Lampaui iPhone, Jumlah Smartphone Android Murah Melonjak di 2016

jozz78

New member
Smartphone bisa jadi masih tergolong gadget mahal untuk saat ini, khususnya untuk model high-end smartphone seperti iPhone 5 atau Galaxy S3. Tapi hal tersebut diperkirakan tidak akan berlangsung lama karena smartphone harga murah di kisaran $150 telah beredar dan terus bertambah jumlahnya di pasaran.

Dalam laporan terbaru lembaga riset NPD DisplaySearch, disebutkan akan ada lonjakan besar jumlah smartphone murah di tahun 2016. Lonjakan jumlah smartphone harga murah itu akan mencapai 11 juta unit dalam empat tahun mendatang. Saat ini smartphone harga murah yang beredar di pasaran masih dalam kisaran 4,5 juta unit.

Lebih jauh, NPD menjelaskan bahwa smartphone harga murah akan menguasai 29% pangsa pasar smartphone di tahun 2016. Dan tentu saja bukan iPhone yang dimaksud NPD, melainkan Android smartphone harga murah yang akan terus menjadi penguasa pasar smartphone global.

"Sebagian besar pelanggan data seluler tidak mampu membeli smartphone yang lebih mahal dari $200, belum langi ongkos langganan internet. Produsen smartphone menciptakan produk-produk harga murah dengan cepat dan tanpa investasi besar, sehingga mereka mampu memperluas jumlah pelanggan data seluler di negara-negara berkembang."


Masih dari data NPD, produsen smartphone murah sebagian besar ada di daratan China, sementara pemasok komponen juga berada di area yang sama. Hal tersebut mempermudah dan menghemat ongkos produksi, plus 60% dari konsumen smartphone murah ada di wilayah Asia Pasific.

Di tahun ini saja, 40% dari keseluruhan smartphone yang terjual di wilayah China adalah produk smartphone harga murah dengan harga termahal $200. Tercatat pula bahwa hanya 11% smartphone yang dijual di China harganya mencapai $700 atau lebih.

Hal itu pula yang menjadikan Apple harus terus berjuang di daratan China. Harga iPhone yang masih mahal untuk ukuran penduduk China, sementara China adalah pasar yang sangat penting dengan jumlah pemakai ponsel sangat besar, menjadi tantangan bagi Apple untuk bisa menaklukannya. Di lain sisi, Android memiliki banyak rekan vendor yang bisa dengan mudah dan cepat memproduksi Android smartphone dengan harga murah seperti diharapkan publik luas. Masuk akal jika NPD memperkirakan empat tahun mendatang pasar smartphone akan dipenuhi ponsel Android murah...

0_23_gopego_iphone_4_china_big-66266435287859204_jpg.png


http://www.iyaa.com/tech/gadget_komputer/umum/2252960_1376.html
 
kesimpulannya android adalah versi murah smartphone berteknologi selevel ya?

kenapa android bisa lebih murah begitu, dibanding iphone dan samsung ya? benarkah hanya masalah merek/gengsi?
 
Anroid memang saat ini yang mendominasi pasar gan, jadi tidak heran semakin melejit. Untuk tahun 2016 memang sudah dimulai itu.
 
Back
Top