Modifikasi Knalpot dan Tekanan Balik Gas Buang Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Otomotif
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Modifikasi Knalpot dan Tekanan Balik Gas Buang

Modifikasi Knalpot dan Tekanan Balik Gas Buang
Lihat Gambar

KapanLagi.com - Banyak ahli berpendapat, performa mesin akan sangat menurun jika terjadi tekanan balik (back presure) pada sistem pembuangan. Untungnya, secara teknis, tekanan balik tersebut mudah diatasi. Tekanan balik terjadi akibat terhalangnya aliran sistem pembuangan, baik dalam pipa pembuangan, peredam suara, dan katalis-katalis pengubah energi atau komponen lain yang ada di bagian sistem pembuangan.

Tekanan balik akan melingkupi gas yang terbakar dari saluran silinder, sewaktu katup terbuka. Tekanan balik terjadi saat gas hasil buangan bertemu dengan udara/bensin yang masuk, hingga terjadi keseimbangan antara aliran gas buang dan campuran udara bensin yang masuk.

Elemen-elemen dalam sistem pembuangan juga akan sulit terkendali saat terjadi tekanan balik. Untuk itu, diperlukan header dan komponen-komponen lain dalam sistem pembuangan, sebagai penyelaras antara pembuangan dan intake. Unsur-unsur ini akan mengurangi proses hilangnya torsi dan tenaga.

Secara logis, makin besar diameter header, aliran sistem pembuangan juga makin lancar. Namun kenyataannya tidak sesederhana itu. Gas yang keluar daril mesin ke sistem pembuangan tidak berada dalam kondisi yang stabil. Tekanan yang terjadi akan berubah-ubah, saat katup sistem pembuangan terbuka.

Diameter pipa pun berpengaruh terhadap dorongan gas buang. Pipa yang terlalu besar, sama merusaknya dengan pipa yang terlalu kecil. Karena itu, memilih ukuran agar sesuai, membutuhkan perhitungan kombinasi antara letak mesin, intake manifold, karburator atau tempat masuknya bahan bakar. Perhitungan lain adalah kekuatan tenaga mesin yang diinginkan.

Secara bijak, dapat dikatakan bahwa header runners, yang berdiameter besar (sekitar 4,5 cm), lebih baik untuk rpm tinggi, ketimbang diameter kecil. Panjang header juga masuk hitungan, misalnya pada torsi besar dan rpm rendah (aplikasi 4x4), akan lebih efisien dan berdaya maksimum, jika header dibuat lebih panjang.

Kesimpulannya, pendekatan terbaik untuk menuju keserasian adalah mempertimbangkan langkah-langkah modifikasi pada knalpot, dengan seluruh performa mesin, hingga hasil rekayasa menjadi serasi. (mtr/bun)

sumber : KapanLagi.com
National Level

Post: 1.876
 
Reputasi: 4

__________________
blog tutorial www.soloboys.blogspot.com

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Modifikasi Knalpot dan Tekanan Balik Gas Buang

makasi infonya den
tiaseptiani
Staff

Post: 22.341
 
Reputasi: 224

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Modifikasi Knalpot dan Tekanan Balik Gas Buang nurcahyo Mobil 1
Kehamilan dan tekanan darah tinggi nurcahyo Kesehatan 0
Modifikasi Knalpot dan Tekanan Balik Gas Buang nurcahyo Mobil 0
Rusia tak gunakan minyak dan gas sebagai ”senjata” politik pratama_adi2001 Politik, Ekonomi & Hukum 0
Mandaric: Deal Beckham, Buang-buang Duit! Adamsuhada Sepakbola 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.