Berkendara Aman, Mudik Nyaman

andy_baex

New member
Berkendara Aman, Mudik Nyaman


KapanLagi.com - Lebaran sudah dekat, mudik pasti sudah Anda rencanakan jauh hari. Selain menyiapkan berbagai persiapan untuk menempuh perjalan jauh banyak hal yang mungkin harus Anda cermati untuk meminimalkan kendala yang akan Anda hadapi dalam perjalanan.

Untuk Anda yang memutuskan mudik menggunakan kendaraan pribadi, banyak hal yang harus Anda perhatikan agar perjalanan makin nyaman dan aman. Selain kondisi kendaraan Anda juga harus memperhitungkan timing perjalanan Anda, apakah Anda akan menempuh perjalanan di pagi hari, siang hari atau malam hari. Apapun pilihan mudik Anda, tentu lebih bijak jika Anda mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan Anda beserta keluarga selama perjalanan mudik. Tips berkendara berikut bisa Anda cermati agar persiapan mudik Anda makin matang:


1. Cermati kondisi kendaraan. Ingat, Anda melakukan perjalanan jauh, tentu Anda tak ingin mobil Anda ngadat di tengah jalan bukan? So sebelum menempuh perjalanan jauh pastikan kondisi kendaraan dalam kondisi prima, mulai dari mesin, rem, ban, kopling, lampu, busi dan komponen lainnya. Segera ganti komponen yang sudah tak layak pakai.

2. Bijak dijalan raya. Tak ada salahnya menjadi warga negara yang baik dengan sadar berkendara di jalan raya dan menaati segala peraturan dan rambu-rambu lalu lintas. kemudikan mobil dengan santai, tak perlu ngebut, meskipun Anda ingin segera sampai di kampung halaman bukan berarti harus membahayakan diri Anda dan keluarga.

3. Hindari membawa barang berlebihan. Bawalah perlengkapan yang memang benar-benar Anda butuhkan secukupnya saja. Membawa barang dalam jumlah banyak akan membuat perjalanan Anda tidak nyaman, tapi bukan berarti Anda tak membawa mainan si kecil. Mainan bisa menghilangkan rasa jenuh saat menunggu macet.

4. Kondisi tubuh prima. Jangan menjalankan kendaraan dalam kondisi tidak fit. Jika memang Anda sangat capek dan mengantuk, segera beristirahatlah! Namun bukan berarti Anda harus mengkonsumsi suplemen secara berlebihan, karena terlalu berlebihan minum suplemen dikhawatirkan bisa mengganggu stamina Anda dan membawa efek samping.

5. Mengemudi di malam hari. Jika Anda tak nyaman bepergian di pagi hari atau siang hari, karena memang akan terbentur pada kemacetan, tak ada salahnya Anda berangkat malam hari. Meskipun terhindar dari macet, namun berkendara di malam hari juga menuntut kewaspadaan kita di jalan raya, terumata minimnya jarak pandang apalagi di jalur jarang lampu jalan yang banyak Anda jumpai di jalur alternatif. Untuk itu beberapa hal berikut bisa Anda cermati:

- Pastikan lampu utama berfungsi dengan baik
- Pastikan kaca lampu utama dalam kondisi bersih.
- Untuk mengurangi pantulan dari dalam kabin, kurangi penggunaan lampu penerang kabin saat sedang dalam perjalanan.
- Kurangi kecepatan dan gunakan garis jalan jika jalan yang Anda tempuh tidak memiliki lampu jalan.
- Jangan berhenti di jalan yang minim penerangan, untuk menghindari kriminalitas yang mungkin mengancam dan menghindari kendaraan lain dari arah berlawanan.

Semoga tips berkendara diatas membuat mudik Anda semakin nyaman. Selamat mudik! (rit)

sumber : KapanLagi.com
 
Kalau mau mudik harus dicek kendaraan, dan tahun ini barangkali entah ada mudik atau tidak.
 
Back
Top