Faringitis (Radang Tenggorokan)

nurcahyo

New member
Faringitis (Radang Tenggorokan)
DEFINISI

Faringitis adalah suatu peradangan pada tenggorokan (faring).

PENYEBAB

Faringitis bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri.
Kebanyakan disebabkan oleh virus, termasuk virus penyebab common cold, flu, adenovirus, mononukleosis atau HIV.

Bakteri yang menyebabkan faringitis adalah streptokokus grup A, korinebakterium, arkanobakterium, Neisseria gonorrhoeae atau Chlamydia pneumoniae.

GEJALA

Baik pada infeksi virus maupun bakteri, gejalanya sama yaitu nyeri tenggorokan dan nyeri menelan.
Selaput lendir yang melapisi faring mengalami peradangan berat atau ringan dan tertutup oleh selaput yang berwarna keputihan atau mengeluarkan nanah.

Gejala lainnya adalah:
- demam
- pembesaran kelenjar getah bening di leher
- peningkatan jumlah sel darah putih.
Gejala tersebut bisa ditemukan pada infeksi karena virus maupun bakteri, tetapi lebih merupakan gejala khas untuk infeksi karena bakteri.



DIAGNOSA

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.

Jika diduga suatu strep throat, bisa dilakukan pemeriksaan terhadap apus tenggorokan.

PENGOBATAN

Untuk mengurangi nyeri tenggorokan diberikan obat pereda nyeri (analgetik), obat hisap atau berkumur dengan larutan garam hangat.
Aspirin tidak boleh diberikan kepada anak-anak dan remaja yang berusia dibawah 18 tahun karena bisa menyebabkan sindroma Reye.

Jika diduga penyebabnya adalah bakteri, diberikan antibiotik.
Untuk mengatasi infeksi dan mencegah komplikasi (misalnya demam rematik), jika penyebabnya streptokokus, diberikan tablet penicillin. Jika penderita memiliki alergi terhadap penicillin bisa diganti dengan erythromycin atau antibiotik lainnya.


sumber : Apotik online dan media informasi obat - penyakit :: m e d i c a s t o r e . c o m
 
Maafsaya inginmengkoreksi bahasa yang anda gunakan karena kita harus selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kata tenggorokan dalam semua kamus kedokteran dan Kamus besar bahasa Indonesia selalu dipadankan dengan pengertian laryng. Sedangkan kata faring tidak ditemukan padanannya dalam kamus2 tersebut. Tetapi dalam kamus Besar Bahasa Indonesia ada kata kerungkung yang dimaksudkan sebagai bagian terbuka dari bubu yang menjadi tempat masukpertama dari alat perangkap ikan tersebut. Bila ikan telah melewati bagian kerungkung tersebut maka tidak mungkin dapat keluar lagi. Jadi kerungkung atau kerongkong(an) lebih tepat kalau dipadankan pengertiannya dengan faring.
Memang orang awam sering menyebutnya sebagai radang tenggorok. Untuk awam ini memang tidqak terlalu salah karena radang pada faring seringkali melibatkan laring atau tenggorok. Namun secara ilmiah kedua kata tersebut perlu diperjelas perbedn pengertiannya. Mudah2an berfaedah.
 
tolong tampilkan tentang faingitis tuberculosis. ini sangat penting bagi para dokter muda dan perawat-perawat kesehatan. terimakasih.
 
Anak saya 6 th sering sekali terserang radang tenggorokan,bahkan sering panas mendadak tinggi setelah dibawa ke dokter katanya radang akut,setelah diberi obat 3 hari mendingan tapi kemudian di tidak bisa napas lewat hidung karena mampet, saya balik ke dokternya lagi katanya radang hidung , ada pembengkakan di rongga hidungnya, sebagai orang awam saya ingin bertanya penyebab radang tersebut, ada yang bilang karena pemakaian AC sewaktu tidur terlalu lama,katanya harunya jangan sampai pagi AC nya, benarkah ini?
 
Back
Top