Ini Alasan Bulan Menjadi Merah

jozz78

New member
bulan-oke.jpg


WASHINGTON - Gerhana Bulan telah lama menjadi pemicu kekaguman dan ketakutan di peradaban manusia. Terutama ketika gerhana Bulan mengubah satelit Bumi tersebut menjadi berwarna merah.

Dilansir dari Space, Selasa (27/11/2012), Bulan yang berwarna merah itu pada suatu masa pernah membuat ketakutan orang. Pasalnya mereka belum mengetahui penyebabnya dan menyalahkan kejadian tersebut sebagai akibat dari berbagai hal.

Namun warna merah itu sebenarnya dapat dijelaskan melalui ilmu pengetahuan. Pada saat gerhana terjadi, Bulan memang bisa saja berubah menjadi merah atau berwarna tembaga.

Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa bagian cahaya yang dipancarkan Matahari ke Bumi menembus atmosfer, kemudian dipantulkan ke arah Bulan yang sedang terbungkus bayangan.

Ketika memantul, warna merah dalam spektrum cahaya akan lebih mudah terpancar ketimbang warna lainnya. Hasilnya, warna tersebut jadi terpancar di Bulan.

Ilmuwan NASA menjelaskan, "Warna yang tampil di Bulan bergantung pada besarnya jumlah debu serta awan di atmosfer. Jika ada partikel tambahan di atmosfer, misalnya dari letusan gunung berapi, maka Bulan akan berwarna merah gelap."


http://www.iyaa.com/tech/science/umum/2350590_2177.html
 
Back
Top