6 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Rambut

ayuatmaja

New member
erwiaf.jpg


Menjaga kesehatan rambut tak hanya dilakukan dengan mencucinya namun juga melalui makanan. Ada makanan terbaik yang membantu agar rambut tetap terawat. Apa sajakah makanan tersebut serta nutrisinya bagi rambut?

Timesofindia, Sabtu (15/12) mempublikasikan 6 makanan yang menyumbang nutrisi baik untuk rambut. Diantaranya salmon, telur dan ayam, daging sapi dan tiram, kacang-kacangan, lentil dan wortel.

1. Salmon
Tentu makanan yang satu ini tak asing lagi bagi kesehatan. Omega-3 yang tinggi pada salmon mampu menjaga kesehatan jantung dan juga mengembalikan kilau rambut Anda yang kusam. Bahkan, kulit kepala akan tetap sehat dengan vitamin B 12 dan zat besi pada ikan ini. Jadi, bila tak ingin rambut kering dan kusam, rajinlah konsumsi Salmon.

2. Telur dan ayam
Makanan yang bersahabat untuk sarapan ini tinggi akan protein. Protein juga dibutuhkan rambut dan kuku. Telur mengandung vitamin B, terutama B12 dan B7 (biotin) dan ayam merupakan sumber kaya protein dan membantu memperkuat rambut rapuh. Bila tubuh kurang akan asupan protein, kuku dan rambut mudah patah dan lemak menumpuk. Ini membuat rambut mudah lepek dan kotor.

3. Daging sapi dan tiram
Zinc dan zat besi pada daging sapi juga tiram dipercaya membantu meningkatkan penampilan rambut. Rambut mudah rontok bisa karena kurangnya konsumsi daging sapi. Zat besi pada daging juga saus tiram berperan mengurangi uban di rambut. Jadi, jangan hilangkan daging sapi pada daftar diet Anda.

4. Kacang-kacangan terutama almond
Meski mitos yang berkembang menyatakan kacang tidak baik sebab membuat jerawatan, bagi rambut tetap sehat. Misalnya kenari dan almond, omega 3 pada kedua kacang itu mencegah rambut rontok.

5. Lentil
Masih termasuk jenis kacang, lentil kaya akan nutrisi. Selain itu lentil mengandung asam folat, vitamin B, zat besi, kalsium dan juga sumber protein yang baik bagi tubuh. Dalam tubuh, lentil juga bersifat antioksidan sehingga efektif mencegah masuknya radikal bebas dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Wortel
Baik di sayur atau di jus, konsumsilah wortel. Vitamin A yang terkandung dalam wortel mendorong pembentukan sebum (minyak) di kulit kepala. Sebum penting untuk menjaga kulit kepala dan rambut agar tetap lembab. Namun bila berlebihan bisa membuat kepala berketombe.

Selain keenam makanan di atas, multi vitamin juga penting bagi kesehatan rambut. Seperti zat alami pada Zelena Plus berupa spirulina atau ganggang hijau yang baik bagi kesehatan rambut juga bagian tubuh lainnya. Produk ini tak jarang disarankan ahli kecantikan sebagai antioksidan alami.
 
Back
Top