Bola magnet

n1ngs1h

New member
Ada benda kerja besi. mau aku bentuk bulat sempurna (seperti bola pejal kira2) trus aku ingin kalo dah terbentuk tak bentuk jadi magnet.
Masalah:
- mungkinkah bisa jadi magnit/dimagnetkan? Caranya?
- lalu dimana ntar kutub2 U-S nya? bentuk garis flux magnetisnya kaya apa?

cxixixi... malah mummett aku mikir! bantu donk!
Aku dah gesek bola besi eks klaker mobil (segede telur puyuh! diatas kelereng loh) ke magnet pe tangan panas gak ngefek!

- n1 -

( aneh gak kalo di antartika/artika jarum kompas nunjuknya keatas ma ke bawah? meski ga bener2 tegak-lurus diatas tanah. selatan/utara ntu di langit!)
 
Last edited:
bukannya bumi juga bulat... dan bumi memiliku kutub utara dan selatan layaknya magnet biasa

Harusnya sih aku mikir gitu!

Benda2 magnetis ber Kutub U-S. dipole/2 kutub. brlaku untuk dimensi yg punya panjang ma lebar. (Batang)
Kalo dimensinya spiral kutubnya berada di tengah tegak lurus kan..
piring besi magnet. tepi piring magnetnya homogen u/s tok!. Kutub U-S ditengah piring sebelahan.
(Punya mainan chess magnet?. lepas magnet di bag bawah buah chess. bisa dibuktikan disitu)
2 biji ada saling nolak kalo dideketkan meski magnit diputer... ada biji yg lain saling narik!

Ni malah dimensinya BOLA...

- n1 -
 
Prakiraanku. Magnit berdimensi bola dikulit luarnya(permukaan) homogen juga. U/S. dua bola magnet bisa saling menjauh kalo didekatkan.. ada lainnya yg bisa nempel selalu.
Bola kutub2nya dipusat bola sama dilapisan luar bola.
(Ga percaya? silahkan buat magnetnya, dari eks ball-bearing juga bisa)

Ini bisa ngatakan kalo bumi sebenarnya bukan magnet berdimensi bola. karena punya kutub/bipolar.
(Napa jarum kompas ke utara pa ke selatan? .. relativitas si pengguna kompas. karena berada sekitar katulistiwa.Ga ada medan magnet kuat disekitar juga. pengguna di sekitar kutub mengatakan jarum kompas kebawah ma keatas. Andai tugu monas jakarta diganti tugu magnet permanen kuat kira2 binun ga di jakarta? )

- n1 -
 
Last edited:
Boleh percaya boleh engga.. baru aku (satu2nya..) yg brani bilang kalo BUMI kita sebenarnya bukan magnet!. ternyata sebagian guru2 selama ini .. bohong kah?
Lalu apa? ya cuma sebentuk bola tanah yg diujung kutub utara+selatan ada magnet kuat saja...
Bandingkan bola kalo ujung bersebelahan tertancap paku magnet .. apakah bola lalu bisa disebut magnet?

cxixixi.. mumets deh mikir!

- n1 -
 
Bantuin dukung pernyata-anku diatas dunk!.. kalo bener!
cptw bisa matahin teorema2 yg dikeluarkan ilmuwan2 terkemuka.. yg magnet terestrial cemacem lagi.
Patah oleh pemikiran otak cetek orang indonesia kyk aku...
Cari sponsor dh aku! cptw berhasil... v@@v .. v@@v .. v@@v

- n1 -
 
yaaa... beku. mana nih temen2 pemikir aku disini? masih eksiskah...
bantuin aku ngelanjut duonk! blum abis loh masalahnya...
- ada apanya di kutub2 bumi. napa disana letak kutub2nya(kok gak di jakarta saja...), bagaimana terjadinya?
- apa semua planet semesta juga begitu(ber kutub!)?
- blum kalo dihub ke kohesi,gravitasi,rotasi... vektor2 apa yg ngebuat mutar.. bisa dihitungkah energi momennya?
-----
energi ini yg perlu di aplikasikan.. sukur2 bisa terpakai menggantikan system yg saat ini dipakai.

- n1 -
lagi puasa kalo lapar baru maem biar nemu inspirasi.
 
cpdh.. ga ada yg nyanggah pa mengiyakan! salah milih topik kali yaw?
......
maksud aku bwt ngegali inspirasi berlanjut... masih banyak loh yg blum terungkap!
yuk mikir bareng2 para pakar2 di ii..

- n1 -
budayakan berani ngomong dulu meski ditertawakan.. anggaep wae dunia ntu panggung komedi!
 
wah ilmu IPA lagi ini mah... mumet non ningsih... harus pakarnya yg bener-bener menggali semua ilmu itu... namanya magnet dan kutub utara dan selatan... semua ada rumusan mungkin

makanya bisa terbentuk magnet U dan S
 
Identik tapi ga sama masalah tarik menarik, ini teorema yg dicerna mentah.
Pernyataan yg ada saat ini, pada bulan purnama permukaan air laut naik. Ini dikaitkan dg adanya gaya gravitasi bulan penyebabnya.(teori ini sudah dikenalkan sejak anak sekolah SD, lupa kelas berapa..)
Setujukah dirimu dengan pernyataan itu?
----
Aku bilang pernyataan asal2an!
Dasarnya?
....
Bantuin mikir dong!

- n1 -
Ilmuwan ga sukses...
 
Identik tapi ga sama masalah tarik menarik, ini teorema yg dicerna mentah.
Pernyataan yg ada saat ini, pada bulan purnama permukaan air laut naik. Ini dikaitkan dg adanya gaya gravitasi bulan penyebabnya.(teori ini sudah dikenalkan sejak anak sekolah SD, lupa kelas berapa..)
Setujukah dirimu dengan pernyataan itu?
----
Aku bilang pernyataan asal2an!
Dasarnya?
....
Bantuin mikir dong!

- n1 -
Ilmuwan ga sukses...
nah kalo itu juga aku cuma bisa bantuin 1 hal non ningsih... bantuin ikut BINGUNG wkwkwkw piss ah
 
meski matahari bumi bulan 1 garis lurus.. efek gravitasi masing2 planet ga akan saling pengaruh. pada jarak tertentu gaya gravitasi akan habis(=0). gravitasi hanya sebatas atmosfir masing2 planet. dibuktikan dg pesawat shutle-space yg pernah ke bulan. disamping jarak relatif bulan-bumi saat purnama juga ga banyak selisih. lucukan pada saat purnama semua benda2 beratnya berkurang karena gravitasi bumi kena efek gravitasi bulan!
lalu sebab naiknya permukaan air laut kalo ga karena gravitasi bulan karena apa?
ini yg belum bisa aku pecahkan... bisa nyanggah blum bisa jelasin saat ini!

- n1 -
ilmuwan ga sukses.
 
sesuai hukum kinematik.. atas+bawah malah mampat.
diameter bumi terpanjang letaknya di katulistiwa. kalo gravitasi (lama-lama)habis, globe bentuknya bisa mirip "cakram" otomatis kutub2 U/S ada di inti sama lingkaran luar bumi. dan ga bisa dipastikan U/S di luar pa di inti.(suka2 yg buat!)

- n1 -
 
bumi punya magnet karena bumi berotasi dan di dalam bumi ada unsur besi yaitu pada inti bumi. suatu benda besi yang diputar akan menimbulkan medan magnet. arah medan magnet yaitu jika putaran searah jarum jam maka arah keluar medan magnet ke atas. hal ini biasa digambarkan dengan tangan kanan. jari-jari menunjukkan arah rotasi benda sedangkan jempol menunjukkan keluarnya medan magnet. di sisi lain arah keluarnya medan magnet biasa disebut kutub utara, sedangkan arah masuknya medan magnet disebut kutub selatan
 
bumi punya magnet karena bumi berotasi dan di dalam bumi ada unsur besi yaitu pada inti bumi. suatu benda besi yang diputar akan menimbulkan medan magnet. ... dst
belum pernah tau yg ini.
tolong ketetapan apa yg dipakai?
----
lebih mudah membayangkan..
kalo besi magnet punya ujung 2. dipastikan ujung2nya berupa kutub u/s.
(kalo 3 batang magnet sama panjang digabung ujung2nya saling bertemu, bentuk jadi segi3 sama sisi. bisa ditetapkan kutub u/s nya dimana?)
dpl:
kalo besi magnet tidak punya ujung.. maka tidak akan ditemukan kutub u/s nya dg pasti. betul?
karena bumi fisiknya mendekati bulat.. harusnya juga berlaku ketentuan magnit tidak punya ujung!

- n1 -
 
Last edited:
waduh... bingung juga njelasinnya.
kalo tidak salah dulu pas pelajaran SMA ada percobaan fisika,
1. bahwa suatu kawat yang dialiri listrik akan muncul medan magnet di sekitar kawat, yaitu ketika di bagian alas percobaan /bawah ditaburi serbuk besi akan membentuk lingkaran-lingkaran di sekitar kawat. kalo ditarik ke atas secara imajinasi maka di sekitar kawat itu akan terbentuk jejak medan magnet dari bawah ke atas sepanjang kawat.
2. penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa dari arus listrik dari bawah ke atas maka akan ada arus medan magnet yang berputar berlawanan jarum jam. hal ini yang turut memberikan sumbangsih munculnya dinamo yaitu terjadi perputaran benda besi akibat dialiri arus listrik
3. pada percobaan selanjutnya secara ringkas bahwa benda bermagnet mampu memanipulasi cahaya yaitu jika seberkas cahaya yang melewati batang magnet maka cahaya itu mampu dibelokkan oleh medan magnet yang ditimbulkan oleh benda magnet tersebut.
hal ini berarti ada kesatuan maupun hubungan erat antara listrik magnet dan cahaya.
jarum kompas yang membuat orang penasaran selama ribuan tahun bukanlah bereaksi pada bidang magnet kutub utara yang jauh tetapi jarum kompas mendeteksi medan magnet yang tersebar du seluruh permukaan bumi. ibaratkan bumi itu sendiri magnet raksasa dan seperti magnet lainnya garis gayanya tersebar hingga ke ruang sekelilingnya. gaya magnet itu ada di mana-mana di sekeliling kita.
jadi mengapa planet kita memiliki medan magnet?apa yang menyebabkannya. jawabannya ada di dalam perut bumi yaitu besi cair yang beredar di sekeliling bagian padat inti bumi. ketika bumi berotasi bertindak seperti kawat yang dialiri arus listrik seperti dalam percobaan faraday. arus listrik itu menghasilkan medan magnet.
mungkin itu penjelasannya.
efek samping dari adanya medan magnet bumi yaitu medan tersebut melindungi bumi kita dari serangan gencar sinar kosmik yang bisa merusak biosfer kita dan dapat merusak DNA. jika kita melihat kembali poin 3 yang berbunyi medan magnet mampu membelokkan cahaya. medan magnet bumi yang menyelubungi bumi bertindak sebagai pelindung dari partikel-partikel bermuatan dari matahari.selubung itu disebut sebagai sabuk van allen.
dengan mengetahui bahwa bumi sendiri adalah sebuah magnet raksasa. dan demikian pula dengan benda-benda tatasurya kita maka akan ada medan-medan magnet yang saling tarik-menarik. misal bumi dengan matahari. bumi seolah-olah terikat dengan matahari karena medan-medan magnet diantara keduanya saling bersentuhan yang saling tarik menarik.
andaikan bumi itu diam hanya berotasi saja maka bumi dan matahari akan saling menarik dan akhirnya bumi terjebak jatuh ke pusat matahari. tetapi ternyata bumi juga melakukan gerak mengelilingi matahari (revolusi). sifat benda mengelilingi benda lain adalah adanya gaya keluar dari pusatnya. misal yoyo yang kita putar-putar kemudian secara sengaja kita potong talinya maka yoyo itu akan mental keluar dari pusatnya. hal ini juga yang mendasari mengapa bumi harus berotasi dan berevolusi. ukuran rotasi bumi, revolusi bumi, dan rotasi matahari sudah pada takaran yang pas sehingga bumi tetap pada tempatnya, sedikit lebih lambat bumi akan tertarik matahari, demikian pula sedikit lebih cepat maka bumi akan terpental menjauhi matahari.
 
praktikum diatas tidak menghasilkan satu kesimpulan "besi yg berputar akan menghasilkan medan magnet/listrik"
----
dasar2 kajian kenapa taksebut bumi bukan suatu magnet:
- magnet yg berbentuk bola kutub2 selalu di inti bola satunya dikulit luar bola.
(ini tidak pernah diulas saat sekolah seingat saya. tak ada satu ketetapan siapapun yg menyatakan. artinya aku yg menetapkan sendiri)
- magnet akan habis pada suhu tertentu. artinya pada saat besi dalam keadaan cair tidak dimungkinkan mempunyai sifat kemagnetan.

- n1 -
kutub2 magnet bumi ini yg membuat tesla ga potong rambut sampai beliau wafat.
cxixixixi... tanya'o dw kalo ga percaya.
 
he3 sama-sama penasaran juga aku coba-nyari-nyari artikel. yang saya tulis itu cuma pendapat yang saya terima waktu mendapatkan pelajaran fisika SMA. intinya urutannya seperti ini
1. pada bagian inti bumi terdapat besi yang bersifat cari/ liquid
2. bumi berputar menghasilkan aliran fluida inti bumi
3. terjadinya arus listrik yang terbentuk karena adanya proses rotasi bumi dan arus konveksi
4. dari percobaan faraday yang menyebutkan arus listrik menghasilkan medan magnet yang digambarkan dengan tangan kanan yaitu jari-jari menunjukkan perputaran dan jempol merupakan medan magnet
5. arah keluarnya medan magnet bereaksi dengan kutub utara kompas
mungkin secara detail aku gak begitu paham
cek alamat ini baru saja aku baca
http://sabanaasmi.blogspot.co.id/2015/04/medan-magnet-bumi.html
atau cari di youtube kata kunci
cosmos a spacetime odyssey
- semoga bermanfaat- ^o^-v
 
untuk mencari kebenaran jangan mencari artikel di internet!
(masih diragukan penulis artikelnya juga dpt dari mencari. profesinya tukang ketik ma ngeprint coba2 nulis iptek.. malah bikin mumet!)
----
- bisa ngitung kecepatan bumi berputar? berapa km/jam? betul.. itu di kulit. bisa ngitung kecepatan di lingkaran magma? berapa km/jam kira2 fluida bergerak? arahnya kemana? lalu materi yg mendekati inti apa kecepatannya sama...
membuat kompilasi app komputer wae sulit dg pasti. banyak gaya yg bekerja diperyt bumi. adesi,kohesi,gravitasi,termasuk gaya potensial gerakan memutar bumi.
- sub 3.
gaya listrik selalu tertutup. kalo diam bukan suatu gaya namanya.(medan)
tidak semua benda besi yg berputar selalu akan menghasilkan medan listrik/maknit.
orang buat dinamo ga bisa hanya dari besi biasa. perlu susah2 memagnetkan dulu!
----

kalo bisa memecahkan aku yakin bisa ngerti asal gravitasi dari apa dan kejadiannya bagaimana. kenapa gerakannya planet bumi dari timur ke barat, apakah garis kutub tiap2 planet menuju 1 titik? paralel pa random.... dls.

- n1 -
cuma "kata dukun akik" nih. belum pakar iptek!
 
Back
Top