Gejala Seperti Maag atau Sakit Perut

jozz78

New member
BATU empedu adalah timbunan kristal di dalam kandung empedu atau di dalam saluran empedu. Batu yang ditemukan di dalam kandung empedu disebut kolelitiasis, sedangkan batu di dalam saluran empedu disebut koledokolitiasis.

Dokter ahli penyakit dalam, Hasyim Kasim mengurai, gejala penyakit ini mirip gejala sakit pencernaan dan maag. Seseorang yang mengalami penyakit ini akan mengeluh sakit pada bagian perut.

"Ada beberapa orang atau pasien asien yang tak sadar dirinya sering mengeluh sakit maag, padahal sebenarnya mengalami sakit batu empedu. Dan memang gejalanya mirip dengan maag. Jadi saat minum obat maag, sakitnya tidak akan berhenti. Sebab bukan maag tapi batu empedu," kata dr Hasyim.

Lebih lanjut ia menjelaskan, apabila batu tersebut menyumbat saluran empedu atau mengakibatkan peradangan pada kantung empedu, maka akan menimbulkan serangan hebat yang sakit sekali. Gejala batu empedu yang biasa ditimbulkan antara lain dimulai dengan nyeri akut yang hebat pada bagian atas kanan perut dan menjalar ke punggung.

Dokter Nu'man As Daud menambahkan, penyebab dari penyakit batu empedu ini adalah adanya kadar komponen cairan empedu meningkat. Kemudian, penyebab lainnya adalah adanya hambatan pengosongan kandung empedu yang berkepanjangan sehingga memungkinkan cairan empedu mengendap dan membatu.

"Penyebab lain diduga adalah akibat cairan empedu mengandung terlalu banyak kolesterol serta sedikit garam empedu dan ada hambatan pengosongan kandung empedu. Dan paling umum ialah infeksi saluran empedu atau sirosis hepatis," ungkap dr Nu'man.

Faktor lain yang menyebabkan terjadinya batu empedu ini adalah usia, berat badan yakni kegemukan, penyakit diiabetes mellitus, penurunan berat badan yang terlalu cepat, hormon estrogen, dan obat-obatan. "Penyakit ini lebih banyak menyerang wanita dan usia lanjut," tutupnya.(ulf/ysd

_berita_768aa45d6tt8h41s5hf4gh-3786480002934078648_jpg.png


Sumber : http://www.iyaa.com/gayahidup/kesehatan/2225223_2386.html
 
Last edited by a moderator:
hum nice info den, kebanyakan orang biasanya tahu maag aja ya pdhal berbeda ini lebih bahaya, untuk mengurangi rasa sakit saat terjadi nyeri pada perut, obatnya apa den?
 
Back
Top