Ternyata Gadget Tak Baik untuk Perkembangan Anak

jozz78

New member
ntent_uploads_2012_12_KidTech2-8573350174584738802_jpg.png


Dewasa ini perkembangan teknologi memanglah sangat pesat. Banyaknya kemudahan dan fasilitas hiburan yang ditawarkan membuat semua orang tergiur untuk menggunakannya, bahkan sampai ke kalangan anak-anak. Tak jarang, banyak anak yang telah fasih menggunakan berbagai macam gadget serta memilikinya. Tapi apakah Anda tahu, ternyata gadget itu membawa dampak negatif terhadap perkembangan anak.

Dikutip dari Female Kompas, berikut adalah 4 dampak negatif dari penggunaan gadget bagi anak:

1. Mengalami penurunan konsentrasi
Anak mengalami penurunan konsentrasi saat belajar. Konsentrasinya menjadi lebih pendek dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Anak lebih senang berimajinasi seperti dalam tokoh game yang sering Ia mainkan menggunakan gadget-nya.

2. Mempengaruhi kemampuan menganalisa permasalahan
Ketika belajar, anak tidak mau mencari data dan tidak tertantang untuk melakukan analisis. Anak menginginkan sesuatu yang serba cepat dan langsung terlihat hasilnya. Ada pun proses untuk mencapai hasil akhir itu tidak dipedulikan.

3. Malas menulis dan membaca
Gagdet menjadikan anak malas menulis dan membaca. Dengan perangkat gadget, maka aktivitas menulis menjadi lebih mudah, ini memengaruhi keterampilan menulis anak. Tak hanya itu, perangkat visual pun tampak lebih menarik dan menggoda, karena dapat memperlihatkan sesuai dengan kenyataan. Akibatnya, anak-anak menjadi malas membaca. Sebab membaca menuntut anak untuk mengembangkan imajinasi dari kesimpulan yang dibaca.

4. Penurunan dalam kemampuan bersosialisasi
Anak menjadi tidak peduli dengan lingkungan sekitar serta tidak memahami etika bersosialisasi. Anak tidak tahu, bila ada banyak orang menginginkan sesuatu yang sama, maka wajib antre agar tertib. Ini terjadi karena anak tidak memahami adanya sebuah proses. Apa yang diinginkan harus segera ada dan terwujud, karena terbiasa mendapat pemahaman melalui games atau tontonan.

http://www.iyaa.com/gayahidup/umum/2387305_2209.html
 
Back
Top