakit dan munculnya benjolan kecil yang belum mengganggu proses buang air besar. Tingkat ketiga, adanya perdarahan dengan benjolan yang keluar sesudah buang air besar, tetapi dapat masuk sendiri. Tingkat keempat ditandai dengan benjolan yang nongol setelah buang hajat tidak dapat masuk sendiri, sehingga harus dibantu untuk memasukkannya kembali. Bahkan, dr. Niko M. Manaf menambahkan gradasi kelima, yakni ketika benjolan tidak dapat didorong masuk kembali. Ini terjadi lantaran adanya proses fibrosis (pengerasan) atau pembentukan thrombosis (pembekuan darah). Pada tingkat ini penderita biasanya sangat kesakitan.

Perbedaan tingkatan hemoroid inilah yang kemudian membedakan cara penanganannya. Untuk kasus ringan biasanya cukup dikendalikan dengan minum, makan menu tinggi serat, dan buang hajat secara rutin. Krim mengandung obat kortikosteroid dan bahan anestetik lokal dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri. Namun, kemungkinan munculnya kembali hemoroid masih terbuka lebar.

Ambeien yang lebih berat bisa diatasi dengan cara pengikatan bagian yang bengkak dengan karet agar "mati" dan lepas dengan sendirinya. Namun, cara pengikatan pangkal hemoroid ini sudah sangat ketinggalan zaman dan hanya kalangan terbatas yang masih mempraktikkan. Keberhasilannya pun tidak bisa dijamin, bahkan seringkali menimbulkan infeksi yang menyiksa atau perdarahan yang luar biasa.

Beginilah kalau di sekitar "kutub selatan" bercokol ambein

Sampai saat ini, "Satu-satunya terapi terbaik adalah mengangkat benjolan itu," jelas dr. Niko. Teknik operasinya beragam. Bisa dengan cara konvensional, cryosurgery (operasi ekstradingin), atau bisa pula dengan operasi menggunakan sinar laser. Setelah operasi, "Pembuluh darah baru akan terbentuk. Tapi, yang baru pun kalau hambatannya masih ada, hemoroid akan muncul lagi," tambahnya. Menurut dia, dengan operasi angka kambuhnya mencapai 60% dalam tempo setahun dan 70 - 80% dalam waktu 2 tahun.

Pengikatan arteri
Kalau segan atau takut menjalani operasi, penderita bisa pula memilih tindakan non-operasi. Di antaranya, yang cukup modern dan sudah diterima di dunia kedokteran adalah sclerotherapy (penyuntikan cairan iritan). Dengan cara ini pembuluh darah yang membengkak akan mengalami pengkerutan. Atau, dengan metode Transproctoscopie Doppler Ultrasound Haemorrhoidal Artery Ligation (TDUHAL) yang sudah banyak dikembangkan di Australia. Pelaksanaan metode ini cukup sederhana; pasien hanya menjalani tindakan pengikatan pembuluh darah arteri yang mengarah ke pembengkakan ambeien.

Ciri khas metode TDUHAL adalah dipergunakannya alat bantu doppler ultrasound beserta perlengkapan pendukungnya. Pada peralatan canggih dan mahal ini terdapat doppler transducer, semacam sensor yang dilengkapi pengeras suara. Dengan bantuan alat ini, dokter bisa mendengarkan suara detak nadi sehingga bisa diketahui arteri mana yang bermasalah. Di depan doppler transducer, terdapat jendela kecil dan lampu. Dari lubang inilah dokter melakukan pengikatan pada arteri bermasalah tadi. Titik pengikatan kira-kira 10 cm dari anus.

Dengan terapi pendahuluan berupa pemberian obat penenang agar tidak gelisah, tindakan ini hanya memerlukan waktu 15 menit ditambah untuk pemulihan akibat obat penenang selama sekitar 30 menit. "Pembiusan tidak diperlukan dan rasa nyeri relatif tidak terlalu mengganggu," jelas dr. Henry Santoso, ahli bedah Procto Center Indonesia (PCI) yang mempraktikkan metoda TDUHAL.

Menurut Nur Damnur (56) yang ditemui Intisari usai menjalani tindakan TDUHAL, penanganan ambeien dengan cara ini tidak menimbulkan rasa sakit berarti. "Ya, waktu alat (doppler, Red.) dimasukkan saja yang terasa sedikit sakit. Setelah masuk, saya tidak merasakan apa-apa. Tahu-tahu sudah selesai," ujarnya.

Pasca tindakan tidak diperlukan perawatan khusus. Pasien tidak perlu menjalani rawat inap. Dia hanya diberi obat antibiotika, obat antinyeri, obat hemoroid (anusol), dan obat pencahar untuk melembekkkan kotoran. "Obat antinyeri diberikan karena ambang nyeri tiap orang berbeda-beda. Obat ini cuma diminum bila terasa nyeri. Sedangkan anusol diberikan untuk menyusutkan pembengkakan yang terjadi di sekitar pengikatan."

Dengan dilakukannya pengikatan arteri, hemoroid tidak lagi mendapat pasokan darah. "Menurut teori, dua minggu setelah pengikatan, pembuluh darah akan mati," tutur dr. Henry yang mendapat pelatihan metode ini di Korea Selatan. Karena itu, lama-kelamaan benjolan akan menyusut, bukan hilang. Tingkat keberhasilan metoda ini sekitar 80%.

Menurut Bambang Budiono (41), yang telah menjalani tindakan TDUHAL satu setengah tahun lalu, kini ambeiennya sudah mengecil. Padahal, ketika menjalani tindakan TDUHAL hemoroidnya sudah mencapai tingkat kedua.

Dr. Henry menambahkan, metoda TDUHAL paling baik untuk menangani hemoroid sampai tingkat ketiga. Makin parah ambeien yang diderita pasien, makin banyak pengikatan yang dilakukan. Sedangkan untuk tingkat keempat, dr. Henry tetap menyarankan tindakan operasi yang dipilih. "Namun, kalau pasien masih bersikeras tidak mau dioperasi, dengan alasan tertentu, metode TDUHAL masih bisa dicoba. Kadang-kadang, tindakannya tidak bisa dilakukan hanya sekali, melainkan sampai dua atau tiga kali. Hasilnya pun cukup bagus," tambahnya.

Penyuntikan wasir dan otot anus
Pengobatan wasir akan sedikit berbeda kalau konsep kedokteran Timur yang digunakan. Berdasarkan konsep kedokteran ini, ada metode penanganan ambeien yang lebih menjanjikan, yakni dengan injeksi obat wasir. Yang disuntik dalam metode yang pertama kali digunakan pada tahun 1993 ini bukan cuma wasirnya, tapi juga otot anusnya. Tujuannya agar otot anus bisa mencengkeram dengan baik dan merata di seluruh bagian.

Macam obatnya cukup banyak, tergantung tingkat keparahan ambeiennya. Makin parah tingkatan penyakitnya, diperlukan kualitas obat wasir yang makin bagus. Dengan obat yang lebih bagus, perbaikan yang terjadi akan lebih baik. Obat ini akan berada di bagian yang disuntikkan sekitar 2 minggu. "Selama dua minggu itu dia memperbaiki struktur otot anus. Dia akan memperbaiki kontraksinya, membentuk aliran darah baru, dan menghilangkan varisesnya. Wasirnya tidak mengkerut melainkan mencair dan diserap tubuh," jelas dr. Niko.

Diharapakan, dengan sekali tindakan, wasir tidak kambuh lagi. "Seperti dikatakan oleh penemu obat wasir ini, sekali suntik untuk seumur hidup. Mudah-mudahan begitu. Saya sudah menolong ribuan orang, hasilnya kira-kira seperti itu," ujar dr. Niko. Tingkat kegagalannya diperkirakan cuma 2%. "Yang tidak berhasil itu karena tidak mengikuti petunjuk. Umpamanya hari ini disuntik, beberapa jam kemudian pulang ke Bali dengan kereta api, sehingga mekanisme pengobatannya tidak jalan," ungkapnya.

Dengan penyuntikan dr. Niko mengusir wasir

Menurut Niko, selain tidak memberikan efek sampingan, metode ini juga bisa diterapkan untuk semua tingkat ambeien. Bila telah mencapai tingkat kelima (pembagian tingkatan hemoroid dr. Niko), penanganan wasir perlu disertai tindakan operasi ringan yang bersifat korektif di lingkaran anus.

Namun, apa pun metoda penyembuhan ambeien yang dipilih, menurut dr. Niko, tidak akan berarti bila tidak disertai perubahan pola makan, olahraga, perilaku ke belakang. Pasalnya, peluang munculnya kembali penyakit yang telah disingkirkan tadi cukup erat dengan pola hidup yang dijalani. Dalam pengaturan pola makan, perlu menyertakan sayur-sayuran dan buah-buahan dalam jumlah cukup, serta meningkatkan makanan berserat tinggi. Olahraga dipilih yang memberikan beban ringan pada perut dan anus, seperti berenang. Jenis olahraga macam voli, basket, apalagi angkat besi, perlu dihindari. Saat bekerja, setelah duduk 3 - 4 jam sebaiknya berdiri untuk istirahat sambil berjalan. Lebih bagus lagi melakukan senam berdiri-jongkok, mengoyangkan pinggul, dan tarik-lepas napas. Perilaku buang hajat sebaiknya dilakukan secara teratur. Yang normal, sehari sekali. Diharapkan, dengan pola hidup macam ini tindakan penyembuhan wasir yang dipilih bisa memberi hasil yang baik untuk selamanya. (I Gede Agung Yudana)

sumber : Indomedia.com
National Level

Post: 1.876
 
Reputasi: 4

__________________
blog tutorial www.soloboys.blogspot.com

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Menyembuhkan Wasir Tanpa Operasi

Bagaimana caranya obati wasir tanpa operasi ?????
benjolan dianus sudah besar,tidak bsa masuk sendiri ????
apakah ada obat alami buat wasir....????
trima kasih sebelumnya....smoga bsa membantu saya orang yg ekonominya rendah....???
alfino
Village Level

Post: 36
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Menyembuhkan Wasir Tanpa Operasi

Mendapatkan cukup serat dalam diet dan mendapatkan latihan rutin akan sangat mengurangi wasir yang membuat Anda menderita.
her_is_mine
National Level

Post: 1.918
 
Reputasi: 25

__________________
Dukung Kami...........

INDONESIAINDONESIA.COM





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Bls: Menyembuhkan Wasir Tanpa Operasi

Kutip:
Oleh alfino View Post
Bagaimana caranya obati wasir tanpa operasi ?????
benjolan dianus sudah besar,tidak bsa masuk sendiri ????
apakah ada obat alami buat wasir....????
trima kasih sebelumnya....smoga bsa membantu saya orang yg ekonominya rendah....???
k
Home Level

Post: 8
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Menyembuhkan Wasir Tanpa Operasi

Saya menderita wasir pekerjaan saya setiap hari reparasi laptop jadi mengharuskan saya selalu duduk hampir setiap harinya gejala yang saya alami kadang2 terasa perih dan sakit setiap sy duduk dimeja kerja tapi belum pernah keluar darah selama seminggunan ini saya selalu mengkonsumsi pepaya setiap hari pagi dan sore siang nya saya sering mengkonsumsi jus buah2n seminggu sekali terkadang 2x olahraga sepeda sejauh 5km tp setiap kali bab sepertinya tdk bs nyaman spt dulu Mohon bantuan informasinya mengenai wasir saya ini tergolong stadium berapa?cara penanggulanganya bagaimana?
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Menyembuhkan Wasir Tanpa Operasi

Operasi ja gunakan fasilitas Jamkesda. murah kok!
Kalo dari t4 aku(Cepu) oprasinya ke Semarang(RS. Kariyadi) malah mahal transportnya! palagi ke singapura...(disana jamkesda ga laku juga! percuma)

- n1 -
Jangan mudah yakin,percaya hal yg masih teka-teki.
n1ngs1h
National Level

Post: 1.099
 
Reputasi: 90






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Menyembuhkan Wasir Tanpa Operasi

setuju sama non ningsih
tiaseptiani
Staff

Post: 19.058
 
Reputasi: 188

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Menyembuhkan Wasir Tanpa Operasi

bagus nich infonya, juga untuk menambah wawasan kesehatan ya...........
bmehk
City Level

Post: 101
 





Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Menyembuhkan Wasir Tanpa Operasi

ngeri emang kalau udah soal operasi ya. emang bener-bener harus jaga kesehatan supaya gak terjadi kayak beginian
husnirt
Village Level

Post: 52
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Menyembuhkan Wasir Tanpa Operasi

alhamdulillaah, ga pernah..
KalinaMaryadi
Mod

Post: 31.907
 
Reputasi: 313

__________________

Recent Blog: My Best Peoples   
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Gejala Wasir dan pengobatannya andy_baex Kesehatan 13
Olahraga dapat menyembuhkan nyeri otot kronis nurcahyo Kesehatan 0
Jawer Kotok Bikin Wasir Terpojok andy_baex Kesehatan 0
Minyak VCO Menyembuhkan Penyakit Jantung (Sudiono Latif, Semarang) andy_baex Kesehatan 0
Daun Wungu, Atasi BISUL Hingga Wasir neo Flora, Pertanian & Perkebunan 1


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.