Cara Alami Hilangkan Sakit Tenggorokan

jozz78

New member
Tenggorokan Anda terasa sakit? Anda tidak usah khawatir atau terburu nndash; buru untuk mengonsumsi obat nndash; obatan. Anda dapat segera mengatasinya dengan beberapa bahan pengobatan alami seperti kunyit, lemon atau minyak kelapa.

Penyakit yang biasa menyebabkan gangguan menelan ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Sakit tenggorokan juga dapat menyebabkan sulitnya berbicara keras dalam waktu yang cukup lama. Jangan biarkan rasa sakit ini berlarut nndash; larut. Berikut beberapa cara pengobatan secara alami yang dapat Anda coba:

1. Berkumur dengan kunyit dan air garam

Campurkan sendok teh kunyit dan sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian berkumurlah selama beberapa menit.

2. Minum jus lemon tanpa gula

Campurkan 2 sendok makan jus lemon (dari perasan 1/2 lemon) ke dalam segelas air hangat. Jangan tambahkan gula. Minumlah 2-3 kali sehari dalam keadan perut kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan).

Cara ini dapat meredakan rasa sakit pada tenggorokan. Minuman ini juga dapat membersihkan lambung dan menenangkan usus. Buah lemon kaya akan vitamin C dan mineral- mineral lainnya yang bersifat alkali. Lemon ini akan lebih berkhasiat jika dikonsumsi saat lambung dalam keadan kosong. Hindari minum lemon setelah makan karena justru bisa meningkatkan asam lambung.

3. Pemulihan dengan lemon dan jus sayur

Tubuh kita akan menghabiskan cukup banyak energi untuk mencerna makanan. Sebab itu, sebaiknya Anda menghindari makanan berat dan menggantinya dengan sup, jus sayuran atau lemon tanpa gula. Dengan begitu tubuh bisa menyimpan energi lebih banyak dan menggunakannya untuk melawan penyakit. Tipe diet puasa seperti ini akan mempercepat pemulihan.

SUMBER : http://www.iyaa.com/gayahidup/kesehatan/2392656_2386.html
 
Back
Top