Bola magnet
 
Go Back   Home > Science & Penemuan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Fisika] Bola magnet

Ada benda kerja besi. mau aku bentuk bulat sempurna (seperti bola pejal kira2) trus aku ingin kalo dah terbentuk tak bentuk jadi magnet.
Masalah:
- mungkinkah bisa jadi magnit/dimagnetkan? Caranya?
- lalu dimana ntar kutub2 U-S nya? bentuk garis flux magnetisnya kaya apa?

cxixixi... malah mummett aku mikir! bantu donk!
Aku dah gesek bola besi eks klaker mobil (segede telur puyuh! diatas kelereng loh) ke magnet pe tangan panas gak ngefek!

- n1 -

( aneh gak kalo di antartika/artika jarum kompas nunjuknya keatas ma ke bawah? meski ga bener2 tegak-lurus diatas tanah. selatan/utara ntu di langit!)
n1ngs1h
n1ngs1h n1ngs1h is offline
Continent Level

Post: 3.374
 
Reputasi: 416

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Bola magnet

bukannya bumi juga bulat... dan bumi memiliku kutub utara dan selatan layaknya magnet biasa
gupy15
gupy15 gupy15 is offline
Mod

Post: 2.766
 





Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Bola magnet

Kutip:
Oleh gupy15 View Post
bukannya bumi juga bulat... dan bumi memiliku kutub utara dan selatan layaknya magnet biasa
Harusnya sih aku mikir gitu!

Benda2 magnetis ber Kutub U-S. dipole/2 kutub. brlaku untuk dimensi yg punya panjang ma lebar. (Batang)
Kalo dimensinya spiral kutubnya berada di tengah tegak lurus kan..
piring besi magnet. tepi piring magnetnya homogen u/s tok!. Kutub U-S ditengah piring sebelahan.
(Punya mainan chess magnet?. lepas magnet di bag bawah buah chess. bisa dibuktikan disitu)
2 biji ada saling nolak kalo dideketkan meski magnit diputer... ada biji yg lain saling narik!

Ni malah dimensinya BOLA...

- n1 -
n1ngs1h
n1ngs1h n1ngs1h is offline
Continent Level

Post: 3.374
 
Reputasi: 416






Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Bola magnet

Prakiraanku. Magnit berdimensi bola dikulit luarnya(permukaan) homogen juga. U/S. dua bola magnet bisa saling menjauh kalo didekatkan.. ada lainnya yg bisa nempel selalu.
Bola kutub2nya dipusat bola sama dilapisan luar bola.
(Ga percaya? silahkan buat magnetnya, dari eks ball-bearing juga bisa)

Ini bisa ngatakan kalo bumi sebenarnya bukan magnet berdimensi bola. karena punya kutub/bipolar.
(Napa jarum kompas ke utara pa ke selatan? .. relativitas si pengguna kompas. karena berada sekitar katulistiwa.Ga ada medan magnet kuat disekitar juga. pengguna di sekitar kutub mengatakan jarum kompas kebawah ma keatas. Andai tugu monas jakarta diganti tugu magnet permanen kuat kira2 binun ga di jakarta? )

- n1 -
n1ngs1h
n1ngs1h n1ngs1h is offline
Continent Level

Post: 3.374
 
Reputasi: 416






Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Bola magnet

Boleh percaya boleh engga.. baru aku (satu2nya..) yg brani bilang kalo BUMI kita sebenarnya bukan magnet!. ternyata sebagian guru2 selama ini .. bohong kah?
Lalu apa? ya cuma sebentuk bola tanah yg diujung kutub utara+selatan ada magnet kuat saja...
Bandingkan bola kalo ujung bersebelahan tertancap paku magnet .. apakah bola lalu bisa disebut magnet?

cxixixi.. mumets deh mikir!

- n1 -
n1ngs1h
n1ngs1h n1ngs1h is offline
Continent Level

Post: 3.374
 
Reputasi: 416






Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Bola magnet

Bantuin dukung pernyata-anku diatas dunk!.. kalo bener!
cptw bisa matahin teorema2 yg dikeluarkan ilmuwan2 terkemuka.. yg magnet terestrial cemacem lagi.
Patah oleh pemikiran otak cetek orang indonesia kyk aku...
Cari sponsor dh aku! cptw berhasil... .. ..

- n1 -
n1ngs1h
n1ngs1h n1ngs1h is offline
Continent Level

Post: 3.374
 
Reputasi: 416






Reply With Quote     #7   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Bola magnet

yaaa... beku. mana nih temen2 pemikir aku disini? masih eksiskah...
bantuin aku ngelanjut duonk! blum abis loh masalahnya...
- ada apanya di kutub2 bumi. napa disana letak kutub2nya(kok gak di jakarta saja...), bagaimana terjadinya?
- apa semua planet semesta juga begitu(ber kutub!)?
- blum kalo dihub ke kohesi,gravitasi,rotasi... vektor2 apa yg ngebuat mutar.. bisa dihitungkah energi momennya?
-----
energi ini yg perlu di aplikasikan.. sukur2 bisa terpakai menggantikan system yg saat ini dipakai.

- n1 -
lagi puasa kalo lapar baru maem biar nemu inspirasi.
n1ngs1h
n1ngs1h n1ngs1h is offline
Continent Level

Post: 3.374
 
Reputasi: 416






Reply With Quote     #8   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Bola magnet

cpdh.. ga ada yg nyanggah pa mengiyakan! salah milih topik kali yaw?
......
maksud aku bwt ngegali inspirasi berlanjut... masih banyak loh yg blum terungkap!
yuk mikir bareng2 para pakar2 di ii..

- n1 -
budayakan berani ngomong dulu meski ditertawakan.. anggaep wae dunia ntu panggung komedi!
n1ngs1h
n1ngs1h n1ngs1h is offline
Continent Level

Post: 3.374
 
Reputasi: 416






Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Bola magnet

wah ilmu IPA lagi ini mah... mumet non ningsih... harus pakarnya yg bener-bener menggali semua ilmu itu... namanya magnet dan kutub utara dan selatan... semua ada rumusan mungkin

makanya bisa terbentuk magnet U dan S
tiaseptiani
tiaseptiani tiaseptiani is offline
World Level

Post: 27.772
 
Reputasi: 302

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!






Reply With Quote     #10   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Bola magnet

Identik tapi ga sama masalah tarik menarik, ini teorema yg dicerna mentah.
Pernyataan yg ada saat ini, pada bulan purnama permukaan air laut naik. Ini dikaitkan dg adanya gaya gravitasi bulan penyebabnya.(teori ini sudah dikenalkan sejak anak sekolah SD, lupa kelas berapa..)
Setujukah dirimu dengan pernyataan itu?
----
Aku bilang pernyataan asal2an!
Dasarnya?
....
Bantuin mikir dong!

- n1 -
Ilmuwan ga sukses...
n1ngs1h
n1ngs1h n1ngs1h is offline
Continent Level

Post: 3.374
 
Reputasi: 416

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.